Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK

Authors

  • Robertus Lili Bile STKIP Citra Bakti Ngada
  • Yohanes Bayo Ola Tapo STKIP Citra Bakti Ngada
  • Avelina Kurniati Desi STKIP Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752

Keywords:

model latihan, kebugaran jasmani, permainan tradisional, aktivitas belajar, pendidikan jasmani

Abstract

Inovasi pembelajaran penjas yang efektif dan menyenangkan perlu dilakukan secara berkala agar menambah alternatif model pembelajaran yang dapat memacu peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional, (2) menguji kelayakan penggunaan produk pengembangan. Desain penelitian meliputi (1) penelitian produk yang telah ada, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) Pengujian internal desain tahap I, (4) revisi produk I, (5) pengujian internal desain tahap II, (6) revisi produk II, (7) produk akhir. Tempat dan subyek penelitian yaitu siswa SMP Citra Bakti berjumlah 9 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket skala nilai. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional sebagai aktivitas belajar siswa yang diberi nama Model Latihan Play4Fit. (2) model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional  (Play4Fit) memenuhi kategori “sesuai” (layak) digunakan sebagai bentuk aktivitas belajar siswa pada materi latihan kebugaran jasmani dalam pembelajaran penjas. 

References

Ardiwinata, Hartini. (2006). Pemanfaatan Permainan tradisional. Jakarta: Bumi Siliwangi.

Bile, R. L. & Suharharjana, S. (2019). Efektivitas penggunaan model latihan kebugaran “Bbc Exercise” untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 3 (1), 30-37, DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16857

Bile, R. L. (2019). Pengembangan model latihan olahraga kesehatan berbasis breathing exercise, bodyweight training dan core stability exercise untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. Thesis S2 (versi cetak) Ilmu Keolahragaan Program Pascasarjana UNY.

Giriwijoyo, S. (2012). Ilmu faal Olahraga. Bandung: ITB.

Irianto, D. P. (2017). Panduan gizi lengkap keluarga dan olahragawan. Yogyakarta: Andi Offset.

Lutan, Rusli, dkk. (2001). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Dirjen OR.

Monyeki, M. A., Neetens, R., Moss, S. J., & Twisk, J. (2012). The relationship between body composition and physical fitness in 14 years old adolescents residing within the Tlokwe local municipality, South Africa: The PAHL study. BMC Public Health 2012, 12: 374. http://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/374.

Nugroho, A.S. 2015. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI, VIII, IX SMP NEGERI I Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Powell, M. A. (2011). Physical fitness: training, effects, and maintaining. Nova Science Publishers, Inc. New York.

Suharjana. (2008). Pendidikan Kebugaran Jasmani. Pedoman Kuliah. Yogyakarta FIK UNY.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Suroto. (2004). Buku pegangan kuliah pengertian senam, manfaat senam dan urutan gerakan. Semarang: Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum Olahraga UNDIP.

Tapo, Y.B.O. & Bile, R.L. (2020). Evektivitas pengunaan model latihan olahraga pernapasan monacors untuk pemeliharaan kesehatan fungsi paru bagi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19. Ejurnal IMEDTECH, 4(2), 54-65. DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.226

Tapo, Y.B.O. (2020). Evaluasi status kebugaran jasmani dan tingkat penguasaan keterampilan olahraga sepakbola dan bola voli mahasiswa PJKR semester V STKIP Citra Bakti Ngada berdasarkan aktivitas perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM. Ejurnal IMEDTECH, 4(1), 37-54, DOI: http://dx.doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.223

Downloads

Published

2021-05-04

Issue

Section

Articles