Pengaruh Pelatihan Pliometrik dan Kecepatan Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pemain Bola Voli Putri SMP

Addy Putra Indrawan, Wahjoedi Wahjoedi, Suratmin Suratmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) hasil latihan quick leap lebih baik dari double leg speed hop, 2) interaksi antara metode latihan dan kecepatan berpengaruh terhadap daya ledak otot tungkai, 3) hasil latihan quick leap lebih baik dari latihan doubele leg speed hop pada peserta yang memiliki daya ledak otot tungkai kecepatan tinggi, dan 4) hasil latihan quick leap lebih baik dari latihan double leg speed hop pada peserta yang memiliki daya ledak otot tungkai kecepatan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan treatment by level dengan dua ketegori 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah 75 orang. Sampel berjumlah 40 orang ditentukan dengan kategori daya ledak otot tungkai kecepatan tinggi dan rendah. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalur pada taraf signifikansi 0,05. Instrumen penelitian menggunakan vertical jump untuk mengukur tes keterampilan daya ledak otot tungkai. Hasil analisis data menunjukkan: 1) ) hasil latihan quick leap lebih baik dari latihan doubele leg speed hop dengan mean difference 35,900, 2) terdapat interaksi antara bentuk latihan dan daya ledak otot tungkai dengan sig. (0,00) < (0,05), 3) hasil latihan quick leap lebih baik dari latihan doubele leg speed hop pada peserta yang memiliki daya ledak otot lengan tinggi dengan mean difference 33,78, dan 4) Hasil latihan quick leap lebih baik dari latihan double leg speed hop pada peserta yang memiliki daya ledak otot tungkai kecepatan rendah dengan mean difference 24,44.


Keywords


pliometrik, daya ledak otot tungkai, kecepatan.

Full Text:

PDF

References


Ariani, L. P. T. (2011). Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Darmadi, I. K., Sudiana, I. K., Tisna, G. D., & Or, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Quick Leap Dan Side Jump Sprint Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 5(1), 12–23.

Fauzia, Y. (2013). Hubungan Indeks masa tubuh dan usia dengan Kadar asam urat pada remaja pra-Obese dan Obese Di purwokerto. Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman.

Furqon, H., & Doewes, M. (2002). Pliometrik Untuk Meningkatkan Power. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Johansyah. (2013). Penyusunan Program Latihan. Raja Grafindo.

Mahardika, I. W. (2020). Pengaruh Metode Latihan Dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Throw In Sepakbola. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 1–11.

Nala, I. G. N. (2011). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Universitas Udayana.

Puspita, P. A. (2020). Efektifitas Latihan Pliometrik Dalam Meningkatkan Power. Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 1.

Setiawan, B. (2016). Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan, Dan Kelentukan Otot Punggung Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bola Voli Pada Atlet Voli SMA WAHIDIYAH KOTA KEDIRI TESIS. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

Setijono, dkk. (2001). Instruktur Fitness. Unesa University Press.

Sugihartono, T., & Arwin, A. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Single Leg Speed Hop Dan Double Leg Speed Hop Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok DI SMA NEGERI 08 BENGKULU UTARA. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 87–94.

Sugiyanto. (1998). Perkembangan dan Belajar Motorik. Universitas Terbuka.

Sukradati, P., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2013). Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Pada Sd Negeri Di Kecamatan Sukasada. Ganesha University of Education.

Suratmin, S., & Adi, I. P. P. (2016). Penerapan Metode Pelatihan Pliometrik Dalam Meningkatkan Power Otot Tungkai Atlet Pplm Bali. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(1), 33–43.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT Bumi Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30842

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF file view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENJAKORA




Publish by:

Undiksha

UNDIKSHA PRESS


PENJAKORA indexed by:

Akreditasi SINTA Penjakora   



Creative Commons License

PENJAKORA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.