Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP

Authors

  • I Nyoman Agus Adi Kesuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Syarif Hidayat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091

Keywords:

model pembelajaran, motivasi, hasil belajar PJOK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PJOK antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional serta mengetahui interaksi antara Model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK di SMP Negeri 1 Blahbatuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental dengan rancangan “treatment by level” dengan dua ketegori 2x2. Sampel penelitian berjumlah 20 orang dipilih berdasarkan kategori motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar PJOK pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif  jigsaw lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti Model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PJOK dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi hasil belajar PJOK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi  0,000 < 0,05 dan 4) Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah hasil belajar PJOK siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih rendah dari model pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi  0,015 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PJOK, sehingga dalam penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya mempertimbangkan tingkat motivasi belajar siswa.

Author Biographies

I Nyoman Agus Adi Kesuma, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Olahraga, Program PascasarjanaUniversitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali

I Ketut Yoda, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali

Syarif Hidayat, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja-Bali

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Gusmayeni, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu. Vol.3, No.2.

Juwaeriah, Siti., dan Ikhtiono, Gunawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Attadib Journal of Elementary Education, Vol. 1(2).

Komulasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Konstekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung:PT Refika Aditama.

Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lukman, Syahril., Gamal, Mohammad., Rindarjono dan Karyanto Puguh. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negri 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 2, No. 2.

Mujmal, dkk. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Kelas Viii Mts Nw Gereneng Kecamatan Sakra Timur Ntb Tahun Pelajaran 2011/2012. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Vol. 3. Hal 1-9.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta : Delia Press.

Nazirin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKn pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 19. No.2.

Novianto, Yahya Eko dan Septian Raibowo. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Penjas Pada Mata Kuliah Filsafat Penjas dan Olahraga. Journal of Sport Education ,Volume 2 Nomor 2

Nurrojab, Fachry. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Futsal. Thesis. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sardiman, A.M.. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.

Sobandi, Rizki. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diskatrasia. Vol. 1, No. 2. Hal 306-310.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsudin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Warti, Elis. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 2. Hal 177-185.

Widiarta, Gusti Made Adi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Educational Development. Volume 1 Nomor 2

Downloads

Published

2021-05-04

Issue

Section

Articles