Survey Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Daring Tingkat SMP

Authors

  • I Ketut Okta Pradipta Jaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Iwan Swadesi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.32462

Keywords:

Keterlaksanaan, Pembelajaran PJOK, Daring, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga Kesehatan berbasis daring tingkat SMP di kabupaten Bangli pada masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMP di kabupaten Bangli berjumlah 57 orang dan siswa berjumlah 228 orang, sehingga populasi sebanyak 285 orang. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling, dengan sampel sebanyak 95 orang terdiri dari 19 guru PJOK dan 76 siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot case study. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar melalui link google form. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran PJOK berbasis daring tingkat SMP di Kabupaten Bangli diperoleh rata-rata sebesar 75,9%. Bila dikonversikan ke dalam tabel skala penilaian berada pada kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran PJOK berbasis daring tingkat SMP di Kabupaten Bangli pada masa pandemi Covid-19 terlaksana.

Author Biographies

I Ketut Okta Pradipta Jaya, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

I Ketut Yoda, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

I Ketut Iwan Swadesi, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

References

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37.

Candra, F. A. (2021). PENERAPAN METODE DARING, LURING DAN HOME VISIT DI KELAS V UPT SPF SDN 106828 SUMBERJO DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional, 1(1).

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning, 5(3), 195–206.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Olahraga Dan Kesehatan, Bandung: Alfabeta.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 2(2).

Sudijono, A. (2001). Pengantar evaluasi pendidikan.

Downloads

Published

2021-10-05