Tingkat Kedisiplinan Atlet Cabang Olahraga Bela Diri Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Main Article Content

Maikel Khristy Surbakti
I Gusti Lanang Agung Parwata
Made Agus Wijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan atlet cabang olahraga bela diri pada masa adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek atlet cabang olahraga bela diri taekwondo dan pencak silat yang berada di kabupaten Buleleng sebanyak 118 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner (angket) melalui Google Form. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase pada tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet bela diri Taekwondo di Kabupaten Buleleng yang paling tinggi jumlahnya adalah pada kategori disiplin berjumlah 28 orang (58%), cukup disiplin 13 orang (27%) dan sangat disiplin 7 orang (15%). Kemudian, tingkat kedisiplinan atlet bela diri Pencak Silat yang paling tinggi jumlahnya adalah kategori disiplin berjumlah 33 orang (47%), sangat disiplin 25 orang (36%) dan cukup disiplin 12 orang (17%). Jadi disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan atlet bela diri Taekwondo dan Pencak Silat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru termasuk pada kategori disiplin dan diharapkan Atlet bela diri Taekwondo dan Pencak Silat Kabupaten Buleleng pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru agar tetap menjaga protokol kesehatan selama mengikuti aktifitas latihan.

Article Details

Section
Articles

References

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.

Arif, M., Maulana, T., & Lesmana, M. T. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 106–119. https://doi.org/https://doi.org/10.30601/humaniora.v4i1.515

Ariyani, S. (2019). Tingkat Kedisiplinan Atlet PPLP pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Gandung Dwi Nurwanda, D. (2021). Pola Pembinaan Prestasi Olahraga Beladiri Wushu Koni Kabupaten Semarang Di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Physical Activity and Sports, 2(3).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Jukic, I., González, J. C., Cos, F., Cuzzolin, F., Olmo, J., Terrados, N., Njaradi, N., Sassi, R., Requena, B., Milanovic, L., Krakan, I., Chatzichristos, K., dan Alcaraz, P. E. (2020). Strategies and Solutions for Team Sports Athletes in Isolation due to COVID-19. Sports Journal, 8(56), 1–9.

Kampf, G. (2020). Potential Role Of Inanimate Surfaces For The Spread Of Coronaviruses And Their Inactivation With Disinfectant Agents. Infect Prev Pract, 2(2), 1–2.

Kementerian Kesehatan. (2020). Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Sarana dan Kegiatan Olahraga. https://promkes.kemkes.go.id/flyer-adaptasi-kebiasaan-baru-untuk-sarana-dan-kegiatan-olahraga

Kosasih, E. (1993). Olahraga Teknik dan Program Latihan (Akademi Presindo (ed.)).

Mann, R. H., Clift, B. C., Boykoff, J., dan Bekker, S. (2020). Athletes As Community; Athletes In Community: Covid-19, Sporting Mega Events And Athlete Health Protection. British Journal of Sports Medicine, 54(18), 1071–1072.

Martopo, A. H. (2016). Tingkat Keterampilan Dasar Pencak Silat Siswa Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 1 Edisi 4, Jakarta Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Shah, A. B., Nabhan, D., Chapman, R., Chiampas, G., Drezner, J., Olin, J. T., Taylor, D., Finnoff, J. T., Baggish, A. L. (2021). Resumption of Sport at the United States Olympic and Paralympic Training Facilities During the COVID-19 Pandemic. Sports Health Journal, 13(4), 359–363.

Suchyadi, Y., Sunardi, O., & Novita, L. (2020). Kontribusi Sikap Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 115–118.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Tanjung, H. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v15i1.964

Tjung Hauw Sin. (2017). Disiplin Atlet dalam Latihan. Jurnal Sprota Saintika Maret, 2(1).

Tutur, J., Suryanto, dan Anung, P. (2021). Psychological Problems of Athletes in Undergoing Independent Training Programs During the Pandemic Covid-19. Britain International of Linguistics, Arts and Education (BIoLAE) Journal, 3(2), 128–134.

Winarno, E. M. (2019). Distrupsi Strategi Pembelajran Olahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19. (Akademia Pustaka. (ed.)).

Wong, A. Y., Ling, S. K., Louie, L. H., Law, G. Y., So, R. C., Lee, D. C., Yau, F. C., dan Yung, P. S. (2020). Impact of The COVID-19 Pandemic on Sports and Exercise. Asia-Pacific Journal of Sports Medicine, Arthroscopy, Rehabilitation and Technology, 22, 39–44.