Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa SMP

Penulis

  • Muhammad Imran Hasanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Irfan Hasanuddin Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.65014

Kata Kunci:

kesegaran jasmani, siswa, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode survei. Pengukuran tingkat kesegaran jasmani dilakukan menggunakan TKJI pada umur 13-15 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari SMP Negeri 17 Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa menggunakan teknik simpel random sampling (pengambilan sampel acak sederhana), di mana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase sebagai tekniknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 17 Makassar tergolong dalam dua kategori, yaitu kategori sedang dan kategori baik. Dalam kategori sedang, sebanyak 33 siswa atau 82,5% masuk dalam kelompok ini, sementara dalam kategori baik terdapat 7 siswa atau 17,5%. Dari hasil analisis data, tidak terdapat siswa yang masuk dalam kategori kesegaran jasmani yang sangat baik maupun sangat kurang. Dalam kesimpulannya, penelitian ini mengindikasikan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa SMP Negeri 17 Makassar cenderung berada dalam kategori sedang.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta.

Hamdani, F. F. N. (2021). Survei Tingkt Kebugaran Jasmani Siswa SMP NEGERI 1 Loceret dengan Menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesi. 373–378.

Hasanuddin, D. (2022). Tingkat Kebugaran Pemain Sepakbola porprov Kotabaru. 0383, 45–56.

Hasanuddin, M. I., & Hasanuddin, M. I. (2020). Model Pendekatan Bermain. 53.

Junaedi, A., & Wisnu, H. (2019). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Kusuma, K. P. (2020). Kebugaran Jasmani. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Muhardi, M., & Wijayanti, N. P. N. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMPN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–10.

Purba, S., Ahadid, A., Putra, W., Rahman, A. A., Aryani, P., Jannah, F., Widodo, H., Magalhaes, A. D. J., & Hasanuddin, M. I. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Aplikasinya.

Rahmadani, E., Mashuri, M. T., Sitopu, J. W., Hasanuddin, M. I., Suarsana, I. M., Asriadi, M., Putri, J. H., Maharani, I., Hasanuddin, M. I., Maswar, Elfina, H., & Irwanto. (2023). Statistika Pendidikan. https://batukota.bps.go.id/publication/download.html

Ramadhana, A. R. (2017). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Surabaya Dan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 36 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1–5.

Rifa’i Abubakar. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Sudiana, I. K. (2014). Peran Kebugaran Jasmani bagi Tubuh. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV, 389–398.

Wibowo, S. (2020). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP NEGERI DI MADIUN. 7–18.

Winarno. (2006). DIMENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA.

Windarto, M. (2020). Modul Aktivitas Kebugaran Jasmani Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. 1–26.

Diterbitkan

2024-04-29

Terbitan

Bagian

Articles