Survei Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.76013Keywords:
kebugaran jasmani, siswa, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas V UPTD SDI Tarawaja di Kabupaten Ngada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Sampel penelitian adalah siswa kelas V UPTD SDI Tarawaja yang berjumalh 24 orang dengan menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Dari hasil analisis diperoleh tingkat kebugaran jasmani menunjukkan rata-rata hasil dalam kategori cukup baik. 2 orang siswa (8,33%) dalam kategori baik, 11 orang (43,83%) kategori sedang, 9 orang (37,50%) kategori kurang dan 2 orang (8,33%) dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan hal tersebut perlu direncanakan pembelajaran PJOK yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningaktkan kebugarannya.
References
Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Muhammad Nur Alif.
Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71–80.
Giriwijoyo, S., & Sidik, D. Z. (2013). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga) : Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan Dan Prestasi. Remaja Rosdakarya.
Irianto, D. P. (2007). Panduan Gizi Lengkap: Keluarga dan Olahragawan.
Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131.
Natal, Y. R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1).
Ro’is, A. F., & Fahturohzis, T. D. (2023). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Ular Tangga. Jambura Sports Coaching Academic Journal, 2(1), 32–38.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suherman. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Cetakan ke 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sunga, Y. K. G., Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sma Negeri 1 Boawae Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 2(1), 11–18.
Yuniawati, N. (2024). Implementasi Ape Dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak. Jurnal Anak Bangsa, 3(1), 31–42.
Yusuf, H., Bumi, S. C., & Alamsyah, R. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Zakki, O. D. Z., Sepriani, R., Sepriadi, S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 6(12), 17–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 YUSTIANUS JORDANIUS DUE, ROBERTUS LILI BILE, YANUARIUS RICHARDUS NATAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)