Survei Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.76013Keywords:
kebugaran jasmani, siswa, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas V UPTD SDI Tarawaja di Kabupaten Ngada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif dengan teknik surveites .Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani terhadap siswa di UPTD SDI Tarawaja maka dilakukan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 siswa putra dan putri kelas V di UPTD SDI Tarawaja di Kecamatan Soa. Dari hasil analisis yang diperoleh terhadap seluruh siswa kelas V UPTD SDI Tarawaja menunjukkan hasil yang cukup baik, terdapat 11 siswa yang tingkat fisiknya sedang dengan persentase 43,83%, 9 siswa yang tingkat fisiknya kurang baik, dengan persentase 37,50%, terdapat 2 siswa yang tingkat fisiknya buruk. Siswa yang kemampuan jasmani kurang baik dengan angka sebesar 37,50%. Siswa yang berada pada kategori baik dengan tingkat presentasi sebesar 8,33%, 2 siswa berada pada kategori sangat kurang tingkat presentasinya sebesar 8,33%. Menurut hasil penelitian dan analisis deskriptif proporsi dapat di simpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V UPTD SDI Tarawaja tahun ajaran 2022/2023 dengan kategori sedang dalam proses pencapaian rata-rata 11 siswa dengan proporsi 45,83%.
References
Agi Ginanjar, Adang Suherman, Tite Juliantine, Y. H. (2018). Development Of Indonesia Scientific Publications On Physical Education In Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Penjas/Index
Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press
Bile, R. L. & Suharjana,S.(2019).Efektifitas penggunaan model latihan kebugaran "Bbc Exercise" untuk pemeliharaan kebugaran jasmani mahasiswa. SPORTIVE: journal of Physical Education, Sport and Recreation, 3 (1), 30-37, DOI: https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16857
Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jartika Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438
Fadli, H. (2019). Status Gizi dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra. Jurnal Patriot, 2(5), 1191-1196.
Ginanjar, A. Model Pembelajaran Taktis dan Motivasi Belajar Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMK.
Tapo Y. B. O. (2020). Evaluasi status kebugaran jasmani dan tingkat penguasaan keterampilan olahraga sepak bola dan bola voli mahasiswa PJKR semester V STKIP Citra Bakti Ngada berdasarkan aktifitas perkuliahan praktek dan pembinaan kegiatan UKM. EjurnalIMEDTECH, 4(1), 37-54, DOI: https://dx.doi.org/10.38048/imedtech.vi1.223
Tapo, Y.B dan Bile, R.L. (2020) Efektifitas Penggunaan Model Latihan Olahraga Pernapasan MONACORS untuk Pemeliharaan Kesehatan Fungsi Paru Bagi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid -19 , E –Jurnanl IMEDTECH, 4 (2), 54-65.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 YUSTIANUS JORDANIUS DUE, ROBERTUS LILI BILE, YANUARIUS RICHARDUS NATAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)