Survei Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Yustianus Jordanius Due STKIP Citra Bakti
  • Yanuarius Richardus Natal STKIP Citra Bakti
  • Robertus Lili Bile STKIP Citra Bakti
  • Yohanes Bayo Ola Tapo STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.76013

Keywords:

kebugaran jasmani, siswa, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas V UPTD SDI Tarawaja di Kabupaten Ngada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Sampel penelitian adalah siswa kelas V UPTD SDI Tarawaja yang berjumalh 24 orang dengan menggunakan sampling jenuh.  Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Dari hasil analisis diperoleh tingkat kebugaran jasmani menunjukkan rata-rata hasil dalam kategori cukup baik. 2 orang siswa (8,33%) dalam kategori baik, 11 orang (43,83%) kategori sedang, 9 orang (37,50%) kategori kurang dan 2 orang (8,33%) dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan hal tersebut perlu direncanakan pembelajaran PJOK yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningaktkan kebugarannya.

References

Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Muhammad Nur Alif.

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71–80.

Giriwijoyo, S., & Sidik, D. Z. (2013). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga) : Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan Dan Prestasi. Remaja Rosdakarya.

Irianto, D. P. (2007). Panduan Gizi Lengkap: Keluarga dan Olahragawan.

Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 115–131.

Natal, Y. R. (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1).

Ro’is, A. F., & Fahturohzis, T. D. (2023). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Ular Tangga. Jambura Sports Coaching Academic Journal, 2(1), 32–38.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suherman. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Cetakan ke 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sunga, Y. K. G., Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sma Negeri 1 Boawae Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 2(1), 11–18.

Yuniawati, N. (2024). Implementasi Ape Dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak. Jurnal Anak Bangsa, 3(1), 31–42.

Yusuf, H., Bumi, S. C., & Alamsyah, R. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMA X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.

Zakki, O. D. Z., Sepriani, R., Sepriadi, S., & Resmana, R. (2023). Tinjauan Kebugaran Jasmani Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 6(12), 17–25.

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Articles