Pengembangan Media Pembelajaran Sepak Takraw Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.76436Keywords:
media pembelajaran, web, sepak takrawAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model media pembelajaran sepak takraw berbasis web yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa sekolah menengah pertama. Penelitian mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari delapan tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian produk.. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket, dan tes. Model media pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli dengan 4,52 dalam kategori sangat valid. Uji coba produk menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 3,67 kategori sangat baik, dan efektivitas diukur dengan skor N-gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model ini dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru disarankan untuk sering menggunakan model media pembelajaran berbasis web yang bersifat audiovisual untuk hasil belajar yang maksimal.
References
Anggoro, Ilham Fajar, and Tri Nova Hasti Yunianta. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Materi Trigonometri Siswa SMA Kelas XI.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2018):253–60. doi: 10.33654/math.v4i0.276.
Fitriyani, and Arief Teguh Nugroho. 2022. “Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):201–8. doi: 10.47467/elmujtama.v2i2.1088.
Fridayanti, Yuridiya, Yudha Irhasyuarna, and Rizky Febriyani Putri. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(3):49–63. doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss3.75.
Hake, Richard R. 1998. “Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses.” American Journal of Physics 66(1):64–74. doi: 10.1119/1.18809.
Hasan, Hasmina. 2016. “Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar 3(4):22–33.
Hidayat, Taufik, Hafnati Rahmatan, and Khairil Khairil. 2017. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada SMA Negeri 1 Woyla.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 4(1):1. doi: 10.22373/biotik.v4i1.1065.
Iyakrus, Iyakrus, and Arizky Ramadhan. 2021. “Tingkat Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw.” Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan 10(2):225–30. doi: 10.36706/altius.v10i2.15154.
Jampel, I. Nyoman, and Kadek Riza Puspita. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual.” International Journal of Elementary Education 1(3):197. doi: 10.23887/ijee.v1i3.10156.
Maryani, Maryani, Meidia Sariyatun Nisak, and Bambang Supriadi. 2022. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA Pokok Bahasan Gelombang Bunyi.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 8(4):2430–38. doi: 10.29303/jppipa.v8i4.2037.
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wijayanto. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang 2:628–38.
Ode, E. O. 2014. “Impact of Audio-Visual (AVs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private Secondary Schools in Makurdi.” International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) 2(5):195–202.
Sugiyono. 2022. METODE PENELITIAN "Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. Bandung: ALFABETA.
Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. “Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips.” Jurnal Pendas Mahakam 3(2):151–58. doi: 10.31227/osf.io/qrhsf.
Suminar, Dewi. 2019. “Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):774–83.
Zulhelmi, Adlim, and Mahidin. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 05(01):72–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aniesa Reswaya, Iyakrus, Syafaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)