Program Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Outdoor Education
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.77053Keywords:
profil pelajar pancasila, sport education, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kebijakan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran outdoor education Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SD Negeri Jatisari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi, yang menggambarkan bagaimana program kebijakan profil pelajar pancasila melalui pembelajaran outdoor education pendidikan jasmani di SDN Jatisari. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa, 1 guru pendidikan jasmani, 1 guru bidang kurikulum dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi (Triangulasi Data). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa SDN Jatisari dengan adanya kegiatan pembelajaran outdoor education pendidikan jasmani dengan melakukan jalan santai, senam Sumedang simpati dan aktivitas pengenalan alam sekitar. Dengan semua kegiatannya dapat menimbulkan penguatan profil pelajar pancasila pada dimensi beriman bertakqa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
References
A.D, O. Y., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12861–12866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10636
ADITIA, F. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR EDUCATION TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PADA MUATAN PJOK KELAS V DI SDN 2 TAMAN …. repository.ummat.ac.id. https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5338
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). PEMBENTUKAN KARATERISTIK PESERTA DIDIK MENGARAH PADA PROFIL PANCASILA UNTUK JENJANG PENDIDIKAN DASAR MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. 09(July), 1–23
Asith, F. A., Ariba, I., Sitompul, J., & Eka, T. M. (n.d.). EFEKTIVITAS PEMBELAARAN PJOK PADA TEKNIK DASAR VOLI MELALUI MATERI VIRTUAL DI SELAMA PANDEMI COVID-19 Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi dan Pengelol. Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 132–138
Catur, D., & Abady, A. N. (2020). PENGEMBANGAN MODEL GAME OUTDOOR ACTIVITIES TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SDN 067250 MABAR. Visipena. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1263
Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Kar, A. K., Baabdullah, A. M., Grover, P., Abbas, R., Andreini, D., Abumoghli, I., Barlette, Y., Bunker, D., Chandra Kruse, L., Constantiou, I., Davison, R. M., De, R., Dubey, R., Fenby-Taylor, H., Gupta, B., He, W., Kodama, M., … Wade, M. (2022). Climate change and COP26: Are digital technologies and information management part of the problem or the solution? An editorial reflection and call to action. International Journal of Information Management, 63(November 2021). https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102456
Grimwood, B. S. R., Gordon, M., & Stevens, Z. (2018). Cultivating nature connection: Instructor narratives of urban outdoor education. Journal of Experiential Education, 41(2), 204–219. https://doi.org/10.1177/1053825917738267
Jauhari, M. N., Mambela, S., & ... (2020). Dampak pandemi covid-19 terhapad pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports …. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stand/article/view/2594
Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Lu, C., & Buchanan, A. (2014). Developing Students’ Emotional Well-being in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85(4), 28–33. https://doi.org/10.1080/07303084.2014.884433
Martini, E., Kusnadi, E., Darkam, D., & Santoso, G. (2019). Competency Based Citizenship 21st Century Technology in Indonesia. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 759–763. https://doi.org/10.35940/ijrte.b1483.0882s819
Murdiansyah, B. N. (2022). Peran Aktivitas Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Konsep Diri (Suatu Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Brangkal I Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban). JOEL: Journal of Educational and Language …. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3830
Nasution, N. S. (2018). Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Education Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Uasika, 6, 73–80. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Ossy Indra Wardhani, et al. (2019). Pengaruh Outbound Management Training Dalam Pembelajaran Outdoor Education Untuk Penanaman Kepercayaan Diri Siswa. SpoRTIVE, 4(1), 111–120. https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/18299
Prasetyo, R., & Synthiawati, N. N. (2023). Rahayu Prasetyo 1* , Novita Nur Synthiawati 2 ,. 1(6), 1610–1618.
Rahmaoktaviani, D., & Setiawan, I. (2020). Pengelolaan Bisnis Sanggar Senam Aerobik di Kabupaten Rembang. Physical Education and Sport, 1(2), 409–413.
Richmond, D., Sibthorp, J., Gookin, J., Annarella, S., & Ferri, S. (2018). Complementing classroom learning through outdoor adventure education: out-of-school-time experiences that make a difference. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 18(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/14729679.2017.1324313
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Shokhid, M. (2023). Penerapan Kegiatan Profil Pelajar Pancasila pada Kelas IV di SDN Karah 1 / 411 Surabaya. 01, 246–250.
Sofyan, M. A., Nasution, N. S., & Syafei, M. M. (2021). Pembelajaran Outdoor Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMPN 1 Cikarang Utara. Jurnal Literasi Olahraga. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4328
Suherman, A. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetensi Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andini Nurul Ramdhani, Ayi Suherman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)