Pengaruh Latihan Knight Resistance Dan Dumbell Terhadap Kecepatan Pukulan Giaku Tsuki Karateka
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v11i1.79933Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan knight resistance dan dumbell terhadap kecepatan pukulan giaku tsuki karateka Dojo Semangat Badung. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen dengan design pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah karateka Dojo Samangat Badung dan sampel berjumalh 20 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas varians, sedangkan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh metode latihan knight resistance terhadap kecepatan pukulan giaku tsuki, (2) terdapat pengaruh dumbell terhadap kecepatan pukulan giaku tsuki, (3) terdapat perbedaan kecepatan pukulan giaku tsuki antara yang dilatih knight resisntance dengan latihan dumbbell. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa latihan knight resistane memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kecepatan pukulan giaku tsuki dibandingkan dengan latihan dumbbell. Disarankan kepada pelatih karateka dapat menggunakan latihan resistance untuk meningkatkan kecepatan pukulan giaku tsuki.
References
Agus Supriyoko, & Mahardika, W. (2018). Kondisi Fisik Atlet Anggar Kota Surakarta. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 280–292.
Anisah, G. (2018). Validitas Instrumen Asesmen Menulis Cerpen Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 15–25. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/article/download/148/114/429
Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan,2(11),1456–1468. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160
Borg, & Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. Longman Inc.
Dawud, V. W. G. W. A. N., & Hariyanto, E. (2020). Survei Kondisi Fisik Pemain Sepakbola U 17. Sport Science and Health, 2(4), 224–231. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index
Edwarsyah, Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2019). Pengaruh Metode Pelatihan Circuit Training Terhadap Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negeri Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–10.
Evenetus, Y., Mulyana, R. B., & Ma’mun, A. (2019). Pengaruh Program Latihan terhadap Peningkatan Kekuatan, Power, Daya Tahan Lengan dan Performa Renang 50 Meter Gaya Bebas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(3), 445–455. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22337
Herpandika, R. P., Yuliawan, D., & Rizky, Y. (2019). Analisis kondisi fisik atlet puslatkot Kota Kediri dalam rangka menuju “ Kediri Emas ” di Porprov 2019 Analysis of physical conditions of Puslatkot at Kediri city in order to “ Kediri Emas ” in Porprov 2019 PENDAHULUAN Pembangunan suatu negara tergantung. Jurnal SPORTIF, 5(2), 342–353. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/download/13758/1365/
Hudain, M. A., & Ishak, M. (2020). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 46. https://doi.org/10.26858/sportive.v4i1.17175
Indrajaya, M. I., & Ismalasari, R. (2017). Tingkat kondisi fisik cabang olahraga karate kota Surabaya studi atlet putri karate puslatcab Surabaya. Unesha, 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/248696-none-8ddc712b.pdf
Ismoko, A. P., & Sukoco, P. (2013). Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Terhadap Power Tungkai Karateka dojo semangat badung Junior Putri. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2339
Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759
Khoirunnisa, A. L., Purwono, E. P., & Raharjo, H. P. (2012). Bakat Anak Usia Dini Dalam Olahraga Taekwondo Menggunakan Metode Sport Search Di Kabupaten Kendal Tahun 2012. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(4). https://doi.org/10.15294/active.v1i4.510
Lamusu, A., & Lamusu, Z. A. (2020). Hubungan Power Otot Tungkai Dengan Kecepatan Tendangan Mawasi Geri Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo Ahmad. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 365–376. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.365-376.2020
Muhammad, R., & Nasrullah, A. (2016). Pengaruh Weight Training Dan Body Weight Training Terhadap Power Tungkai Atlet Bola Tangan. Urnal of Physical Education and Sports, VX(1), 97–107.
Nurhidayah, D., & Satya, A. (2017). Profil Kondisi Fisik Atlet Unit Kegiatan Mahasiswa. Medikora : Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga, 16(1), 1–16. https://journal.uny.ac.id/index.php/medikora/article/viewFile/23475/11708
Prayogi, Erlita Nanda, dan Heru Subrata. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Langsung Bermuatan 4 C (Critical Thinking, Creativity, Character, and Communication) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Kedurus III/430 Surabaya. JPGSD 8 (4): 779–90.
Prihatin, Yulianah. 2019. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Purnomo, E. (2019). Pengaruh Program Latihan terhadap Peningkatan Kondisi Fisik Atlet Bolatangan Porprov Kubu Raya. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(1), 29. https://doi.org/10.26740/jses.v2n1.p29-33
Putri, Novia Eka, Zulyadaini, dan Relawati. 2019. Studi Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Model Pembelajaran Langsung di Kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2): 91–97.
Rahman, Sunarti. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 2021 ed.
Rasyid, Harun, dan Mansur. 2019. Penilaian Hasil Belajar. bandung: CV Wahana Prima.
Rinasari, Wening, dan Sriyanto. 2022. Model Pembelajaran Kurikulum 13 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS. Dalam Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3:633–38. Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.353.
Rohmawati, Lutfi, dan Poy Saefullah Zevender. 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) 3 (1): 1–13.
Rukminingsih, Gunawan Adnan, dan Mohammad Adnan Latief. 2020. Metode Penelitian Pendidikan. Sleman: Erhaka Utama.
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Bantul: KBM Indonesia.
Sakahuni. 2020. Analisis Hasil Peningkatan Motivasi Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. Schrödinger: Journal of Physics Education 1 (3): 92–96. https://doi.org/https://10.37251/sjpe.v1i3.442.
Santosa, Haris Budi. 2020. Bahan Ajar Inquiry-discovery Learning. Denpasar: Balai Diklat Keagamaan.
Sari, Nonita, dan Agus Purnama. 2019. Aktivitas Fisik dan Hubungannya dengan Kejadian Diabetes Melitus. Window of Health: Jurnal Kesehatan 2 (4): 368–81.
Setiawati, Kadek Sri, I Gusti Lanang Agung Parwata, dan Suratmin. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pejakora 7 (1). https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444.
Sinaga, M. luhut, Ramadi, & Juita, A. (2016). The Improvement of Arms Muscle Power and Shoulder by Using The Pull Down Exercise For Woman Boxing Athlete Club Histom Boxing At camp Rumbai. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1–10.
Sinukaban, Veronica Yulisna, Damai Linda Gea Vetricia, Ambiyar, dan Mahesi Agni Zaus. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Berbantuan Media Hand Out Terhadap Hasil Belajar Dasar Pola Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 16.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfa Beta.
Tyler, K., MacDonald, M., & Menear, K. (2014). Physical Activity and Physical Fitness of School-Aged Children and Youth with Autism Spectrum Disorders. Autism Research and Treatment, 2014, 1–6. https://doi.org/10.1155/2014/312163
Wahid, A. (2007). Shotokan Sebuah Tinjauan Alternatif Terhadap Aliran Karate-Do Terbesar di Dunia. PT Raja Grafindo Persada.
Wibisana, F., Rinaldy, A., & Nusufi, M. (2016). Evaluasi Kondisi Fisik Dominan Pada Atlet Karate-Do Dojo Lanal Inkai Kota Sabang Tahun 2015. Urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 2(1), 82–89. https://media.neliti.com/media/publications/188066-ID
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the JURNAL PENJAKORA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)