PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SD INPRES BTN IKIP II MAKASSAR

Authors

  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23887/penjakora.v3i2.11733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAKEM penjas terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SD Inpres BTN IKIP II  Makassar. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres BTN IKIP II Makassar.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental, dan menggunakan randomized group pretest posttest design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran PAKEM penjas dan model pembelajaran konvensional penjas, selanjutnya variabel terikat adalah kebugaran jasmani siswa. Sampel berjumlah 48 orang yang terdiri dari 2 (dua) kelompok atau kelas, kelompok/kelas A 24 siswa dan kelompok/kelas B 24 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 12 kali pertemuan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes kebugaran jasmani dengan menggunakan tes TKJI. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. pada taraf nyata α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa, ( to = 11,73> t tabel 0,05 = 2,07).  2) Model pembelajaran konvensional penjasorkes tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to = 1,94 < t tabel 0,05 = 2,07).  3) Model pembelajaran PAKEM penjasorkes dan model pembelajaran konvensional penjasorkes memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa,(to= 2,89> t tabel 0,05 = 1,68).

References

Tiro, Muhammad Arif. 2001. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Makassar State University Press.

Gallahue, L. David, and Ozmun C. John. 2006. Understanding Motor Development Infants, Childrens, Adolescents, Adults, Sixth Edition. Boston: McGraw-Hill.

Kantor Menpora. 1999. Panduan Teknis Tes dan Latihan Kesegaran Jasmani. Jakarta: PPPITOR.

Lutan, Rusli., J. Hartono, dan Tomoliyus. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan di Sepanjang Hayat. Jakarta: Depdiknas-Ditjora.

Malobulu, Syarifudin., Abdi Rahmat., Taga Radja Gah. 2011. Olahraga dan Pendidikan Jasmani dalam Wajah Keutuhan NKRI, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya.

Pribadi A. Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sharkey, B.J. 2003. Fitness and Health. Alih bahasa Kebugaran dan Kesehatan. oleh: Eri Desmarini Nasution. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa FIK-UNY. Yogyakarta: FIK-UNY.

Suryabrata, Sumadi. 2014 Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Wahjoedi. Kebugaran Jasmani Siswa SD. Jurnal Dedaktik Vol. 9 No. 2 Mei 2008. http://okeeducation.blogspot.com/2008/10/hakikat-kebugaran-jasmani.html (Diakses tanggal 27 Januari 2011).

Downloads

Published

2017-08-03