DEVELOPING MOODLE BASED E-LEARNING MEDIA FOR THE DOKKAI SHOKYU COURSE

Authors

  • Kadek Eva Krishna Adnyani Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • Gede Satya Hermawan Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I Wayan Adnyana Jurusan Pendidikan Ekonomi S-1, IKIP PGRI BALI
  • Ni Nyoman Murniasih Jurusan Pendidikan Ekonomi S-1, IKIP PGRI BALI

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v13i2.16450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimanakah bentuk moodle yang sesuai untuk pembelajaran mata kuliah dokkai shokyu di jurusan pendidikan bahasa Jepang? (2) bagaimanakah kualitas moodle yang dikembangkan untuk mata kuliah dokkai shokyu di jurusan pendidikan bahasa Jepang? Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data data menggunakan teknik angket dan observasi. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media pembelajaran, dan 30 peserta didik mata kuliah dokkai shokyu di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Pada hasil uji ahli isi, secara umum, moodle ini dinilai baik sekali dan dapat digunakan dengan revisi. Pada hasil uji ahli media, moodle ini dinilai baik dan dapat digunakan dengan revisi. Respons mahasiswa terhadap moodle, didominasi penilaian positif yakni setuju dan sangat setuju.
Kata kunci: e-learning, moodle, penelitian pengembangan, dokkai shokyu

Downloads

Published

2018-12-21

Issue

Section

Articles