PENULISAN TAJUK RENCANA : KAJIAN BERBASIS TAHAPAN PENALARAN, TEKNIK INTERPRETASI DAN ISI (Sebagai Upaya Pemilihan Materi Teks Autentik Dalam Pembelajaran Jurnalistik)

Authors

  • I Wayan Wendra Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v14i1.17892

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah berikut. (1) Bagaimana tahapan penalaran penulisan tajuk rencana,(2) Teknik interpretasi apa yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana, dan (3) Bagaimana pola pengembangan isi tajuk rencana pada surat kabat Bali Post? Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah teks tajuk rencana yang diambil dari surat kabar Bali Post mulai Maret- Mei 2018. Objek penelitiannya adalah tahapan penalaran penulisan tajuk rencana, teknik interpretasi yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana dan pola pengembangan isi tajuk rencana pada surat kabat Bali Post?Data penelitian dikumpulkan metode pencatatan dukumen.
 |  PRASI | Vol. 14| No. 01 | Januari - Juni 2019 |     24
Data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Tajuk rencana harian Bali Post dalam penulisannya menggunakan tujuh model tahapan penalaran yaitu tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-G-H sebanyak 27 (38,57%), tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-H sebanyak 18 (25,71%),  tahapan penalaran A-B-C-D-E-H sebanyak 10(14,29%), tahapan penalaran A-B-C-D-E-G-H sebanyak 5 (7,14%), tahapan penalaran A-B-C-D-G-H sebanyak 4 (5,71%), tahapan penalaran A-B-C-D-F-G-H sebanyak 3(4,29%), dan tahapan penalaran A-B-C-D-F-H sebanyak 3 (4,29%).  Penggunaan tahapan penalaran yang mendominasi adalah tahapan penalaran yang komplit yakni penggunaan tahapan penalaran A-B-C-D-E-F-G-H : (A) Pernyataan masalah pokok atau topic,(B) Alasan mengapa hal atau masalah itu penting,(C) Penyajian fakta-fakta yang bersangkutan dengan topic,(D) Pernyataan sikap yang diambil terhadap topik tersebut, (E) Evaluasi terhadap mereka yang mengambil sikap lain, (F) Pernyataan alternatif lain, (G) Pembuatan perbandingan atau analogi dengan isu-isu atau topik-topik lain dan (H), Akhirnya menarik kesimpulan dan disususul oleh tahapan penalaranA-B-C-D-E-F-H. Sedangkan tahapan penalaran yang lain jumlahnya relatif kecil. Teknik interpretasi yang digunakan dalam penulisan tajuk rencana yaitu teknik interpretasi deduktif  sebanyak 37 (52,86%), teknik interpretasi sebab-akibat sebanyak 19 (27,14%),  teknik interpretasi induktif sebanyak 8 (11,43%), dan teknik interpretasi sifat manusia  sebanyak 6 (8,57%). Penggunaan yang mendominasi adalah teknik interpretasi deduktif dan sebab-akibat sedangkan teknik induktif dan sifat manusia persentasenya kecil.Sedangkan pola pengembangan isi penulisan tajuk rencana yaitu yang bersifat khusus sebanyak 53 buah(  76 %) dan  yang bersifat umum sebanyak 17 buah( 24%).  Sebagian besar pola pengembangan isi tajuk renacana harian Bali Post menggunakan pengembangan pola  khusus yakni mengulas atau mengomentari berita yang termuat pada saat harian itu terbit. Sebagian kecil saja mengulas atau mengomentari berbagai topik berita baik terbit saat itu maupun terbitan sebelumnya.


Kata kunci: penulisan, tajuk rencana, penalaran, interpretasi, isi.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles