PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Putu Adi Krisna Juniarta Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v14i02.22513

Abstract

      Generally, this research was aimed at improving students’ reading comprehension by applying MALL-based learning strategy through Quizizz application in literal reading class. Subjects of the research were the second semester students of G class at Undiksha Singaraja who took literal reading subject. The research used classroom action research method which was done in two cycles. The data were collected by giving reading comprehension test to measure the student’s reading comprehension; observing the teaching learning process and giving questionnaire for collecting the data of student’s perception toward the implementation of MALL-based learning strategy. The results showed that the score of students’ reading comprehensions test improved significantly at the end of each cycle. Beside that, the students have positive and good perceptions toward the implementation of MALL-based learning strategy. In short, the students’ reading comprehension in II D class could be improved by applying MALL-based learning strategy through Quizizz application.

 Keywords: MALL strategy, Quizizz application, reading comprehension


ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca mahasiswa dalam memahami isi bacaan dan respon mahasiswa terhadap penerapan strategi MALL dalam proses pemebelajaran literal reading. Untuk mengimplementasikan strategi MALL, peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Di dalam penelitian tindakan kelas ini, data dikumpulkan melalui pengamatan, tes, dan kuisioner. Pengumpulan data dengan teknik tes dilakukan untuk mengetahui tingkat  pemahaman membaca yang kemudian dianalisis secara kuantitatif untuk memperoleh skor rata-rata mahasiswa. Sementara itu, pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data berupa kondisi proses pembelajaran literal reading di dalam kelas. Sedangkan kuisioner diberikan untuk mengetahui respon atau tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan tindakan. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Berdasarkian hasil pengamatan pada masing-masing siklus disimpulkan bahwa penerapan strategi mampu meningkatkan proses pembelajaran literal reading pada mahasiswa semester II kelas D prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Hal lain dapat dilihat sebagai indikator perbaikan proses pembelajaran literal reading yaitu terjadi peningkatan pada keberanian mahasiswa untuk mengungkapkan gagasan mengenai teks bacaan yang dihadapinya. Peningkatan skor pemahaman membaca mahasiswa terjadi pada setiap akhir siklus.

Kata kunci: Strategi MALL, Aplikasi Quizizz, Pemahaman Membaca


Downloads

Published

2019-12-13

Issue

Section

Articles