IMPLEMENTASI PESAN MORAL NOVEL RAPIJALI 1”MENCARI” KARYA DEE LESTARI SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA

Authors

  • Rini Nur hanifah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v17i1.37117

Keywords:

bahan ajar, pesan moral, Rapijali 1, teaching materials, moral messages

Abstract

ABSTRAK 

Pesan moral penting disampaikan untuk masyarkat sebagai edukasi dalam berperilaku baik dimasyarakat. Penelitian ini menganalisis struktur, pesan moral pada novel Rapijai 1 “Mencari” karya Dee Lestari dan diimpelementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data berupa kata, kalimat, paragraf, respons guru dan siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, simak, catat, dan angket, memvalidasi data menggunakan triangulasi teori, dan menggunakan teknik analisis hermeneutik dan hereustik. Hasil penelitian ini yaitu (a) tema novel adalah kegigihan manusia dalam mewujudkan impiannya, alur novel ini yaitu alur campuran. Latarnya diceritakan pada tahun 2017 yang terdapat di Jakarta Selatan dan Cijulang. (b) pesan moral yang terdapat dalam novel Rapijali 1 adalah kejujuran,kemandirian, keberanian moral, kerendahan hati, bertanggung jawab, dan kritis. (c) hasil analisis stuktur dan pesan moral dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra sesuai dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Bahan ajar ini telah divalidasi berdasarkan  teori dengan  hasil skor 80, praktisi 81, dan siswa 75. Bahan ajar yang telah disusun dinilai cukup baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran sastra.

ABSTRACT 

Important moral messages are conveyed to the community as education in good behaviour in the community. This study analyzes the structure, moral message in the novel Rapijali 1 “Searching” by Dee Lestari and is implemented as a literature teaching material in high school. This study used the descriptive qualitative method.  The data are in the form of words, setences, paragraphs, teacher and student responsses, data collection techniques used  are library techniques used are library, listening, note, and questionnaires techniques, validating data using theoretical triangulation, and using hermeneutic and hereustic analysis techniques. The results of this study are (a) the theme of the novel is human persistence in realizing their dreams, the plot of this novel is mixed plot. The setting is told in 2017 which is located in South Jakarta and Cijulang.  b) the moral messages in the novel Rapijali 1 are  honesty, independence, moral courage, humility,  responssibility, and criticism. c) the results of the analysis structure and moral messages can be used as literature teaching materials in accordance with KD 3.9 analyzing  the content and language of the novel. These teaching materials have been validated based on theory with a score of 80,  practitioners 81, and students 75. The teaching materials that have been prepared are considered quite good  and can be sed in learning literature.

References

Esnawati, Renita Dian. (2018). Nilai Moral dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/65990

Hidayat, Kosadi. 2001.Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Tri Mitra Mandiri.

Juwita, Ana. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sastra Berbasis Cerita Rakyat Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi untuk Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas VII SMP. Lampung: Universitas Lampung.

http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29964

Moelong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kuaitatif, cetakan ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution, Adelya Ramadani. (2019). Pesan Moral dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karangan Agnes Danovar Tinjauan Sosiologi Sastra. Medan: Universitas Sumatera Utara.

http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/12963/140701083.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Permendikbud no. 37 tahun (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016

Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf

Stanton, Robert. (2007). Teori Fiksi. Yogakarta: Pustaka Pelajar.

Sufa, Reza Fahluzi. (2018). Pesan Moral dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi dan kemungkinan sebagai Alternative Bahan Ajar Sastra di SMA/MA dengan Menggunakan Pendekatan Struktural. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suseno, Franz Magnis. (2007). Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius

Sriwahyuni, Indah, Yasnur Asri. (2020). Kritik Sosial dalam Novel Karya Djenar Maesa Ayu. Padang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia, Vol. 9 No.1 Maret; Seri B 90-96.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/108268

Ummah, Siti Izzatul. (2020). Pesan Moral dalam Novel Si Anak Pintar Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Nilai-Nilai Kesantunan bagi Peserta Didik. Salatiga: IAIN.

http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9250/2/skripsi%20%28siti%20izzatul%20ummah%29%20-%20Kholas.pdf

Wahidah, Karima Nur. (2017). Analisis Pesan Moral dalam Novel Surga yang Tak dirindukan Karya Asma Nadia. Makassar: UINALAUDDIN MAKASSAR.

http://repositori.uinalauddin.ac.id/8919/1/KARIMA%20NUR%20WAHIDA_Optimized.pdf

Wardani, Widuri Kusuma. (2013). Pesan Moral dalam Novel Menebus Impian Karya Abidah El Khalieqy: Tinjauan Sosiologi Sastra. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

http://eprints.ums.ac.id/26456/17/02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Widoyoko, Eko Putro.2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Yasir, Anggreaini, dan Dian. (2017). Pesan Moral dalam Novel “Pulang” Karya Tere Liye. JOM FISIP, Vol. 4 No.2

Downloads

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles