HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM MATERI DAN SOAL PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA TERBITAN KEMENDIKBUD RI

Authors

  • Miftakhul Huda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eko Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Desy Anggraini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dinda Hapsari Prameswari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v16i02.40671

Keywords:

buku teks pelajaran, Higher Order Thinking Skills, materi, soal, tingkat berpikir, textbooks, material, questions

Abstract

ABSTRAK 

Buku teks pelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam terlaksananya pembelajaran. Tingkat soal dan materi mempengaruhi peserta didik dalam berpikir. Tujuan penelitian ini adalah memetakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam materi dan soal yang ada di dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Indonesia siswa jenjang SMA terbitan Kemendikbud. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah materi-materi dan soal-soal yang mengandung unsur HOTS yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, dokumentasi dan dilanjutkan dengan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang kemudian dilanjutkan dengan content analysis.  Hasil kajian ini menunjukkan level HOTS yang ditemukan dalam soal dan materi buku pelajaran bahasa Indonesia SMA Kemendikbud pada level C4, C5, dan C6. Adapun materi kelas X dan XI didominasi oleh HOTS yaitu pada tingkat C4 dan kelas XII didominasi HOTS tingkat C6. Adapun soal HOTS dalam buku pelajaran bahasa Indonesia SMA adalah kelas X terdapat 42 soal HOTS, kelas XI terdapat 9 soal HOTS, dan XII terdapat 22 soal HOTS. Kelas X dan XI didominasi oleh C4 dan kelas XII didominasi oleh C6. Soal dan materi yang mengandung HOTS dapat membiasakan siswa untuk berpikir secara kritis. Berdasarkan hal tersebut buku terbitan Kemendikbud layak untuk dijadikan sebagai buku penunjang dalam pembelajaran, tetapi masih perlu ditingkatkan jumlah soal dan materi yang berorientasi HOTS.

Kata kunci: buku teks pelajaran; Higher Order Thinking Skills; materi; soal; tingkat berpikir

 

ABSTRACT

Textbooks are one of the important elements in the implementation of learning. The level of questions and materials affect students in thinking. The purpose of this study was to map Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the materials and questions contained in high school Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture. This research is a qualitative descriptive study. The source of the data in this study is the Indonesian language textbook for high school students published by the Ministry of Education and Culture. The data collected in this study are materials and questions that contain elements of Higher Order Thinking Skills contained in Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture. Data collection in this study used library techniques, listening techniques, and note-taking techniques. The data analysis technique used in this research is interactive analysis. Class X and XI are dominated by HOTS at level C4 and class XII is dominated by HOTS at C6 level. The HOTS questions in the Indonesian language textbooks for high school (SMA) level are that in class X there are 42 HOTS questions, in class XI there are 9 HOTS questions, and in XII there are 22 HOTS questions. Class X and XI are dominated by C4 and class XII is dominated by C6. Questions and materials containing HOTS can familiarize students to think critically. Based on this, the books published by the Ministry of Education and Culture deserve to be used as supporting books in learning, but still need to increase the number of questions and materials that are HOTS-oriented.

Keywords : textbooks; Higher Order Thinking Skills; material; questions


References

Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl. (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Awaliyah, Siti. (2018). Penyusunan Soal HOTS bagi Guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial. 1(1).

http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/article/download/3701/2239

A'yunina, Q., Sudarti., & Subekti (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal UN Fisika SMA pada Materi Medan Magnet Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah 3 Jember. INTAJ: Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(2), 1-25.

http://www.ejournal.alqolam.ac.id/index.php/intaj/article/view/206/201

Darryl C. Draper (2015). “Collaborative Instructional Strategies to Enhance Knowledge Convergence”. American Journal of Distance Education, 29(2), 109-125.

http://dx.doi.org/10.1080/08923647.2015.1023610

Dewi, T. K. (2013). Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 BLAHBATUH melalui Uji Tes Rumpang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(4), 1-12.

http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i4.502

Fanani, Moh. Zainal. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS pada Kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1):57-76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Guerrero-Roldán, A.-E., & Noguera, I. (2018). “A Model For Aligning Assessment with Competences and Learning Activities In Online Courses”. The Internet and Higher Education, 38, 36–46. https://doi:10.1016/j.iheduc.2018.04.005

Huda, Miftakhul, Abdul Syukur Ghazali, Wahyudi Siswanto, and Muakibatul Hasanah. (2020). Literation of Kebinekaan in Indonesian Text Books for Senior High Schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(2), 278-298. https://www.ijicc.net/images/vol12/iss2/12222_Huda_2020_E_R.pdf

Huda, M. (2018). Strategi Berpikir Integratif dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 1(2), 26–35.

https://doi.org/ttps://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Huda, M. (2020). Proses Kognitif dalam Legenda Jaka Tingkir. Salingka, 17(2), 193–206. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/salingka.v17i2.423

Huda, M., Ghazali, A. S., Siswanto, W., & Hasanah, M. (2020). Bantal Mimpi : Thinking Levels in Indonesian Children’s Fairy Tale. Psychology and Education, 57(8), 1054–1060.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55-64.

Ichsan, I., Sigit, D., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Fachrial, N., Suwandi, T., Ali, A., Titin, T., & Hermawati, F. (2020). Environmental Learning Student’s Worksheet of Air Pollution (Eswopol): Inovasi Lembar Kerja Siswa Berbasis HOTS-AEP. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01), 1-10. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.649

Iswahyuni, R. E. (2019). Proses Penyelesaian Soal Ber-Tipe HOT (Higher Order Thinking) pada Materi Diferensial Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Matematis. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 162-167.

http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/152

Karsono, K. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 250 Kata Per Menit (Kpm) Menggunakan Metode Tri-Fokus Steve Snyder pada Siswa Kelas VIII SMP YPAC Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi, 24(2): 129-142. https://103.23.224.239/JRR/article/view/1122/0

Keshta, A. S., & Seif, A. (2013). Evaluating the Higher Order Thinking Skills in Reading of English for Palestine grade eight. Gaza: Asian Journal of Education and e-Learning, 1(1), 47-69. http://hdl.handle.net/20.500.12358/20987

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Kaunia, 11(1), 27-39.

Lin, P.-C., Hou, H.-T., Wang, S.-M., & Chang, K.-E. (2013). Analyzing Knowledge Dimensions and Cognitive Process of A Project-Based Online Discussion Instructional Activity Using Facebook In An Adult And Continuing Education Course. Computers & Education, 60(1), 110-121.

https://doi:10.1016/j.compedu.2012.07.017

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of Explicit Higher-Order Thinking Skills Instruction on Students’ Learning of Linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi:10.1016/j.tsc.2017.10.004

Palar, Yolanda Nani. (2020). Peningkatan HOTS dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) di IAKN Manado. Jurnal Teologi dan Kependidikan, 6(1):1-17.

Riangsari, A., & Sufanti, M. (2017). Jenis dan Tema Teks dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA Kelas X Serta Relevansinya dengan Kompetensi Kurikulum 2013. Kajian Linguistik dan Sastra, 27(1), 15-27. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4945

Richardson, J. C., & Ice, P. (2010). Investigating Students’ Level Of Critical Thinking Across Instructional Strategies In Online Discussions. The Internet and Higher Education, 13(1-2), 52–59. https://doi:10.1016/j.iheduc.2009.10.009

Sievert, H., van den Ham, A.-K., Niedermeyer, I., & Heinze, A. (2019). Effects of Mathematics Textbooks on The Development of Primary School Children’s Adaptive Expertise in Arithmetic. Learning and Individual Differences, 74, 101716.

https://doi:10.1016/j.lindif.2019.02

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-17.

https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Sufanti, M. S., Riangsari, A., & Wulandari, F. (2016). Jenis Materi Ajar Cerita Pendek dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Jurnal Bahastra, 36(1), 67-84.

https://core.ac.uk/download/pdf/295348429.pdf

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.

Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.

Downloads

Published

2021-12-08

Issue

Section

Articles