TEXT-BASED APPROACH TO EFL TEACHING AND LEARNING IN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v7i13.431Abstract
Pendekatan berbasis teks untuk pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing menggunakan tekssebagai dasar untuk mengembangkan program pembelajaran. Pendekatan ini digunakan di Indonesia sejakditerapkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pendekatan ini dikembangkan dari Linguistik Fungsional-Halliday dan mengacu pada penyediaan informasi tentang pengembangan teks yang efektif untuk tujuan tertentudalam konteks pemakaian bahasa nyata. Dalam pendekatan berbasis teks ini, pembelajaran dilaksanakandalam dua siklus yaitu siklus lisan dan siklus tulis. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu membangunkonteks, pemodelan, mengkonstruksi teks tertuntun, dan mengkonstruksi teks mandiri. Kerangka ini bisa mengakomodasipemikiran dan inovasi baru dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.Dengan demikian sangatlah sesuai diterapkan oleh para guru yang kreatif dan inovatif untuk peningkatandan perbaikan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.
Kata-kata kunci: teks, pendekatan berbasis teks
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)