TEXT-BASED APPROACH TO EFL TEACHING AND LEARNING IN INDONESIA

Authors

  • I Nyoman Arimbawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v7i13.431

Abstract

Pendekatan berbasis teks untuk pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing menggunakan tekssebagai dasar untuk mengembangkan program pembelajaran. Pendekatan ini digunakan di Indonesia sejakditerapkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pendekatan ini dikembangkan dari Linguistik Fungsional-Halliday dan mengacu pada penyediaan informasi tentang pengembangan teks yang efektif untuk tujuan tertentudalam konteks pemakaian bahasa nyata. Dalam pendekatan berbasis teks ini, pembelajaran dilaksanakandalam dua siklus yaitu siklus lisan dan siklus tulis. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu membangunkonteks, pemodelan, mengkonstruksi teks tertuntun, dan mengkonstruksi teks mandiri. Kerangka ini bisa mengakomodasipemikiran dan inovasi baru dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.Dengan demikian sangatlah sesuai diterapkan oleh para guru yang kreatif dan inovatif untuk peningkatandan perbaikan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.

Kata-kata kunci: teks, pendekatan berbasis teks

Downloads

Published

2012-12-12