USING DICTOGLOSS IN AN EFL LISTENING CLASS: CALLING FOR SFL-BASED SCAFFOLDING IN UNDERSTANDING BREAKING NEWS TEXTS

Authors

  • I Putu Ngurah Wage Myartawan Ganesha University of Education, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v8i14.442

Abstract

Artikel ini merupakan hasil refleksi selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang menerapkandictogloss sebagai teknik pembelajaran listening interaktif dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswaterhadap teks breaking news dalam mata kuliah Listening III. Berdasarkan refleksi terhadap siklus pertama penelitiantersebut, terindikasi bahwa mahasiswa memerlukan semacam scaffolding yang dapat membuat merekasecara lebih efektif memahami informasi-informasi penting terkait teks yang didiktekan seperti jenis teks yangdidengarkan, fungsi teks, karakter utama yang diperkenalkan dalam teks, poin-poin utama yang diceritakandalam teks, dan unsur leksikogramatika yang umumnya mencirikan sebuah teks breaking news. Menelaah teksyang dikreasi kembali mahasiswa pada siklus pertama penelitian, diinterpretasikan bahwa kurangnya pemahamanterhadap faktor-faktor ini membuat mahasiswa kurang mampu memahami pesan-pesan yang palingpenting yang terdapat dalam teks breaking news yang mereka dengarkan. Maka dari itu, pengintegrasian perspektifSFL dipandang penting dalam menyediakan scaffolding bagi mahasiswa agar mampu secara lebih baikmemahami teks breaking news dalam siklus kedua penelitian. Artikel ini akan mengulas penelitian tindakankelas yang dilaksanakan serta dictogloss yang digunakan sebagai teknik pembelajaran dalam penelitian tersebutkarena mereka memberikan latar belakang bagi tulisan ini. Berikutnya adalah diskusi mengenai pengintegrasianperspektif SFL ke dalam penerapan dictogloss dalam penelitian yang dilaksanakan. Terakhir, artikelini menyajikan simpulan dan saran terkait inklusi SFL dalam implementasi dictogloss dan teknik pengajaranlistening lainnya dalam pengajararan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Kata-kata kunci: mendengarkan, dictogloss, teks breaking news, SFL

Downloads

Published

2012-12-12