USING DICTOGLOSS IN AN EFL LISTENING CLASS: CALLING FOR SFL-BASED SCAFFOLDING IN UNDERSTANDING BREAKING NEWS TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v8i14.442Abstract
Artikel ini merupakan hasil refleksi selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang menerapkandictogloss sebagai teknik pembelajaran listening interaktif dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswaterhadap teks breaking news dalam mata kuliah Listening III. Berdasarkan refleksi terhadap siklus pertama penelitiantersebut, terindikasi bahwa mahasiswa memerlukan semacam scaffolding yang dapat membuat merekasecara lebih efektif memahami informasi-informasi penting terkait teks yang didiktekan seperti jenis teks yangdidengarkan, fungsi teks, karakter utama yang diperkenalkan dalam teks, poin-poin utama yang diceritakandalam teks, dan unsur leksikogramatika yang umumnya mencirikan sebuah teks breaking news. Menelaah teksyang dikreasi kembali mahasiswa pada siklus pertama penelitian, diinterpretasikan bahwa kurangnya pemahamanterhadap faktor-faktor ini membuat mahasiswa kurang mampu memahami pesan-pesan yang palingpenting yang terdapat dalam teks breaking news yang mereka dengarkan. Maka dari itu, pengintegrasian perspektifSFL dipandang penting dalam menyediakan scaffolding bagi mahasiswa agar mampu secara lebih baikmemahami teks breaking news dalam siklus kedua penelitian. Artikel ini akan mengulas penelitian tindakankelas yang dilaksanakan serta dictogloss yang digunakan sebagai teknik pembelajaran dalam penelitian tersebutkarena mereka memberikan latar belakang bagi tulisan ini. Berikutnya adalah diskusi mengenai pengintegrasianperspektif SFL ke dalam penerapan dictogloss dalam penelitian yang dilaksanakan. Terakhir, artikelini menyajikan simpulan dan saran terkait inklusi SFL dalam implementasi dictogloss dan teknik pengajaranlistening lainnya dalam pengajararan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
Kata-kata kunci: mendengarkan, dictogloss, teks breaking news, SFL
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)