Analisis ANALISIS BENTUK-BENTUK EKSPRESI KEKERASAN VERBAL DALAM NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH

Authors

  • Nurlita Cahyani - Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atiqa Sabardila Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v17i02.48116

Keywords:

Kekerasan verbal, novel, remaja

Abstract

The study aims to describe verbal forms of violence in dhian 'an farah novel's Dikta & Hukum, and the causes of violence. The study involves a qualitative approach. The source of this research data is the novel by dhia 'an farah, which is Dikta & Hukum (2021). This research data is words, sentences, and dialogues on data sources that describe forms of verbal violence. Data collection is done with a documentary technique. The theory used in analyzing data is practically a pragmatic theory. Data analysis is qualitative by reading the novel over and over again, and then describe or explain the comprehensive forms of verbal violence it contains. Research shows that there is verbal violence in dhia 'an farah's book of Dikta & Hukum as many as 34 verbal violence grouped into six parts of verbal abuse: name-calling, blame, threatening, degradation, and regulation. According to the classifications the researchers gained 18 denunciations, 5 name-calling speeches, 4 clobings, 4 threatening speech, 2 degraded speech, and 1 set speech. The factors behind verbal violence consist of 3 factors, including those from the circumstances of the number 8 character, those having to do with the mood of the figure number 14, and what factors the figure number 12 should convey.

Keywords : Verbal abuse, novel, teenagers.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan verbal dalam novel Dikta & Hukum karya Dhian’an Farah, dan faktor penyebab kekerasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel karya Dhia’an Farah, yaitu Dikta & Hukum (2021). Data penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan dialog pada sumber data yang medeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yaitu teori pragmatik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara membaca novel secara berulang-ulang, kemudian mendeskripsikan atau menjelaskan bentuk kekerasan verbal yang terdapat dalam novel tersebut secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekerasan verbal dalam novel Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah sebanyak 34 tuturan kekerasan verbal yang dikelompokkan ke dalam 6 bagian yaitu kekerasan verbal merendahkan, name-calling, menyalahkan, mengancam, degradasi, dan mengatur. Berdasarkan pengelompokan tersebut peneliti memperoleh 18 tuturan merendahkan, 5 tuturan name-calling, 4 tuturan menyalahkan, 4 tuturan mengancam, 2 tuturan degradasi, dan 1 tuturan mengatur. Faktor yang melatarbelakangi kekerasan verbal terdiri dari 3 faktor, meliputi faktor yang berasal dari keadaan tokoh sejumlah 8, faktor yang berkaitan dengan suasana hati tokoh sejumlah 14, dan faktor apa yang hendak disampaikan oleh tokoh sejumlah 12.

Kata kunci: Kekerasan verbal, novel, remaja.

Author Biography

Atiqa Sabardila, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dosen mata kuliah ketrampilan menulis.

References

Aini, E. N., Nurhayani, I., & Hamamah, H. (2020). Tindak Tutur Joko Anwar Mengancam dan Strategi Kesantunan Tidak Langsung terhadap Livi Zheng dalam Acara Q&A: Belaga “Hollywood” di Metro TV. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 17(1), 51-64. DOI: https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.624

Alfi, I., & Halwati, U. (2019). Faktor-Faktor Blaming the Victim (Menyalahkan Korban) di Wilayah Praktik Kerja Sosial. Islamic Management and Empowerment Journal, 1(2), 217-228. DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v1i2.217-228

Arista, Auliya. (2017). Kekerasan Verbal Berbasis Gender dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3(2), 123-134. doi:10.22219/kembara. v3i2.5131.

Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2020). Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 1-12.

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v4i1.4314

Cahayanengdian, A., & Sugito, S. (2021). Perilaku Kekerasan Ibu Terhadap Anak Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3), 1180-1189. DOI: 10.31004/obsesi.v6i3.1686

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66. DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Dini, P. A. U. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2), 433-439. DOI: 10.31004/obsesi.v3i2.227

Erniwati, E., & Fitriani, W. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasan Verbal pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.1-8

Farah, Dhia’an. (2021). Dikta & Hukum. Jakarta: Asoka Aksara x Loveable.

Juniawati, D., & Zaly, N. W. (2021). Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang kesehatan, 5(2), 53-63.

https://akper-pasarrebo.e-journal.id/nurs/article/view/89/69

Lestari, S. P., Royhanaty, I., & Amah, E. S. L. (2018). Hubungan Perilaku Verbal Abuse Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Permas: jurnal ilmiah STIKES Kendal. 8(1), 63-66.

http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/197

Maghfiroh, L., & Wijayanti, F. (2021). Parenting Stress dengan Kekerasan Verbal pada Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 187-193.DOI: https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.726

Nidhom, R. (2021). Kekerasan Verbal Berupa Labeling oleh Mahasiswa di Universitas Jember: Suatu Kajian Psikolinguistik. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 5(1), 301-321. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5843

Nisa, U. R., & Pandjaitan, L. N. (2021). Hubungan antara Empati dengan Kekerasan Verbal pada Siswa/Siswi SMAN X. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 17(2), 234-241.DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v17i2.3496

Novita, D., Mardian, M., & Mulyani, S. (2019). Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Nyonya Jetset karya Alberthiene Endah. CAKRAWALA LINGUISTA. 2(1), 39-48. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i1.1297

Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. 1(2), 216-230.

DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153

Pratama, D. Y. (2016). Peranan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Degradasi Moralitas Peserta Didik (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka). Disertasi, FKIP UNPAS. https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13232

Putri, N. H., Radhiah, R., & Syahriandi, S. (2021). Bentuk Kekerasan Verbal pada Tokoh Perempuan dalam Novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin (Kajian Ketidakadilan Gender). Aliterasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. 1(2), 116-124. https://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/574

Rahman, N. I. Z. (2019). Penggunaan Kata Tabu di Media Sosial: Kajian Linguistik Forensik. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik. 20(2), 120-128. DOI: https://doi.org/10.19184/semiotika.v20i2.13823

Rahmawati, C. F., & Agustina, A. (2020). Kekerasan Verbal dalam Video Monolog Akun Instagram@ Ismaillishtkroo. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 198-208. DOI: https://doi.org/10.24036/81088760

Ramadhani, F. F., Munaris, M., & Widodo, M. (2015). Kekerasan Verbal pada Novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha dan Kelayakannya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 3(5).

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9968

F, U., Aziz, F. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengaruh Novel Dilan terhadap Karakter Siswa Dilihat dari Tokoh Dilan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(3), 257-266.

DOI: https://dx.doi.org/10.22460/p.v1i3p%25p.448

Revita, I., Trioclarise, R., & Anggreiny, N. (2017). Psychopragmatic Analysis of Speech Act of The Perpetrators of The Violence Toward Minangkabau Women Analisis Psikopragmatik Tindak Tutur.

DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2019.v5i1.3250

Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127-135. DOI: https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Sari, I. A. R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Film Kartun KIKO (verbal violence IN the KIKO cartoon film). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. 10(2), 99-116. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/viewFile/9370/6582

Utoro, D. Y. S., Susetyo, S., & Ariesta, R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Media Sosial Facebook. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing. 3(2), 150-166.

DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1013

Vanaja, Y., & Geetha, D. (2017). A Study on Locus of Control and Self Confidence of High School Students. International Journal of Research-Granthaalayah. 5(7), 598-602. https://doi.org/10.5281/zenodo.841186

Wilyah, W., Akhir, M., & Ruslan, H. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10(2), 82-87.

https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/64

Zikrillah, A., Padiatra, A. M., Gunawan, I., Setiawan, B., & Muttaqin, M. Z. (2021). Perspektif Komunikaksi Islam terhadap Perilaku Kekerasan Verbal dalam Permainan Daring (Studi Kasus Game Mobile Legends: Bang Bang). Jurnal Dakwah dan Komunikasi. 6(1), 95-116. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2960

Zuhrudin, A. (2017). Reformulasi Bahasa Santun sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal terhadap Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender. 12(2), 265-276. DOI: 10.21580/sa.v12i2.1706

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles