Analisis ANALISIS BENTUK-BENTUK EKSPRESI KEKERASAN VERBAL DALAM NOVEL DIKTA & HUKUM KARYA DHIA’AN FARAH
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v17i02.48116Keywords:
Kekerasan verbal, novel, remajaAbstract
The study aims to describe verbal forms of violence in dhian 'an farah novel's Dikta & Hukum, and the causes of violence. The study involves a qualitative approach. The source of this research data is the novel by dhia 'an farah, which is Dikta & Hukum (2021). This research data is words, sentences, and dialogues on data sources that describe forms of verbal violence. Data collection is done with a documentary technique. The theory used in analyzing data is practically a pragmatic theory. Data analysis is qualitative by reading the novel over and over again, and then describe or explain the comprehensive forms of verbal violence it contains. Research shows that there is verbal violence in dhia 'an farah's book of Dikta & Hukum as many as 34 verbal violence grouped into six parts of verbal abuse: name-calling, blame, threatening, degradation, and regulation. According to the classifications the researchers gained 18 denunciations, 5 name-calling speeches, 4 clobings, 4 threatening speech, 2 degraded speech, and 1 set speech. The factors behind verbal violence consist of 3 factors, including those from the circumstances of the number 8 character, those having to do with the mood of the figure number 14, and what factors the figure number 12 should convey.
Keywords : Verbal abuse, novel, teenagers.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan verbal dalam novel Dikta & Hukum karya Dhian’an Farah, dan faktor penyebab kekerasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel karya Dhia’an Farah, yaitu Dikta & Hukum (2021). Data penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan dialog pada sumber data yang medeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan verbal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yaitu teori pragmatik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara membaca novel secara berulang-ulang, kemudian mendeskripsikan atau menjelaskan bentuk kekerasan verbal yang terdapat dalam novel tersebut secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekerasan verbal dalam novel Dikta & Hukum karya Dhia’an Farah sebanyak 34 tuturan kekerasan verbal yang dikelompokkan ke dalam 6 bagian yaitu kekerasan verbal merendahkan, name-calling, menyalahkan, mengancam, degradasi, dan mengatur. Berdasarkan pengelompokan tersebut peneliti memperoleh 18 tuturan merendahkan, 5 tuturan name-calling, 4 tuturan menyalahkan, 4 tuturan mengancam, 2 tuturan degradasi, dan 1 tuturan mengatur. Faktor yang melatarbelakangi kekerasan verbal terdiri dari 3 faktor, meliputi faktor yang berasal dari keadaan tokoh sejumlah 8, faktor yang berkaitan dengan suasana hati tokoh sejumlah 14, dan faktor apa yang hendak disampaikan oleh tokoh sejumlah 12.
Kata kunci: Kekerasan verbal, novel, remaja.
References
Aini, E. N., Nurhayani, I., & Hamamah, H. (2020). Tindak Tutur Joko Anwar Mengancam dan Strategi Kesantunan Tidak Langsung terhadap Livi Zheng dalam Acara Q&A: Belaga “Hollywood” di Metro TV. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 17(1), 51-64. DOI: https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.624
Alfi, I., & Halwati, U. (2019). Faktor-Faktor Blaming the Victim (Menyalahkan Korban) di Wilayah Praktik Kerja Sosial. Islamic Management and Empowerment Journal, 1(2), 217-228. DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v1i2.217-228
Arista, Auliya. (2017). Kekerasan Verbal Berbasis Gender dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 3(2), 123-134. doi:10.22219/kembara. v3i2.5131.
Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2020). Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 1-12.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v4i1.4314
Cahayanengdian, A., & Sugito, S. (2021). Perilaku Kekerasan Ibu Terhadap Anak Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3), 1180-1189. DOI: 10.31004/obsesi.v6i3.1686
Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66. DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Dini, P. A. U. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2), 433-439. DOI: 10.31004/obsesi.v3i2.227
Erniwati, E., & Fitriani, W. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Orang Tua Melakukan Kekerasan Verbal pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24853/yby.4.1.1-8
Farah, Dhia’an. (2021). Dikta & Hukum. Jakarta: Asoka Aksara x Loveable.
Juniawati, D., & Zaly, N. W. (2021). Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang kesehatan, 5(2), 53-63.
https://akper-pasarrebo.e-journal.id/nurs/article/view/89/69
Lestari, S. P., Royhanaty, I., & Amah, E. S. L. (2018). Hubungan Perilaku Verbal Abuse Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Permas: jurnal ilmiah STIKES Kendal. 8(1), 63-66.
http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/197
Maghfiroh, L., & Wijayanti, F. (2021). Parenting Stress dengan Kekerasan Verbal pada Anak Usia Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 187-193.DOI: https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.726
Nidhom, R. (2021). Kekerasan Verbal Berupa Labeling oleh Mahasiswa di Universitas Jember: Suatu Kajian Psikolinguistik. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 5(1), 301-321. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5843
Nisa, U. R., & Pandjaitan, L. N. (2021). Hubungan antara Empati dengan Kekerasan Verbal pada Siswa/Siswi SMAN X. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 17(2), 234-241.DOI: https://doi.org/10.32528/ins.v17i2.3496
Novita, D., Mardian, M., & Mulyani, S. (2019). Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel Nyonya Jetset karya Alberthiene Endah. CAKRAWALA LINGUISTA. 2(1), 39-48. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i1.1297
Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing. 1(2), 216-230.
DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153
Pratama, D. Y. (2016). Peranan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Degradasi Moralitas Peserta Didik (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka). Disertasi, FKIP UNPAS. https://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13232
Putri, N. H., Radhiah, R., & Syahriandi, S. (2021). Bentuk Kekerasan Verbal pada Tokoh Perempuan dalam Novel Kasidah-Kasidah Cinta karya Muhammad Muhyiddin (Kajian Ketidakadilan Gender). Aliterasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. 1(2), 116-124. https://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/574
Rahman, N. I. Z. (2019). Penggunaan Kata Tabu di Media Sosial: Kajian Linguistik Forensik. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik. 20(2), 120-128. DOI: https://doi.org/10.19184/semiotika.v20i2.13823
Rahmawati, C. F., & Agustina, A. (2020). Kekerasan Verbal dalam Video Monolog Akun Instagram@ Ismaillishtkroo. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(3), 198-208. DOI: https://doi.org/10.24036/81088760
Ramadhani, F. F., Munaris, M., & Widodo, M. (2015). Kekerasan Verbal pada Novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha dan Kelayakannya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 3(5).
https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9968
F, U., Aziz, F. S., & Firmansyah, D. (2018). Pengaruh Novel Dilan terhadap Karakter Siswa Dilihat dari Tokoh Dilan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(3), 257-266.
DOI: https://dx.doi.org/10.22460/p.v1i3p%25p.448
Revita, I., Trioclarise, R., & Anggreiny, N. (2017). Psychopragmatic Analysis of Speech Act of The Perpetrators of The Violence Toward Minangkabau Women Analisis Psikopragmatik Tindak Tutur.
DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2019.v5i1.3250
Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127-135. DOI: https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Sari, I. A. R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Film Kartun KIKO (verbal violence IN the KIKO cartoon film). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. 10(2), 99-116. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/viewFile/9370/6582
Utoro, D. Y. S., Susetyo, S., & Ariesta, R. (2020). Kekerasan Verbal dalam Media Sosial Facebook. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing. 3(2), 150-166.
DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1013
Vanaja, Y., & Geetha, D. (2017). A Study on Locus of Control and Self Confidence of High School Students. International Journal of Research-Granthaalayah. 5(7), 598-602. https://doi.org/10.5281/zenodo.841186
Wilyah, W., Akhir, M., & Ruslan, H. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad (Psikologi Sastra). Jurnal Konsepsi, 10(2), 82-87.
https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/64
Zikrillah, A., Padiatra, A. M., Gunawan, I., Setiawan, B., & Muttaqin, M. Z. (2021). Perspektif Komunikaksi Islam terhadap Perilaku Kekerasan Verbal dalam Permainan Daring (Studi Kasus Game Mobile Legends: Bang Bang). Jurnal Dakwah dan Komunikasi. 6(1), 95-116. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2960
Zuhrudin, A. (2017). Reformulasi Bahasa Santun sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal terhadap Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender. 12(2), 265-276. DOI: 10.21580/sa.v12i2.1706
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurlita Cahyani -, Atiqa Sabardila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)