ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN LURING DAN DARING EMPAT KETERAMPILAN BERBAHASA MANDARIN PADA UNIVERSITAS SWASTA DI JAWA BARAT

Authors

  • Patrick Evan Hansen Universitas Kristen Maranatha
  • Septerianie Sutandi Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v17i02.48405

Keywords:

Bahasa Mandarin, empat keterampilan berbahasa, pembelajaran daring, pembelajaran luring

Abstract

The Covid-19 pandemic that has hit the world has affected the world of education diverting offline learning activities into online learning activities. The diversion to online learning over the last two years certainly needs to be evaluated. This research compares and analyzes both offline and online learning in four aspects of Chinese language conducted at a private university in West Java. The purpose of this research is to analyze the effectiveness of offline and online learning in four aspects of Chinese language (listening, speaking, reading, writing) organized by the university. This research uses quantitative comparative method to analyze the data obtained through observation and questionnaires. According to the comparative analysis that has been done, in general terms, students feel that online learning is easier than offline learning. If we observe at each of the aspects, the majority students’ mastery of listening and speaking skills has decreased during online learning. Listening and speaking aspects are maximized when applied in offline learning. However, the majority of students’ mastery of reading and writing skills has increased during online learning. Reading and writing skills can continue to be as effective as offline learning even when applied in online learning.

Keywords : Chinese language, four aspects of language, online learning, offline learning.

 

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mengakibatkan dunia pendidikan melakukan pengalihan kegiatan pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring. Pengalihan menjadi pembelajaran daring selama sekitar dua tahun terakhir ini tentunya perlu dievaluasi. Penelitian ini membandingkan dan menganalisis pembelajaran luring dan daring pada perkuliahan empat keterampilan berbahasa Mandarin yang dijalankan di sebuah universitas swasta di Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas pembelajaran luring dan daring dalam pembelajaran keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis bahasa Mandarin yang diselenggarakan oleh universitas tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode komparatif kuantitatif untuk menganalisis data yang didapatkan melalui observasi dan penyebaran angket. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori prinsip pembelajaran masing-masing keterampilan bahasa Mandarin. Berdasarkan analisis perbandingan yang telah dilakukan, jika ditinjau pada masing-masing keterampilan bahasa, penguasaan mayoritas pemelajar akan keterampilan menyimak dan berbicara mengalami penurunan saat pembelajaran daring karena kekurangan lingkungan bahasa atau lawan bicara untuk latihan berkomunikasi lisan. Pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara lebih maksimal saat diterapkan secara luring. Namun, penguasaan mayoritas pemelajar akan keterampilan membaca dan menulis mengalami peningkatan saat pembelajaran daring. Keterampilan membaca dan menulis dapat dilatih di mana pun dan kapan pun, sehingga pembelajaran daring keterampilan membaca dan menulis dapat tetap berjalan efektif seperti saat pembelajaran luring.

Kata kunci: Bahasa Mandarin, empat keterampilan berbahasa, pembelajaran daring, pembelajaran luring.

References

Agung, T. D. (2015). Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi. Libri-Net, 4(1).

Hastuti, K. P. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Geografi Melalui Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2642

Hotmaria, H. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview. Journal of Education Action Research, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558

Kirin, A., Husen Isma’il, F., Masruri, M., Marpuah, S., & Mohammad, C. A. (2021). Pengajaran dan Pembelajaran Metode Face to Face dan Pjj Online : Perbandingan dan Impak terhadap Students UTHM Johor Malaysia Semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 206–217

Lestari, N. D. (2020). Problematika Keterampilan Berbicara Bagi Pebelajar Multibahasa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.873

Maknunah, L. U. (2020). Analisis perbandingan keputusan pembelian sepeda motor yamaha secara tunai dan kredit. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 13(2), 135–142

Putri, N. P. (2020). KETERAMPILAN MEMBACA : TEORI FERDINAND DE SAUSSURE Oleh : Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran Bahasa Indonesia), Vol 3 No 1(Vol 3 No 1 (2020): Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia)), 1–13

Rojaki. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 2, 59–72

Rosdia, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 250–267

Salmaa. (2021). Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis dan Langkah Melakukannya.

Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Sederhana Melalui Metode Latihan Siswa Kelas I SD Negeri 04 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Sulaiman. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Task Based Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 78–91

Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088

Wikarti, A. R., & Zelia, V. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 23–41. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.116

Zhou. (2010). Introduction to Teaching Chinese as a Foreign Language 对外汉语教学导论. The Commercial Press.

Zulfiani, R. (2021). Hubungan Kondisi Lingkungan Dengan Tingkat Konsentrasi Siswa Kelas III MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. EDUCATOR (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), 1–20.

Downloads

Published

2022-12-02

Issue

Section

Articles