ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI PADA PENAMAAN BRAND MAKANAN DI KOTA MALANG

Authors

  • Baedt Giri Mukhoddam Billah Giri Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Muntaqim Al Anshory Al Anshory Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Agwin Degaf Degaf Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v18i01.56840

Keywords:

Budaya, identitas, makna konotatif, makna denotatif, brand

Abstract

The purpose of this research is to map the naming of food brands that have both denotative and connotative meanings for food merchants in Malang City. This study employed a qualitative descriptive method with a semantic approach to examine terms in food brands. The object of this study is the  naming of food brands in Malang City, East Java, Indonesia. Observation and interviews were used as data gathering methods. The data collected for each term in Malang City's food brands were analyzed for denotation and connotation meaning aspects. The results of the study show that food brands in Malang City use terms with denotative and connotative meanings. The brand's connotative meaning differs greatly from its denotative meaning. According to the findings of this study, the names of their food brands are chosen using four approaches: 1) adapting the concept of a currently viral food brand, 2) being representative, 3) adapting buyer remarks, and 4) thinking about names as sales progress.

Keywords : Culture, identity, connotative meaning, denotative meaning, brand.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penamaan brand makanan yang mengandung makna denotasi dan konotasi pada pedagang makanan di Kota Malang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semantik yang berfungsi menganalisis kata dalam brand makanan. Objek penelitian ini adalah penamaan brand makanan di Kota Malang, Jawa Timur Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Data yang diperoleh pada setiap kata dalam brand makanan di Kota Malang dianalisis unsur makna denotasi dan konotasi. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand makanan di Kota Malang menggunakan kata yang berimplikasi pada makna denotasi dan konotasi. Dan makna konotasi pada brand tersebut jauh berbeda dari makna denotasinya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengambilan nama pada brand makanan mereka melalui empat pendekatan yang berupa 1) adaptasi konsep brand makanan yang sedang viral, 2) representatif, 3) adaptasi komentar pembeli, dan 4) memikirkan nama seiring berjalannya penjualan.

References

Adams, C.J. (2018) Burger. Bloomsbury Publishing USA. https://shorturl.at/adwQ2

Alfreda, R.S. (2022) ‘Konteks Denotatif dan Konotatif dalam Karya Sastra "The Deed of The Bloody Tyrant"', The GIST [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.53675/gist.v4i2.388.

Angela Gunawan, P. and Sondang Kunto, Y. (2022) ‘Pengaruh Brand Image dan Nutrition Label Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo: Efek Moderasi Orientasi Makanan Sehat’, Jurnal Manajemen Pemasaran [Preprint].

BARNES, W.H.F. (1945) ‘III.—The Doctrine of Connotation and Denotation’, Mind [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1093/mind/liv.215.254.

Bertoncelo, E. (2019) ‘Social Classes and Food: Patterns of Food Consumption in Brazil Today’, Revista Brasileira de Ciencias Sociais [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1590/3410005/2019.

Czeżowski, T. (1979) ‘Connotation and Denotation’, in Semiotics in Poland 1984–1969. Available at: https://doi.org/10.1007/978-94-009-9777-6_11.

Derizis, M. and Komara, E. (2020) ‘Makna Logo Rumah Zakat (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat)’, Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.1.534.

Devi, A.A.K. and Mawadah, A.H. (2021) ‘Analisis Intertekstual Timun Mas dan Buto Ijo pada Iklan Marjan dan Cerita Rakyat Indonesia’, Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.15294/sutasoma.v9i1.42836.

Dreby, J., Tuñón-Pablos, E. and Lacy, G. (2019) ‘Social Class and Children’s Food Practices in Mexican Migrant Households’, Childhood [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1177/0907568219832640.

Effendi, A.H. (2008) ‘Selimut Api Sebagai Sarana Pemadam Kebakaran pada Bangunan Rumah, Gedung dan Kendaraan’, Jurnal Permukiman [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.31815/jp.2008.3.165-175.

Fajri, R. and Irianto, T. (2015) ‘Logo Karakter Mie Ramen’, Prosiding Hubungan Masyarakat, pp. 331–335. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.979.

Fatmawati (2022) Wawancara Puyuh Selimut. Malang.

Firmansyah, I. (2019) ‘Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota Malang’, Management and Business Review [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4723.

Garzone, G. (2017) ‘Food, Culture, Language and Translation’, Journal of Multicultural Discourses [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1080/17447143.2017.1364255.

Gazali, M. and Zuriat, Z. (2020) ‘Pemberdayaan Masyarakat Lokal dalam Pemanfaatan Alga Cokelat (Sargassum SP.) Sebagai Pewarna Alami Mie Aceh di Kota Meulaboh’, Jurnal Marine Kreatif, 3(2), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.35308/jmk.v3i2.2285.

Hartono, D. and Sugalih, A. (2019) ‘Makna Simbol Senyum pada Iklan Lay’ S di Televisi (Semiotics analyisis of Charles Sanders Pierce)’, Jurnal Perspektif Komunikasi [Preprint].

Illu, J. (2020) ‘Pengusiran Setan’:, Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.47457/phr.v3i2.82.

Islami, A.F.N., Yogha, S. and Karpin, K. (2019) ‘Halal Food pada Hidangan Nasi Goreng di Kecamatan Sukasari Bandung’, Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.17509/boga.v8i1.19228.

John, J., Asril, A. and Waspada, A.E.B. (2017) ‘Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku’, PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(1), pp. 33–43. Available at: https://doi.org/10.22303/proporsi.3.1.2017.33-43.

Kemdikbud (2021) ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia’, Kamus Besar Bahasa Indonesia [Preprint].

Liuzzo, G. et al. (2018) ‘Food Safety Objectives, Criteria, Ranking and Hierarchization’, Italian Journal of Food Safety [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.4081/ijfs.2018.7395.

Mathisen, G.H. et al. (2020) ‘A ranking Method of Chemical Substances In Foods For Prioritisation of Monitoring, Based on Health Risk and Knowledge Gaps’, Food Research International [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1016/j.foodres.2020.109499.

Matrozi-Marin, A. (2018) ‘Food and Language as Means of Communication and Markers of Social and Cultural Identity’, In Esse: English Studies in Albania [Preprint].

Mediaindonesia (2021) Dio Satya Biguna, Bos Mie Setan yang Sukses di Usia Muda, mediaindonesia.com.

Moelyaningrum, A.D. (2020) ‘Pemanfaatan Cangkang Telur Puyuh Sebagai Pengikat Logam Berat Timbal (Pb) dalam Air’, Jurnal Kesehatan [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.32763/juke.v13i2.189.

Nexcarlos (2020a) ‘Ini Mah Nasi Goreng Sampah!!!’

Nexcarlos (2020b) ‘mediaindonesia.com’. Indonesia.

Nugraheni, D.E., Destariyani, E. and Sumiati, S. (2019) ‘Metode Selimut Insulasi Panas untuk Pencegahan Penurunan Suhu Tubuh Bayi Tikus Putih’, Jurnal Kesehatan [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.26630/jk.v10i1.1089.

Parera, J.D. (2004) Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Pertiwi, I. (2020) ‘Inovasi Desain Produk dan Kemasan Melalui Kolaborasi Kreatif Brand Kosmetik dengan Produsen Makanan’, Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) [Preprint].

Pratiwi, T.S., Putri, Y.R. and Sugandi, M.S. (2015) ‘Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea’, e-Proceeding of Management, 2(3), pp. 4327–4336.

Rahman, F. (2020) ‘Tracing The Origins of Rendang and Its Development’, Journal of Ethnic Foods [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1186/s42779-020-00065-1.

RAMADANI, I.S. (2020) ‘Analisis Makna Gaya Bahasa dalam Slogan Makanan Ringan di Televisi’, Akrab Juara [Preprint].

Rastika, A. et al. (2020) ‘Analisis Makna Konotasi dalam Puisi “Ini Saya Bukan Aku” Karya Alicia Ananda’, Asas : Jurnal Sastra [Preprint].

Rianti, A. et al. (2018) ‘Ketupat as Traditional Food of Indonesian Culture’, Journal of Ethnic Foods [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jef.2018.01.001.

Satria, W., Harahap, A.E. and Adelina, T. (2021) ‘Kualitas Telur Puyuh yang Diberikan Ransum dengan Penambahan Silase Tepung Daun Ubi Kayu’, Jurnal Sain Peternakan Indonesia [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.31186/jspi.id.16.1.26-33.

Setiawan, A., Handojo, A. and Hadi, R. (2017) ‘Indonesian Culture Learning Application Based on Android’, International Journal of Electrical and Computer Engineering [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.11591/ijece.v7i1.pp526-535.

Siswono. (2014) Teori Praktik Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.

Tinarbuko, S. (2020) ‘Makna Konotasi Rebranding Logo TVRI’, Mudra Jurnal Seni Budaya [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.993.

Tudjuka, N.S. (2019) ‘Makna Denotasi Dan Konotasi Padaungkapan Tradisional Dalam Konteks Pernikahan Adat Suku Pamona’, Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(1), pp. 12–25.

Waryanti, E. et al. (2021) ‘Struktur Cerita Anak dalam Cerita Rakyat Timun Mas dan Buto Ijo dalam Saluran Youtube Riri Cerita Anak Interaktif (Kajian Sastra Anak)’, Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 4, pp. 12–29.

Whisnutama (2014) ‘NET5 - Burger Buto Ijo’. Indonesia: NETmediatama.

Downloads

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles