PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DHEK BUNG (BEDHEK TEMBUNG) BERBASIS WEBSITE DI SMP MUHAMMADIYAH III NGADIREJO

Authors

  • Rinta Febrianti Universitas Negeri Semarang
  • Nur Hanifah Insani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v18i01.60488

Keywords:

Media pembelajaran, aksara Jawa, media Dhek Bung

Abstract

The teacher's role as a facilitator is to utilize learning media which plays an essential role in facilitating students in learning. This study aims to (1) describe the necessity of Javanese language learning media in the 9th grade of Junior High School of Muhammadiyah 3 Ngadirejo, (2) to describe the web-based prototype of aksara Jawa Dhek Bung (bedhek tembung) learning media. The methods used were research and development with data collection techniques in the form of observation, questionnaires, and unstructured interviews. The questionnaires of students' and teachers' needs, as the instrument used in this study, revealed that 70,7% of students chose aksara Jawa material as the most challenging material in Javanese subject. The techniques used during data analysis are quantitative and qualitative, leading to the findings that students and teachers require innovation for learning media, such as web-based media, to create an enjoyable learning atmosphere. Therefore, Dhek Bung learning media is developed as an engaging alternative learning media for students to learn Javanese.

Keywords: Learning media, aksara Jawa, Dhek Bung media.

 

Abstrak

Peran guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas berupa media pembelajaran yang berperan penting untuk memudahkan siswa dalam belajar. Penelitian ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo kelas IX, (2) mendeskripsikan prototipe media pembelajaran aksara Jawa Dhek Bung (bedhek tembung) berbasis website. Metode yang digunakan yaitu research and development dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kebutuhan siswa dan guru yang kemudian diperoleh sebuah data bahwa 70,7% siswa memilih materi aksara Jawa sebagai materi tersulit dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan temuan fakta bahwa siswa dan guru membutuhkan inovasi media pembelajaran seperti media berbasis website agar suasana belajar lebih menyenangkan. Media pembelajaran Dhek Bung dikembangkan berdasar pada hasil analisis tersebut, sehingga dapat menjadi alternatif media pembelajaran Bahasa Jawa yang menarik minat siswa.

References

Alfiah. (2017). Meretas Kebuntuan Literasi Aksara Jawa dengan Mnemonics Device. LOKABASA, 8(1), 127–134.

Estianti, W. E., & Masjid, A. Al. (2021). Analisis Hasil Belajar Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mirit Kebumen. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1246–1251.

Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. (2019). Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ADHARUPA : Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Multimedia, 5(1), 1–23. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/1990/1468

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., & Prihatminingtyas, B. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Game untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca dan Menulis Aksara Jawa. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 17–22. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/index

Febrianti, F. U. A., Ahmadi, F., & Widihastrini, F. (2018). Pengembangan Game Mobile Media Aksara Jawa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Joyful Learning Journal, 7(3), 80–87.

Hastuti, T. (2022). Improving Javascript Reading Skills using Hanacaraka Card-assed Scrabble Game. Jurnal Pendidikan Nusantara : Kajian Ilmu Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(1), 30-41.

Insani, N. H., Hardyanto, H., & Sukoyo, J. (2021). Facilitating Reading Javanese Letters Skill with a Multimodal Javanese Digital E-Book. Atlantis Press, 640(Iccie), 244–249.

Insani, N. H., & Mulyana, M. (2019). Pengembangan Kamus Bahasa Jawa Digital Berbasis Android. Lingtera, 6(1), 17–29.

Lasmiyati. (2018). Jenis-jenis Kesalahan Penulisan Huruf Jawa Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cipari CIlacap. In Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Lestanti, S. (2018). Utilization of Web as Aksara Jawa Learning Media for Elementary School Students. JOSAR, 1(2), 154–163.

Maesyaroh, W., & Insani, N. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Materi Dialog Berbahasa Jawa. Piwulang, 9(2), 229–238. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i2.49314

Mahardika, S., & Setyaningrum, F. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbahasa Jawa Kelas V SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta. Fundadikdas : Fundamental Pendidikan Dasar, 3(3), 251–259.

Mauludin, A. A., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Ropantar (Roda Panah Berputar) untuk Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 165–175.

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Yulia, A. E., Widiyani, Nuri, S., Syam, R. S. El, & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1600

Nugroho, S. A., & Wulandari, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Interaktif Berbasis Multimedia (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran). Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 21–36.

Rachmawati, D. F., Handayanto, A., & Utami, R. E. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbantu Website dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Imajiner :Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 258–265.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksha, 12(2), 317–327.

Setiawan, A., & Putra, L. V. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Website terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas V. Jurnal Persada, IV(2), 134–140.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, A. R., & Hasyim, M. (2018). Semiotika Bahasa Warna : Konsep Warna dalam Budaya Jawa.

Ulya, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Sandhangan Aksara Jawa melalui Model Flipped Classroom Berbantu Media Powerpoint Interaktif Kelas IV SD. Kalam Cendekia, 9(1), 154–158.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, V(2).

Wulandari, Y. D., Poerwanti, E., & Isbadrianingtyas, N. (2018). Pengembangan Media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) Mata Pelajaran Bahasa Jawa pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 75–87.

Yuntari, W. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Aksara Jawa untuk Siswa Kelas IV di SD Negeri Berbah 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(23), 2198–2207.

Downloads

Published

2023-06-12

Issue

Section

Articles