PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI PEMELAJAR BIPA TINGKAT B1 (CEFR) DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA MELALUI METODE BERMAIN PERAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.62397Keywords:
Bermain peran, BIPA, cerita rakyatAbstract
This study aims to describe the development of speaking skills for BIPA (Indonesian Language for Foreign Speakers) level B1 (CEFR) students through the role-play method. The method used in this research is descriptive-qualitative. The subjects in this study were BIPA teachers and students, especially B1 level (CEFR), at Atma Jaya University, Yogyakarta. The data analysis technique used in this study is descriptive analytic, which describes the data collected in the form of words and pictures from the results of interviews, observations, and documentation. The results of the study show that the process of implementing BIPA level B1 (CEFR) learning by applying the role-playing method focused on speaking skills can provide real experience for BIPA students to practice directly pronouncing difficult vocabulary and long sentences in learning to speak. Creative teachers are needed to be able to process oral culture into texts to present cultural understanding in the aspect of speaking. BIPA teachers must be able to apply their artistic skills to applying cultural values as a strategy in the language acquisition process.
Keywords: role-playing, BIPA, folklore
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengembangan keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) tingkat B1 (CEFR) melalui metode bermain peran (role play). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengajar dan pemelajar BIPA, khususnya tingkat B1 (CEFR), di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran BIPA tingkat B1 (CEFR) dengan penerapan metode bermain peran yang difokuskan pada keterampilan berbicara dapat memberikan pengalaman nyata bagi pemelajar BIPA untuk mempraktekkan secara langsung pelafalan kosakata sulit dan kalimat panjang dalam pembelajaran berbicara. Dibutuhkan pengajar yang kreatif agar dapat mengolah budaya lisan menjadi naskah untuk menghadirkan pemahaman budaya dalam aspek berbicara. Pengajar BIPA harus mampu mengaplikasikan kemampuan berkeseniannya dalam mengaplikasikan nilai budaya sebagai strategi dalam proses pemerolehan bahasa.
References
Anggraini, W., & Darma Putri, A. (2019). Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. In JECED (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466
Gustyawan, T. (2019). Bermain Peran (Role Play) dalam Pemelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA Tingkat Pemula. Deskovi : Art and Design Journal, 2(2), 65–68. https://ejournal.umaha.ac.id/index.php/deskovi/article/ view/515/407
Istanti, W. (2017). Strategi Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara dengan Metode Bermain Peran menjadi Presenter TV bagi Mahasiswa Level C1. PIBSI, XXXIX, 642–651. http://eprints.undip.ac.id/58802/1/WATI_ISTANTI).pdf
Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 519–526. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ jisd.v3i4.22308
Moeleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustika, N., & Lestari, R. (2020). Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa STIKes Perintis Padang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 202–209. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v2i2.125
Nirmayani, L. H. (2020). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. https://doi.org/https://doi.org/ 10.55115/edukasi.v1i2.925
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620. https://doi.org/https://doi.org/ 10.23819/pi.v1i1.2992
Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa dalam Pelajaran Bahasa. EDUKASIA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 385–400. https://doi.org/ http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781
Pradana, A. A., & Sholihah, A. U. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Bermain Peran pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas IV MI Thoriqotul Falah Talangkembar Tahun Pelajaran 2017/2018. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/ jp.v1i1.44
Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terdahap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 2477–2143. https://doi.org/ https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139
Purnaningsih, P., Sukmawati, N., & Isnaeni, R. (2022). Penerapan Role Play dalam Basic English Conversation untuk Anak-Anak Griya Yatim Dhuafa Permata Pamulang. JCRS (Journal of Community Research and Service), 6(2). https:// jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jcrs/index
Puspitasari, W. D. (2015). Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 68–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/ jcp.v1i1.347
Rahayu, S., & Subagiharti, H. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Cerita Rakyat. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 128–135.
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Simanjuntak, M. M. (2021). Analisis Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat “ Mado-Mado Nias .” KODE: Jurnal Bahasa, 10, 136–149.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, W. (2018). Permasalahan Pemerolehan Bahasa pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP-MB Ditinjau dari Aspek Neurolinguistik. Jurnal Muara Pendidikan, 3(2), 183–190. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/ article/view/37/52
Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1/pdf_1
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/ jsgp.3.1.2020.173
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Woro Wiratsih, Tofan Gustyawan, Lusi Handayani, Ikhsan Satria Irianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)