ANALISIS STRUKTUR DAN GAYA BAHASA NOVEL “PENGANTÉN” KARYA DEDEN ABDUL AZIZ
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.62521Keywords:
Bahasa, novel, gaya bahasa, strukturAbstract
The “Pengantén” novel by Deden Abdul Aziz is a novel whose story content is about the reality of teenage life. The purpose of this study is to describe the structure and style of language in the novel “Pengantén” by Deden Abdul Aziz. This research method uses descriptive qualitative. The data source used in this research is data that comes from a paper, namely the novel Pangantén by Deden Abdul Aziz in the 1st printing of 2000, published by Kiblat Pustaka Utama. The data collection technique uses a literature study with data card instruments. Structural analysis in the novel Pangantén Deden Abdul Aziz uses Nurgiyantoro's analysis. The results of this research are: 1) the theme of this novel is the family theme, the plot is advanced, the point of view is first person, there are 5 settings, the characters consist of 5 people, and the mandate is teaching them to protect themselves from the surrounding environment; 2) There are 30 figurative languages, namely 16 hyperboles, 5 metaphors, 1 personification, 4 allegories, 3 synecdoches, and 1 metronomic.
Keywords : Language, novel, style, structure.
Abstrak
Novel “Pengantén” karya Deden Abdul Aziz merupakan novel yang isi ceritanya sesuai dengan realitas kehidupan remaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur dan gaya bahasa yang ada pada novel “Pengantén” karya Deden Abdul Aziz. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari kertas/dokumen (paper) yaitu novel Pangantén karya Deden Abdul Aziz cetakan ke-1 tahun 2000, diterbitkan oleh Kiblat Pustaka Utama. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dengan instrumen kartu data. Analisis struktur dalam novel Pangantén Deden Abdul Aziz menggunakan analisis Nurgiyantoro. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) tema novel ini adalah tema keluarga, alur ceritanya maju, sudut pandang orang pertama, terdapat 5 latar tempat, tokohnya terdiri dari 5 orang, dan amanatnya mengajarkan agar menjaga diri dari lingkungan sekitar; 2) Gaya bahasa ada 30 yakni 16 hiperbola, 5 metafora, 1 personifikasi, 4 alegori, 3 sinekdok, dan 1 metonomia.
References
Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan dalam Nove Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dam Budaya, 2(2), 1–6.
Harziko, R. I. (2019). Nilai-Nilai Moral dalam Tokoh Utama pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito dan Rie Yanti. Telaga Bahasa, 7(2), 195–206.
Inayati, G., & Ropiah, O. (2021). Nilai Didaktis dalam Novel Carita Nyi Halimah Karya Samsoedi. Jaladri, 7(2), 74–80. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/
Iskandar, R. A. (2022). Kajian Nilai Perjuangan dalam Novel Mahbub Djunaidi dengan Menggunakan Metode Deskriptif Analisis dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Novel Sejarah. Al-Afkar (Jurnal For Islamic Studies), 5(2), 161–179. https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue
Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita dalam Cerpen Mendiang Karya S.N. Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87–94.
Murdiana, Hudiyono, Y., & Hanum, I. (2020). Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Lelucon Para Koruptor Karya Agus Noor: Suatu Kajian Stilistika. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 223–237.
Mutmainna, Mursalim, & Sari, N. A. (2021). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Posesif Karya Lucia Priandarini: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Buaya, 5(2), 262–272.
Nurhasyanah, I., & Ropiah, O. (2018). Analisis Struktur dan Nilai Moral dalam Novel Kembang Asih di Pasantren Karya Edyna Latief. JALADRI, 4(1), 1–10. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/
Payuyasa, I. N. (2019). Gaya Bahasa Personifikasi Dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata. Prabangkara Jurnal Seni Rupa Dan Desain. 23(2), 73–79.
Prawira, S. D. (2018). Karakter Tokoh Utama pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah Fonema : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia. 1(1), 1–15. https://doi.org/10.25139/fn.v1i1.1092
Purnamasari, F. D. E. N. (2022). Penggunaan Gaya Bahasa Erotesis dan Simile dalam Album"Rúguǒ yǔ zhīhòu" 如果雨之後 Penggunaan Gaya Bahasa Erotesis Dan Simile Dalam Album “Rúguǒ yǔ zhīhòu” 如果雨之後 Karya Eric Chou《周兴哲》. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 4(2), 1–15.
Rondiyah, A. A., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2017). Pembelajaran Sastra Melalui Bahasa dan Budaya untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 141–147.
Saina, E., Syamsiyah, & Riko. (2020). Analisis Struktur dalam Novel “Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi” Karya Boy Candra. Metalingua, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 7–14.
Soli, & Sukirno. (2020). Aspek Stilistika dalam Antologi Cerpen Mastera dari Pemburu ke Terapeutik Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional dan Pembelajarannya di SMP. Metafora, 7(1), 55–70.
Sumiharti, & Yuniarti, E. (2021). Nilai Tauhid pada Tokoh Ayyas dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 119–130. http://Aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara
Turistiani, T. D. (2017). Struktur dan Bentuk Konflik yang Membangun Novel Saman Karya Ayu Utami. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 148–165. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi
Zulkifli, M. (2014). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 87–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Opah Ropiah, Nurani Arizya Sanusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)