PENGGUNAAN METODE KREATIV-IMITATIVES SCHREIBEN (KIS) UNTUK MENULIS DONGENG DALAM BAHASA JERMAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.65812Keywords:
Metode Kreativ-imitatives Schreiben, menulis kreatif, Märchen, dongengAbstract
Focus of this study is to describe the results of the application of the method carried out by DSJ-FS-UM students while writing Märchen. This research is a descriptive research using a qualitative approach. Data sources in this study are five students of the german language students DSJ-FS-UM 2020 along with their essays. There are two data, namely words, phrases, or sentences in the student's essay that have difference with model text and student’s responses. Datas were collected by researchers who acted as human Instrument with supporting instruments, namely assignment sheets and questionnaire sheets. The results show that the students are able to tell the introduction of the character and the result of the problem by using the KIS method. The students can tell these two parts in their own way, although there are similarities with the model text so that creative and imitative are reflected in students’s essays. However, outside of these two parts, the use of KIS method could not be found in the students' essays, because the students only use their creativity without the use of imitative aspect.
Keywords : Kreativ-Imitatives Schreiben method, creative writing, Märchen, folktale.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode Kreativ-Imitatives Schreiben (KIS) yang dilakukan oleh mahasiswa DSJ-FS-UM ketika menulis karangan berupa Märchen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman DSJ-FS-UM angkatan 2020 beserta teks karangannya. Dalam penelitian ini terdapat dua data, yaitu kata, frasa, atau kalimat dalam teks karangan mahasiswa yang memiliki perbedaan dengan teks model dan data pendukung berupa respons mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan oleh peneliti yang bertindak sebagai human instrument dengan bantuan instrumen penelitian, yaitu tes tulis dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menceritakan bagian pengenalan tokoh dan akibat dari munculnya masalah dengan menggunakan metode KIS. Para mahasiswa dapat menceritakan kedua bagian tersebut dengan cara mereka sendiri, meskipun di dalamnya terdapat kesamaan dengan teks model sehingga unsur kreatif dan imitatif tercermin dalam teksnya. Namun, di luar dua bagian tersebut tidak ditemukan penggunaan metode KIS dalam teks karangan mahasiswa, karena para mahasiswa hanya menggunakan kreativitasnya saja tanpa adanya penggunaan unsur peniruan.
References
Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula.
Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27 (10).
Alamsyah, A. Munaris, M., & Samhati, S. (2017). Tahapan Alur dalam Novel Ayahku bukan Pembohong Karya Tere Liye dan Implikasinya. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/571923
Alzoubi, A. (2016). The effect of creative thinking education in enhancing creative self-efficacy and cognitive motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1). https://ideas.repec.org/a/ibn/jedpjl/v6y2016i1p117.html
Amidong, H. H. (2018). Penokohan dalam Karya Fiksi. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/qf4ed
Ardiana, D. P. Y. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Bartoňová. (2014). Kreatives Schreiben. 7-10. Brünn: Masaryk University. https://is.muni.cz/th/rz2lc/?lang=en
Demiryay, N. (2012). Kreativ-imitatives Schreiben im DaF-Unterricht. GFL (German as a Foreign Language) 2, 143-156. http://www.gfl-journal.de/2-2012/Demiryay.pdf
Devi, N. N. J. K., & Dharmawan, N. K. S. (2014). Perlindungan Hukum terhadap Video Kreatif yang Diunggah pada Aplikasi TikTok Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 9(4), 715-724. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1986255
Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6755
Heru, F. (2023). Analysis Of Character and Characterization in Ernest Miller Hemingway Novel “The Old Man and The Sea”. JOEEL: Journal of English Education and Literature, 4(1), 41-54. http://ojs3.stkippamanetalino.ac.id/index.php/bahasa-inggris/article/view/277
Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59-69. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975
Hochstadt, C. (2014). Förderung der Musterverfügbarkeit im Sprachunterricht am Beispiel des Präteritums–ein rezeptionsorientierter Zugang über das Nacherzählen. Welche Grammatik braucht der Grammatikunterricht, 23-45.
Karim, A. E., & Ahmed, A. E. R. D. (2014). Einsatz der Mindmap und des kooperativen Schreibens im Vergleich zur Entwicklung der Schreibkompetenz bei den Lernenden der Deutschabteilung an der Pädagogischen Fakultät, 40-66. Helwan: Helwan Universität. https://doi.org/10.21608/mjat.2014.103740
Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329
Khomsilawati, S. (2018). Penguatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sastra Melalui Adaptasi Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1), 370-375. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/1735
Kusnawati, T. (2021). Penggunaan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 93. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.713
Mariani, L., Yakob, M., & Hidayat, M. T. (2020). Analisis Konflik dalam Novel Kura-Kura Berjanggut Karya Azhari Aiyub, 4, 1-10. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/3328
Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1-35. Jakarta: Universitas Terbuka.
Normuliati, S. (2022). Sosialisasi Motivasi Menulis Karya Fiksi Melalui Strategi Tiga Kata kepada Mahasiswa di Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1385. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6130
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, H. S. P. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 627–635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.761
Oktami, N. (2016). Alur dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Rancangan Pembelajaran di SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/24130/
Proboningrum, L. A. (2015). Pola Alur Cerita Binatang dalam Buku "Tiergeschichten und Märchen. Identitaet, 4(2), 1-16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/12271
Purwati, D., & Suhirman, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 166. https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.33
Rahmawati, R. D., & Shofiyani, A. (2020). Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Education and Development, 8(03), 298-303. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1902
Rosyidah. (2016). Metode Imitatif Kreatif dalam Latihan Menulis Prosa di Kelas Bahasa Asing. Universitas Negeri Malang.
Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99-106. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Sabila, G., Fathurohman, I., & Ristiyani. (2022). Konflik Sosial dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Kajian Strukturalisme. Geram. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).7458
Savitri, A., Fitriana, Z. M., & Ravizki, E. N. (2023). Pendampingan Penulisan Kreatif Bertema Bela Negara melalui Aplikasi Storial.co sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Taman Baca Masyarakat (TBM) RW 2 Pradah Kali Kendal Surabaya. Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara. 7(2), 540–550. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.19572
Scherf, D. (2016). Zur Bedeutung des Wissens, wie man Literarisches versteht und über Verstandenes verhandelt. Wissen und literarisches Lernen, 95.
Schulte-Steinicke, Barbara. (1997). Autogenes Training und Kreatives Schreiben. Berlin: Schibri-Verlag.
Smith, H. (2020). The writing experiment: Strategies for innovative creative writing. New York: Routledge.
Stemmer-Rathenberg. (2009). Imitatives Schreiben zu Prosatexten. Ausburg: Universität Augsburg. https://opus.bibliothek.uniaugsburg.de/opus4/frontdoor/deliver/index/docId/1378/file/Dissertation_Stemmer_Rathenberg.pdf
Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Bogor: Guepedia.
Tindaon, Y. A. (2012). Pembelajaran Sastra sebagai Salah Satu Wujud Implementasi Pendidikan Berkarakter. Basastra, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.198
Tus, A. K. D. S. (2014). Perlindungan Hukum terhadap Keaslian Cerita Rakyat. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 3(3), 465-474. https://doi.org/10.24843/JMHU.2014.v03.i03.p09
Wagiran, Setyaningsih, N. H., & Lestari, A. Y. (2023). Kompleksitas Struktur Isi Cerita Pendek Karangan Peserta Didik Tahap Operasional Formal. Prosiding PIBSI KE-44 Universitas PGRI Yogyakarta, 120-130. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2023/article/download/42/43
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jimmy Reynaldi, Rosyidah Rosyidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)