PENGGUNAAN METODE KREATIV-IMITATIVES SCHREIBEN (KIS) UNTUK MENULIS DONGENG DALAM BAHASA JERMAN

Authors

  • Jimmy Reynaldi Universitas Negeri Malang
  • Rosyidah Rosyidah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.65812

Keywords:

Metode Kreativ-imitatives Schreiben, menulis kreatif, Märchen, dongeng

Abstract

Focus of this study is to describe the results of the application of the method carried out by DSJ-FS-UM students while writing Märchen. This research is a descriptive research using a qualitative approach. Data sources in this study are five students of the german language students DSJ-FS-UM 2020 along with their essays. There are two data, namely words, phrases, or sentences in the student's essay that have difference with model text and student’s responses. Datas were collected by researchers who acted as human Instrument with supporting instruments, namely assignment sheets and questionnaire sheets.  The results show that the students are able to tell the introduction of the character and the result of the problem by using the KIS method. The students can tell these two parts in their own way, although there are similarities with the model text so that creative and imitative are reflected in students’s essays. However, outside of these two parts, the use of KIS method could not be found in the students' essays, because the students only use their creativity without the use of imitative aspect.

Keywords : Kreativ-Imitatives Schreiben method, creative writing, Märchen, folktale.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode Kreativ-Imitatives Schreiben (KIS) yang dilakukan oleh mahasiswa DSJ-FS-UM ketika menulis karangan berupa Märchen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman DSJ-FS-UM angkatan 2020 beserta teks karangannya. Dalam penelitian ini terdapat dua data, yaitu kata, frasa, atau kalimat dalam teks karangan mahasiswa yang memiliki perbedaan dengan teks model dan data pendukung berupa respons mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan oleh peneliti yang bertindak sebagai human instrument dengan bantuan instrumen penelitian, yaitu tes tulis dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menceritakan bagian pengenalan tokoh dan akibat dari munculnya masalah dengan menggunakan metode KIS.  Para mahasiswa dapat menceritakan kedua bagian tersebut dengan cara mereka sendiri, meskipun di dalamnya terdapat kesamaan dengan teks model sehingga unsur kreatif dan imitatif tercermin dalam teksnya. Namun, di luar dua bagian tersebut tidak ditemukan penggunaan metode KIS dalam teks karangan mahasiswa, karena para mahasiswa hanya menggunakan kreativitasnya saja tanpa adanya penggunaan unsur peniruan.

References

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula.

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27 (10).

Alamsyah, A. Munaris, M., & Samhati, S. (2017). Tahapan Alur dalam Novel Ayahku bukan Pembohong Karya Tere Liye dan Implikasinya. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/571923

Alzoubi, A. (2016). The effect of creative thinking education in enhancing creative self-efficacy and cognitive motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1). https://ideas.repec.org/a/ibn/jedpjl/v6y2016i1p117.html

Amidong, H. H. (2018). Penokohan dalam Karya Fiksi. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/qf4ed

Ardiana, D. P. Y. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.

Bartoňová. (2014). Kreatives Schreiben. 7-10. Brünn: Masaryk University. https://is.muni.cz/th/rz2lc/?lang=en

Demiryay, N. (2012). Kreativ-imitatives Schreiben im DaF-Unterricht. GFL (German as a Foreign Language) 2, 143-156. http://www.gfl-journal.de/2-2012/Demiryay.pdf

Devi, N. N. J. K., & Dharmawan, N. K. S. (2014). Perlindungan Hukum terhadap Video Kreatif yang Diunggah pada Aplikasi TikTok Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 9(4), 715-724. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1986255

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i2.6755

Heru, F. (2023). Analysis Of Character and Characterization in Ernest Miller Hemingway Novel “The Old Man and The Sea”. JOEEL: Journal of English Education and Literature, 4(1), 41-54. http://ojs3.stkippamanetalino.ac.id/index.php/bahasa-inggris/article/view/277

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59-69. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i01.975

Hochstadt, C. (2014). Förderung der Musterverfügbarkeit im Sprachunterricht am Beispiel des Präteritums–ein rezeptionsorientierter Zugang über das Nacherzählen. Welche Grammatik braucht der Grammatikunterricht, 23-45.

Karim, A. E., & Ahmed, A. E. R. D. (2014). Einsatz der Mindmap und des kooperativen Schreibens im Vergleich zur Entwicklung der Schreibkompetenz bei den Lernenden der Deutschabteilung an der Pädagogischen Fakultät, 40-66. Helwan: Helwan Universität. https://doi.org/10.21608/mjat.2014.103740

Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329

Khomsilawati, S. (2018). Penguatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sastra Melalui Adaptasi Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1), 370-375. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/1735

Kusnawati, T. (2021). Penggunaan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 93. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.713

Mariani, L., Yakob, M., & Hidayat, M. T. (2020). Analisis Konflik dalam Novel Kura-Kura Berjanggut Karya Azhari Aiyub, 4, 1-10. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/3328

Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1-35. Jakarta: Universitas Terbuka.

Normuliati, S. (2022). Sosialisasi Motivasi Menulis Karya Fiksi Melalui Strategi Tiga Kata kepada Mahasiswa di Asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1385. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6130

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Arga, H. S. P. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 627–635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.761

Oktami, N. (2016). Alur dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Rancangan Pembelajaran di SMA. Bandar Lampung: Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/24130/

Proboningrum, L. A. (2015). Pola Alur Cerita Binatang dalam Buku "Tiergeschichten und Märchen. Identitaet, 4(2), 1-16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/12271

Purwati, D., & Suhirman, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 166. https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.33

Rahmawati, R. D., & Shofiyani, A. (2020). Strategi Pembelajaran Menulis Bahasa Arab untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Education and Development, 8(03), 298-303. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1902

Rosyidah. (2016). Metode Imitatif Kreatif dalam Latihan Menulis Prosa di Kelas Bahasa Asing. Universitas Negeri Malang.

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99-106. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Sabila, G., Fathurohman, I., & Ristiyani. (2022). Konflik Sosial dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari Kajian Strukturalisme. Geram. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).7458

Savitri, A., Fitriana, Z. M., & Ravizki, E. N. (2023). Pendampingan Penulisan Kreatif Bertema Bela Negara melalui Aplikasi Storial.co sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Taman Baca Masyarakat (TBM) RW 2 Pradah Kali Kendal Surabaya. Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara. 7(2), 540–550. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.19572

Scherf, D. (2016). Zur Bedeutung des Wissens, wie man Literarisches versteht und über Verstandenes verhandelt. Wissen und literarisches Lernen, 95.

Schulte-Steinicke, Barbara. (1997). Autogenes Training und Kreatives Schreiben. Berlin: Schibri-Verlag.

Smith, H. (2020). The writing experiment: Strategies for innovative creative writing. New York: Routledge.

Stemmer-Rathenberg. (2009). Imitatives Schreiben zu Prosatexten. Ausburg: Universität Augsburg. https://opus.bibliothek.uniaugsburg.de/opus4/frontdoor/deliver/index/docId/1378/file/Dissertation_Stemmer_Rathenberg.pdf

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Tindaon, Y. A. (2012). Pembelajaran Sastra sebagai Salah Satu Wujud Implementasi Pendidikan Berkarakter. Basastra, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.198

Tus, A. K. D. S. (2014). Perlindungan Hukum terhadap Keaslian Cerita Rakyat. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 3(3), 465-474. https://doi.org/10.24843/JMHU.2014.v03.i03.p09

Wagiran, Setyaningsih, N. H., & Lestari, A. Y. (2023). Kompleksitas Struktur Isi Cerita Pendek Karangan Peserta Didik Tahap Operasional Formal. Prosiding PIBSI KE-44 Universitas PGRI Yogyakarta, 120-130. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2023/article/download/42/43

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles