AN ANALYSIS OF CONVERSATIONAL MAXIMS IN DRAMA ENTITLED SALOME BY OSCAR WILDE : A Socio-Pragmatic Study of Drama

Nurul Inayah

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menganalisis Maxim Percakapan yang terdapat di dalam drama yangberjudul Salome karya Oscar Wilde. Masalah pertama yang diangkat adalah jenis maximsyang terdapat di dalam drama. Analisis dilakukan berdasarkan Maxim Percakapan yang dicetuskanoleh Grice. Masalah kedua adalah faktor sosial yang mempengaruhi pemilihan maxim.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diambil dari drama berjudul Salome. Data yangdiperoleh berbentuk percakapan. Percakapan tersebut diidentifikasi dan dianalisis untuk mengetahuijenis maxim yang digunakan dan faktor sosial yang mempengaruhi dalam pemilihan maxim.Dari analisis ditemukan bahwa di dalam percakapan yang ada di dalam drama terdapat empat jenismaxim, yaitu; maxim kualitas, maxim kuantitas, maxim sikap dan maxim relasi/hubungan. Dalamanalisis ditemukan juga beberapa kasus dimana maxim tersebut dilanggar (flout and opt out).Faktor sosial yang mempengaruhi pemilihan maxim adalah setting dan tujuan dari percakapan.

Kata kunci: Maxim Percakapan, Faktor Sosial


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v6i11.6820

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF file view : 677 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v6i11.6820.g4668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:


Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan pengajarannya indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.