THE PROBLEMS FACED BY THE TEACHERS OF ENGLISH AT SMP I SINGARAJA IN TEACHING ENGLISH ON THE BASIS OF COMPETENCY-BASED CURRICULUM

I Wayan Suarnajaya

Abstract


Tulisan ini menyajikan secara singkat hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri I Singaraja dalam mengajarkanbahasa Inggris berdasarkan kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi; (2) Keberadaan supportsystem dalam mengatasi masalah pengajaran berbasis kompetensi; (3) Harapan pengajar untukmengoptimalkan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di sekolah yang bersangkutan.Data penelitian ini diperoleh dengan cara mewawancarai sejumlah guru bahasa Inggris SMP Negeri ISingaraja tentang pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris berbasis kompetensi. Dokumen-dokumenseperti silabus, buku kurikulum 2004, dan materi pelatihan bahasa Inggris juga merupakan sumberdata penelitian ini. Kemudian data yang sudah dikumpulkan itu dianalisa secara deskriptif kualitatif.Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara umum guru bahasa Inggris di SMP Negeri I Singarajamerasakan bahwa pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris berbasis kompetensi belum bisa dilaksanakansecara optimal. Berikut ini adalah sejumlah faktor penyebab ketidakoptimalan dari penerapanKBK, seperti: (1) Terbatasnya pengetahuan guru tentang konsep-konsep dasar yang melandasiKBK; (2) Terbatasnya jumlah buku-buku sumber, media, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya disekolah; (3) Kondisi lab bahasa yang tidak represetatif untuk penyelenggaraan aktifitas peningkatanketrampilan mendengarkan; Jumlah murid yang besardalam satu kelas dan terbatasnya waktu untukmelatih ketrampilan berbahasa; (5) Sistem administrasi dan evaluasi yang jauh lebih kompleks.Meskipun terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan KBK, pengajaran bahasa Inggris berbasiskompetensi ini perlu terus dipertahankan karena dirasakan mampu meningkatkan kemampuan siswadalam berkomunikasi. Agar pelaksanaan KBK selanjutnya bisa berjalan sesuai dengan harapan, perludiadakan pengembangan fasilitas-fasilitas yang dianggap sebagai kendala optimalisasi pelaksanaanKBK. Pelatihan KBK bagi guru bahasa Inggris dan monitoring pelaksanaan KBK secara berkelanjutanharus menjadi perhatian utama.

Kata kunci: kendala-kendala, KBK


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v6i12.6827

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF file view : 441 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v6i12.6827.g4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:


Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan pengajarannya indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.