THE PROBLEMS FACED BY THE TEACHERS OF ENGLISH AT SMP I SINGARAJA IN TEACHING ENGLISH ON THE BASIS OF COMPETENCY-BASED CURRICULUM
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v6i12.6827Abstract
Tulisan ini menyajikan secara singkat hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri I Singaraja dalam mengajarkanbahasa Inggris berdasarkan kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi; (2) Keberadaan supportsystem dalam mengatasi masalah pengajaran berbasis kompetensi; (3) Harapan pengajar untukmengoptimalkan pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di sekolah yang bersangkutan.Data penelitian ini diperoleh dengan cara mewawancarai sejumlah guru bahasa Inggris SMP Negeri ISingaraja tentang pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris berbasis kompetensi. Dokumen-dokumenseperti silabus, buku kurikulum 2004, dan materi pelatihan bahasa Inggris juga merupakan sumberdata penelitian ini. Kemudian data yang sudah dikumpulkan itu dianalisa secara deskriptif kualitatif.Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara umum guru bahasa Inggris di SMP Negeri I Singarajamerasakan bahwa pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris berbasis kompetensi belum bisa dilaksanakansecara optimal. Berikut ini adalah sejumlah faktor penyebab ketidakoptimalan dari penerapanKBK, seperti: (1) Terbatasnya pengetahuan guru tentang konsep-konsep dasar yang melandasiKBK; (2) Terbatasnya jumlah buku-buku sumber, media, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya disekolah; (3) Kondisi lab bahasa yang tidak represetatif untuk penyelenggaraan aktifitas peningkatanketrampilan mendengarkan; Jumlah murid yang besardalam satu kelas dan terbatasnya waktu untukmelatih ketrampilan berbahasa; (5) Sistem administrasi dan evaluasi yang jauh lebih kompleks.Meskipun terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan KBK, pengajaran bahasa Inggris berbasiskompetensi ini perlu terus dipertahankan karena dirasakan mampu meningkatkan kemampuan siswadalam berkomunikasi. Agar pelaksanaan KBK selanjutnya bisa berjalan sesuai dengan harapan, perludiadakan pengembangan fasilitas-fasilitas yang dianggap sebagai kendala optimalisasi pelaksanaanKBK. Pelatihan KBK bagi guru bahasa Inggris dan monitoring pelaksanaan KBK secara berkelanjutanharus menjadi perhatian utama.
Kata kunci: kendala-kendala, KBK
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)