EFEKTIVITAS APLIKASI KANJI MEMORY HINT 2 TERHADAP KEMAMPUAN KANJI DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG, UNIVERSITAS RIAU

Authors

  • Muhammad Amarullah Riau University
  • Nana Rahayu Riau University
  • Adisthi Martha Yohani Riau University

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v19i01.69797

Keywords:

Efektivitas;, aplikasi;, Kanji Memory Hint 2;, kemampuan kanji

Abstract

This study was conducted to determine the effectiveness of the Kanji Memory Hint 2 application on basic kanji abilities in students of the class of 2022 of the Japanese Language Education Study Program, Riau University. The sample used in this study amounted to 37 people who were students of the class of 2022 of the Japanese Language Education Study Program, Riau University. This research is experimental research with a one group pre-test post-test design. Data were collected using tests in the implementation of pre-test and post-test. From the pre-test and post-test data were then analyzed using paired sample t-test. It was found that the paired sample t-test result of 0.000 so that it can be interpreted that the Memory Hint 2 Kanji application is effective for the kanji ability of students of the class of 2022 of the Japanese Language Education Study Program, Riau University. It can be concluded that the Memory Hint 2 Kanji is able to improve student’s ability to memorize the meanings of kanji, read and use kanji

Keywords : Effectiveness, app, Kanji Memory Hint 2, kanji skills.

 

Abstrak

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari aplikasi Kanji Memory Hint 2 terhadap kemampuan kanji tingkat dasar pada mahasiswa angkatan 2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Riau. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 37 orang yang merupakan mahasiswa angkatan 2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Riau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Data dikumpulkan menggunakan tes pada pelaksanaan pre-test dan post-test. dari data pre-test dan post-test tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Didapati hasil uji paired sample t-test sebesar 0.000 sehingga dapat ditafsirkan bahwa aplikasi Kanji Memory Hint 2 efektif terhadap kemampuan kanji mahasiswa angkatan 2022 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Riau. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kanji Memory Hint 2 mampu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghafal makna, membaca dan menggunakan kanji.

References

Aryani Safithry, E. (2018). Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Purwokerto: CV IRDH, 1.

Fakih, M., & Setiawati, N. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran (Kartu Kanji & Flash Card) terhadap Kemampuan Membaca Kanji. Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, 9(1), 47–61.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:, 2(4), 332–337.

Kacetl, J., & Klímová, B. (2019). Use of Smartphone Applications in English Language Learning—A Challenge for Foreign Language Education. Education Sciences, 9(3), 1–9. https://doi.org/10.3390/educsci9030179

M. McGee, L., & Donald, J. R. (1989). “‘K Is Kristen’s’: Learning the Alphabet from a Child’s Perspective.” The Reading Teacher, 43(3), 216–225.

Marzuki, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda tentang Pentingnya Belajar Bahasa Asing. Jurnal. Unmuhjember.Ac.Id, 1(2), 61–70. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDI/article/view /6343

Rasiban, L. M., Sudana, D., & Sutedi, D. (2019). Using Mnemonic-Based Applications to Learning Japanese Hiragana Characters. 254(Conaplin 2018), 12–16. https://doi.org/10.2991/conaplin-18.2019.96

Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Siska Mustika, Sanjaya, S., & Machawan, A. E. R. (2018). Keefektifan Aplikasi Android “Kanji Memory Hint 2” dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Kanji.

Tokuhiro, Y. (2010). "Gainen Chizu wo Mochiita Kanji Goi Gakushu”dalam Nihongo Kyoushi no Tameni Jissen Kanji Shidou.

Downloads

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles