BAHASA RUPA PADA GAMBAR ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN

Authors

  • Tika awalini Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Universitas Negeri Surabaya
  • Autar Abdillah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v19i01.74392

Keywords:

Gambar anak, bahasa rupa, gangguan pendengaran

Abstract

Children with hearing loss cannot hear sounds perfectly or even at all. Children with hearing loss will also experience problems with verbal language, they will have difficulty expressing what they know or the imagination that is in their minds. Images are a universal visual language and can be a medium for children to express themselves. At the age of 9-10 years, children have an imagination that begins to develop and are familiar with simple schemes such as the concept of land lines in pictures. Visual language theory was used to answer the research objective, namely to examine the tendency of object visualization in grouping several themes obtained from the results of collecting sample images of children with hearing impairments at Putra Asih SLB, Kediri city. The method used in this research is descriptive qualitative. Analysis was carried out on 10 students with hearing impairments with varying abilities. Judging from the visual language analysis, the wimba produced are quite diverse, while the wimba methods used are enlarging objects that are considered important, placing objects using a natural point of view, expressive depiction of the wimba, understanding land lines, and using colors that make the object appear more visible. life. From the results of the analysis, it was found that even though students have limitations in verbal language, they are good observers of what is around them. 

Keywords : Children's drawings, visual language, hearing impairment.

 

Abstrak

Anak dengan gangguan pendengaran tidak dapat mendengar bunyi dengan sempurna atau bahkan tidak dapat mendengar sama sekali. Anak dengan gangguan pendengaran juga akan mengalami kendala dalam bahasa verbal, mereka mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang mereka ketahui ataupun imajinasi yang ada dalam fikirannya. Gambar menjadi bahasa visual yang universal dan dapat menjadi media anak dalam berekpresi. Pada usia 9-10 tahun  anak memiliki imajinasi yang mulai berkembang dan telah mengenal skema sederhana seperti konsep garis tanah pada gambar. Teori bahasa rupa digunakan untuk menjawab tujuan penelitian yaitu mengkaji kecenderungan visualisasi objek dalam pengelompokan beberapa tema yang didapat dari hasil pengumpulan sampel gambar anak dengan gangguan pendengaran di SLB Putra Asih kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Analisis dilakukan terhadap 10 peserta didik yang mengalami gangguan pendengaran dengan kemampuan yang beragam. Ditinjau dari analisis bahasa rupa, wimba yang dihasilkan cukup beragam, sedangkan cara wimba yang digunakan adalah memperbesar objek yang dianggap penting, penempatan objek menggunakan sudut pandang wajar, penggambaran wimba yang ekspresif, telah memahami garis tanah, dan penggunaan warna yang membuat kesan objek tampak lebih hidup. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peserta didik meskipun memiliki keterbatasan dalam bahasa verbal namun mereka adalah pengamat yang baik terhadap apa yang ada di sekitarnya.

References

Aprilliani, L., Ratri, D., & Sihombing, R. M. (2021). Komunikasi Gambar Bercerita pada Video Animasi Rupa Rungu pada Anak Usia 6-9 Tahun. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.17509/edsence.v3i1.34598

Awalini, T. (2023). Problematika Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun dalam Kegiatan Menggambar Bebas. Syntax Literate, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i6.12465

Çevirgen, A., Aktaş, B., & Kot, M. (2018). the Influence of Visual Arts Education on Children With Asd. European Journal of Special Education Research, 3(2), 16–28. https://doi.org/10.5281/zenodo.1172070

Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsep, Keteladanan, Sikap Merdeka). Universitas Sarjana Tamansiswa (UST-Press).

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. PT. Bumi Aksara.

Eka, E. S., & Pamungkas, J. (2022). Peningkatan Keterampilan Seni Terhadap Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6215–6224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3316

Hakim, U., Muhdi, A. A., Arifin, I., & Makassar, U. N. (2019). Kemampuan Menggambar Bebas Siswa Tunarungu SLB / B Negeri 1 Makassar (Ability of Undergrading Deaf’s Students SDLB / B Negeri 1). Tanra, Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.14100

Istanto, R. (2022). Metode Penelitian Bahasa Rupa. Yogyakarta: Thafa Media.

Lowenfeld, V., & Brittain, W. L. (1970). Creative and Mental Growth. Art Education, 23(9), 45. https://doi.org/10.2307/3191547

Nofia Rahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. Quality, 6, 1–15. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Permanarian Somad dan Tati Hernawati. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Depdikbud Dirjen Dikti.

Santrok, J. W. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Proceedings - ISIE 2011: 2011 IEEE International Symposium on Industrial Electronics, 585–590.

Sari, M. P., & Rinjani, D. (2021). The Effectiveness of Learning Method Drawing on The Development Visual Language of Children Picture 6-9 Years (Case Study Elementary School Bandung City). International Journal of Creative and Arts Studies, 8(2), 89–106. https://doi.org/10.24821/ijcas.v8i2.4216

Tabrani, P. (2005). Bahasa Rupa. Bandung: Kelir.

Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi, Gambar Anak, Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.

Wati, T. L., & Novita, D. (2018). Analisis Gambar Siswa Tuna Rungu Ditinjau dari Makna Bahasa Rupa (Bentuk dan Warna) di SLB Dewi Sartika Geluran Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1400

Zaidman-Zait, A., Yechezkiely, M., & Regev, D. (2020). The quality of the relationship between typically developing children and their siblings with and without intellectual disability: Insights from children’s drawings. Research in Developmental Disabilities, 96, 103537. https://doi.org/10.1016/J.RIDD.2019.103537

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles