MUATAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA DRAMA MUSIKAL PETUALANGAN MADISON SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v19i01.75994Keywords:
Etika lingkungan hidup, pendidikan karakter, drama musikalAbstract
Environmental problems are one of the disasters that are close to the community. The increase in environmental problems will not occur if all elements of society have awareness of environmental ethics. In addition, character education is one of the supporting aspects of strengthening ethics. One of the efforts to internalize these values is through art performances, including musicals. The purpose of this study is 1) describe environmental ethics, 2) the value of character education, which is contained in the musical drama Madison's Adventure, and 3) the relevance of the content of these values and musical drama when used in learning Indonesian various levels. The research was conducted with a qualitative approach. The source of this research data is the staging of the musical and the script of the musical Petualangan Madison. The musical drama is performed at the end of 2023, at the ASTON Hotel Madiun (12/31/2023). The data collection technique used was participant observation, by watching musical performances, recording performances, and documentation by analyzing musical drama scripts. The results of this study include: 1) environmental ethics contained in Madison's Adventure is an attitude of respect for nature, responsibility, compassion, and concern for nature, 2) the value of character education contained in Petualangan Madison is four values, including religious, nationalist, independent, and mutual assistance. The variety of environmental ethics and the value of character education can be seen in the scenes and dialogues that appear in the musical drama Petualangan Madison. (3) Petualangan Madison musical drama is relevant in Indonesian language learning with Merdeka Curriculum system, especially as a learning medium for several learning outcomes Indonesian Phase B to Phase F.
Keywords : Environmental ethics, character education, musical drama.
Abstrak
Permasalahan lingkungan menjadi salah satu bencana yang dekat dengan masyarakat. Peningkatan problematika lingkungan tidak akan terjadi jika seluruh elemen masyarakat memiliki kesadaran tentang etika lingkungan hidup. Selain itu, pendidikan karakter menjadi salah satu aspek penunjang penguatan etika tersebut. Salah satu upaya internalisasi nilai-nilai tersebut adalah melalui pertunjukan kesenian, termasuk drama musikal. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan etika lingkungan hidup, 2) nilai pendidikan karakter, yang terdapat pada drama musikal Petualangan Madison, dan 3) relevansi muatan nilai-nilai serta drama musikal tersebut ketika digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ragam jenjang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pementasan drama musikal dan naskah drama musikal Petualangan Madison. Drama musikal tersebut ditampilkan pada pentas akhir tahun 2023, di Hotel Aston Madiun (31/12/2023). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, dengan menonton pementasan drama musikal, merekam pementasan, serta dokumentasi dengan menganalisis naskah drama musikal. Hasil penelitian ini antara lain: 1) etika lingkungan hidup yang terdapat pada Petualangan Madison adalah sikap hormat terhadap alam, tanggung jawab, kasih sayang, dan kepedulian terhadap alam, 2) nilai pendidikan karakter yang termuat pada Petualangan Madison adalah empat nilai antara lain religius, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Ragam etika lingkungan hidup dan nilai pendidikan karakter tersebut tampak pada adegan dan dialog yang muncul pada drama musikal Petualangan Madison. (3) Drama musikal Petualangan Madison relevan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka, terutama sebagai media belajar untuk beberapa capaian pembelajaran bahasa Indonesia Fase B hingga Fase F.
References
Afidah, Risti Luluk Nur., Bella Berliana. (2023). Nilai Peduli Lingkungan dalam Cernak Petualangan Ifan di Taman Nasional Way Kambas Karya Ichvan Sofyan. Bebasan, 10 (2), 214–233. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10275509
Ananda, Refisa., dan Syafruddin. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kaba Urang Tanjung Karang pada Pertunjukan Dendang Pauh. Jurnal Sastra Indonesia. 12 (1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v12i1.64886
Asteria, Prima Vidya., Shovia Khoirur Rohmah., Fatima Zahra Renrohan. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Jurnal Pendidikan, 2 (2), 150–155. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p150-155
Bibri, Simon Elias., John Krogstie., Amin Kaboli., and Alexandre Alahi. (2024). Smarter eco-cities and their leading-edge artificial intelligence of things solutions for environmental sustainability: A comprehensive systematic review. Environmental Science and Ecotechnology. ISSN: 2666-4984. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ese.2023.100330
Dewi, Ni Putu Novsa., I Wayan Suardiana., dan I Nyoman Duana Sutika. (2023). Mitos Bukit Buung Batu Majalan di Desa Adat Pengosekan: Analisis Ekologi Sastra. Humanis: Journal of Arts and Humanities. 27 (1), 52–64. DOI: https://doi.org/10.24843/JH.2023.v27.i01.p06
Dumaini, N. K., dan Nanik Ardhiani, G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Lampuhyang. 14 (2), 160–176. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.356
Hartati, Dian. Kurniasih., Ahmad Abdul Karim. (2022). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Tentang Desir Karya Gladhys Elliona. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan, 8 (1), 20–30. DOI: 10.51673/jurnalistrendi.v8i1.1471
Harun, Mohd., Wiwit Artika., and Wildan. (2023). Dysphemism In the Form of Hatred and Profanity Towards Forest Destroyers in Indonesian Poetry. SIELE: Studies in English Language and Education, 10 (03), 1627–1646. DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v10i3.30663
Hebbar P., Vikas., Mallya, and Ambika G. (2024). Exploring Eco Criticism: Interdisciplinary Perspectives on Literature and the Environment. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR) 11, (1), 69–73. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=4686545
Hendarman. (2018), Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Juanda., Azis. (2023). Representasi Lingkungan dalam Cerpen Ketam Batu Karya Gus TF Sakai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. 9 (1), 373–385. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2277
Keraf, A. Sonny. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Buku Kompas.
Khasanah, Venus; Novi Anoegrajekti; Samsi Setiadi. (2023). Etika Lingkungan Hidup dalam Novel Kubah dan Orang-orang Proyek Karya Ahmad Tohari dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra. Prosiding Seminar Nasional dan Internasional Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia, The 31st Hiski International Conference on Literary: Literacy and Local Wisdom, 93–104 DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.78
Lembah, Gazali., Ulinsa., Muslimin., dan Moh. Reza. (2023). Ekologi Sastra Lisan di Towale. Prosiding the 31st HISKI International Conference on Literacy and Local Wisdom, 553-560. DOI: https://doi.org/10.37905/psni.v3i0.115
Moleong, Lexy. J., (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosda.
Mulyadi, Seto., and A.M. Heru Basuki. (2022). Pendidikan Karakter: Membangun Generasi Muda yang Cerdas, Berkarakter, dan Kompetitif di Era Revolusi Industri 4.0 (Pendekatan Psikologi dan Budaya). Depok: Raja Grafindo Persada.
Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda.
Mustika, Dena., Sari Sri Handani., dan Nana Supriatna. (2023). Internalisasi Revolusi Mental dalam Membangun Kecerdasan Ecoliteracy Peserta Didik pada Pembelajaran IPS di SMP Assalaam Bandung. Abdimas Siliwangi, 6 (2), 352-365. DOI: https://doi.org/10.22460/as.v6i2.16822
Najib, Sagia., Muhammad Usman., Ilhan Ozturk., and Arshian Sharif. (2024). Harnessing the synergistic impacts of environmental innovations, financial development, green growth, and ecological footprints through the lens of SDGs policies for countries exhibiting high ecological footprints. Energy Policy, ISSN 0301-4215, DOI: https://doi.org/10.1016/j.enpol.2023.113863
Nanlohy, Dian Felicia. (2016). Manusia dan Kepedulian Ekologis. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi. 2 (1), 36–55. DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v2i1.32
Novriadi, Feri., Farida Mayar., dan Desyandri. (2023) Memperkenalkan Drama Musikal untuk Membangun Kreativitas dan Kepercayaan Diri di Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Science Research. 3 (2), 5757–5768. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1009
Ohoiwutun, Barnabas. (2020). Posisi dan Peran Manusia dalam Alam Menurut Deep Ecology Arne Naess (Tanggapan atas Kritik Al Gore). Yogyakarta: Kanisius.
Puspita, Yeni Cania. (2023). Struktur dan Tekstur Drama Nyi Putri Gilang Rukmini Karya Yusef Muldiyana Serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 13 (2), 672–681. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8052
Prawita, Galih. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Ketoprak Rembulan Wungu. Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies. 1 (1), 56–61. Available at: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/imscs
Retnowati, Dwi. (2023). Pendidikan Karakter di Era Merdeka Belajar Melalui Telaah Naskah Serat Wedhatama. Jurnal Diwangkara. 2 (2), 78–87. Retrieved from: https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/DIWANGKARA/article/view/23
Rongrean, Dody Grace Febryanto. (2023). Konservasi Lingkungan di Indonesia dalam Perspektif Filsafat Metafisika. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 19 (1), 109–130. DOI: https://doi.org/10.24239/rsy.v19i1.1839
Rumapea, Bina Angelica., Herlin Nadia Sinaga., Putri Erwina Sepiani Parapat., Nurhayati Harahap., Haris Sultan Lubis. (2023). Etika Lingkungan Hidup Dalam Novel Le Petit Prince Karya Antoine De Saint-Exupery: Kajian Ekologi Sastra. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 6 (12), 298–306. Retrieved from: edu.ojs.co.id/index.php/jpm/issue/view/3
Salenda, Siti Khadijah., La Ode Syukur., Irianto Ibrahim., dan Nur Israfyan Sofian. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tjong Karya Herry Gendut Janarto. Jurnal Bastra, 9 (1), 87–102. DOI: 10.36709/bastra.v9i1.324
Sarah, Siti., dan Radea Yuli A. Hambali. (2023). Ekofilosofi Deep Ecology Pandangan Ekosentrisme terhadap Etika Deep Ecology. Gunung Djati Conference Series (GDCS). 19, 754-761. DOI: https://doi.org/10.15575/gdcs.v19i
Susantono, Nurul P. (2016). Produksi Drama Musikal dari Ide ke Panggung. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Thompson, B., Leduc, G., Manevska-Tasevska, G., Toma, L., & Hansson, H. (2024). Farmers' Adoption of Ecological Practices: A Systematic Literature Map. Journal of Agricultural Economics. 75, 84–107. DOI: https://doi.org/10.1111/1477-9552.12545
Widananta, Marcelinus. (2023). Sastra dalam Pendidikan Karakter: Mewujudkan Pembelajaran yang Berarti. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora. 1 (3), 74–82. DOI: https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.782
Wiratsih, Woro., Tofan Gustyawan., Lusi Handayani., dan Ikhsan Satria Irianto. (2023). Pengembangan Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar Bipa Tingkat B1 (CEFR) di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Melalui Metode Bermain Peran. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajarannya, 18 (02), 112-125. DOI: https://doi.org/10.23887/prasi.v18i02.62397
Wisnu, R. Bagus., Sarjiwo., dan Nur Iswantara. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Wayang Orang Lakon Pétruk Dadi Ratu di Paguyuban Mustika Budaya. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17 (1), 174–184 . DOI: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/9023
Yudono, Kristophorus Divinanto Adi., dan Fransiskus Perdi Daya. (2023). Alih Wahana Cerpen, “Sambutan di Pemakaman Ayah,” Karya Jujur Prananto Menjadi Naskah Drama. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya. 18 (01), 96–111. DOI: https://10.23887/18i01.61131
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kristophorus Divinanto Adi Yudono, Yuliana Epit, Agustinus Djokowidodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)