STRATEGI MANAJEMEN PAMERAN VIRTUAL SENI LUKIS DALAM MEMBANGUN PENGALAMAN INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS XII MIPA 4 SMAN 3 SEMARANG

Authors

  • Anggun Mega Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v19i02.76803

Keywords:

Manajemen, pameran, virtual, interaktif

Abstract

In the increasingly developing digital era, one form of artistic expression that is undergoing transformation through the application of technology is art exhibitions. In its development, exhibitions can be held virtually. This research aims to (1) explain the management strategy for virtual painting exhibitions in building interactive experiences for class XII students at SMA Negeri 3 Semarang, (2) explain the implementation of virtual exhibitions for class XII students at SMA Negeri 3 Semarang, (3) explain the impact The use of virtual painting exhibitions for the learning of class XII students at SMA Negeri 3 Semarang. This research uses a qualitative method that produces data in the form of descriptive narratives and phenomenology is determined as a methodological approach that aims to discuss subjective experience as a whole. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Before the data is analyzed, the validity of the data is carried out first through triangulation of sources and theories. Next, the data is analyzed using interactive data analysis with the flow of data reduction, data display, and conclusion: verification. Based on the research results, it can be concluded that the virtual management strategy for painting in class XII MIPA 4 students at SMA Negeri 3 Semarang goes through the stages of planning, organizing, moving and supervising in the digital space. Implementing a virtual painting exhibition can provide an interactive experience for students in a different environment. The impact of using a virtual painting exhibition for students is (1) an in-depth learning experience; (2) development of visual and aesthetic skills; (3) stimulation of creativity; (4) interactive and participatory learning; (5) development of technological skills; (6) increasing appreciation for art.

Keywords : Management, exhibition, virtual, interactive.

Abstrak


Dalam era digital yang semakin berkembang, salah satu bentuk ekspresi seni yang mengalami transformasi melalui penerapan teknologi adalah pameran seni. Dalam perkembangannya pameran dapat dilakukan secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan strategi manajemen pameran virtual seni lukis dalam membangun pengalaman interaktif bagi  siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Semarang, (2) menjelaskan implementasi pameran virtual bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Semarang,  (3) menjelaskan dampak penggunaan pameran virtual seni lukis terhadap pembelajaran siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data berupa narasi deskriptif dan fenomenologi ditetapkan sebagai pendekatan metodologi yang bertujuan membahas pengalaman subjektif secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan keabsahan data terlebih dahulu dengan melalui triangulasi sumber dan teori. Kemudian data dianalisis menggunakan analis data interaktif dengan alur data reduction, data display, dan conclusion: verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi manajemen virtual seni lukis siswa kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 3 Semarang melalui tahapan merencanakan, mengorganisir, menggerakan, dan melalukan pengawasan dalam ruang digital. Implementasi pameran virtual seni lukis dapat memberikan pengalaman interaktif bagi siswa di dalam lingkungan yang berbeda. Dampak penggunaan pameran virtual seni lukis bagi siswa adalah (1) pengalaman belajar yang mendalam; (2) pengembangan keterampilan visual dan estetika; (3) stimulasi kreativitas; (4) pembelajaran interaktif dan partisipatif; (5) pengembangan keterampilan teknologi; (6) peningkatan apresiasi terhadap seni.

References

Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(2), 43–50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741

Damara, M. A. (2018). Indonesian Journal of Curriculum Pengembangan Rancangan Pameran Virtual Berbasis Media Augmented Reality. 6(1), 33–40.

Demolingo, R. H., & Remilenita, S. (2023). Strategi Penerapan Metaverse Tourism pada Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional Jakarta. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 341–352. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61115

Hazmi, F. Al., Zenmira, K. N., & Budyawan, S. A. (2021). Persepsi Partisipan Terhadap Kualitas Pameran Seni Rupa Secara Virtual dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Tata Kelola Seni, 7(2), 79–90. https://doi.org/10.24821/jtks.v7i2.5239

Herliyani, E., Wardana, K. N. H., & Witari, N. N. S. (2022). Pembelajaran Artsteps, Minat Penerapan Teknologi Pameran Online, dan Kepuasan Mahasiswa dalam Berkarya. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 58–72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3420

Oktaviana, D. K., & Wiyoso, J. (2021). Manajemen Sanggar Padma Baswara Di Kadilangu Demak. Jurnal Seni Tari, 10(2), 132–141. https://doi.org/10.15294/jst.v10i2.46809

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Setiawan, H., Riandi, R., & Supriatno, B. (2022). Inovasi Metode Gallery Walk pada Pembelajaran Online dengan Aplikasi Artsteps selama Pandemi Covid-19. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(2), 78–94. https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i2.526

Simatupang, G. R. L. L., Kusmayati, H., & Sushartami, W. (2019). Aksiologi Musikal pada Pertunjukan Tari Tradisional Linda dalam Ritual Adat Keagamaan Karia di Daerah Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 20(3), 132–149.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Sundari, R., & Rahmalia, D. R. (2022). Artsteps.com:Inovasi Pameran Virtual Karya Seni Rupa. Al-Irsyad, 4(5), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Downloads

Published

2024-12-01

Issue

Section

Articles