VIDEO ANIMASI DUA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v19i02.84207Keywords:
Media pembelajaran, tata surya, video animasi, kelas IVAbstract
Pendidikan sekolah dasar sangat penting dalam membentuk kepribadian dan pola pikir anak. Oleh karena itu, tenaga pendidik dituntut untuk selalu maksimal dalam menyampaikan materi di sekolah, termasuk di Madrasah Ibtidaiyah (MI), di mana media pembelajaran yang inovatif dan menarik sangat diperlukan. Pembelajaran konvensional sering menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi teoretis seperti sistem tata surya, di mana diagram dan buku teks sering kurang memadai dalam memvisualisasikan konsep astronomi, seperti pergerakan planet dan karakteristik objek-objek tata surya. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan video animasi dua dimensi sebagai media pembelajaran sistem tata surya untuk siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum. Pendekatan konvensional sering kurang mampu menarik minat siswa dan menjelaskan konsep abstrak. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru, serta menggunakan metode design thinking dalam perancangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi dua dimensi dapat meningkatkan minat belajar siswa, memudahkan pemahaman materi, dan membuat pembelajaran lebih dinamis serta menyenangkan. Visualisasi dalam animasi ini mampu menjelaskan konsep sistem tata surya dengan lebih jelas dan menarik, sehingga siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran dibandingkan metode konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berbasis animasi dua dimensi efektif dalam membantu siswa memahami konsep tata surya dengan lebih baik dan menarik.
References
Ali Mustadi, dkk. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=WZsPEAAAQBAJ
Ariana, R. (2016). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (pp. 1–23).
Bella, A. S., Respati, R., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Lagu Anak terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 632–641. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39232
Astuti, I. A., & Athaya, S. N. (2023). Animasi Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 4(4), 319–329.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Fajarudin, M. (2022). Teori_dan_Pengembangan_Pembelajaran_Berb (p. 227). Deepublish.
Gunawan, S. P. I. . M. A., Dalmi Iskandar Sultani, M. P. I., Cita Ayni Purti Silalahi, S. E. I. . M. E. I., Ano Suherlan, S. P. I. . M. P., Dara Fitrah Dwi, S. P. . M. P., Mukhlish, S. P. I. . M. P. I., Asnawi, M. H., & Nirmawan, S. P. . M. P. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sederhana. In Media Pembelajaran Interaktif Sederhana Untuk MI/SD (Vol. 1, pp. 1–142). https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_SEDERHANA/C4OiEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Media+Pembelajaran+interaktif&pg=PA3&printsec=frontcover
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP PRESS.
Husein, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Ikasari, Y. P., & Satriyani, F. Y. (2021). Pengembangan Media Pebelajaran Video Animasi Materi Tata Surya di Kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 5(2), 195–205.
Kiftia, S. M., & Rukmi, A. S. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Keterampilan Menyimak Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 10(8), 1763–1776.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125.
Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953–5960.
Madsen, M. S. A., Holm, J. B., Pallejà, A., Wismann, P., Fabricius, K., Rigbolt, K., Mikkelsen, M., Sommer, M., Jelsing, J., & Nielsen, H. B. (2019). Metabolic and gut microbiome changes following GLP-1 or dual GLP-1/GLP-2 receptor agonist treatment in diet-induced obese mice. Scientific Reports, 9(1), 15582.
Putri, A., Ganing, N., & Kristiantari, M. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106-116. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842
Sae, H. (2023). Media Video Animasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian (2nd ed.). PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Thomas, F. (2007). The illusion of life. Pers Abbeville.
van Bloemendaal, L., IJzerman, R. G., Ten Kulve, J. S., Barkhof, F., Konrad, R. J., Drent, M. L., Veltman, D. J., & Diamant, M. (2014). GLP-1 receptor activation modulates appetite-and reward-related brain areas in humans. Diabetes, 63(12), 4186–4196.
Wandah Wibawanto, S. S. M. D., & Kreatif, C. U. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher. https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ
Wardana, M. A. (2023). Kreativitas_Desain_Inovasi (E. Yuliani (ed.)). CV.Intelektual Manifes Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faiz Arista Widya, Ernawati Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)