WRITING WORKSHOP AND JOURNAL WRITING TECHNIQUES; A COMPARATIVE STUDY IN TEACHING WRITING

Authors

  • G.A.P. Suprianti

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v10i20.8913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efek teknik mengajar yang berbeda (Writing Workshop dan Journal Writing) berdasarkan jenis teks (recount dan narrative) terhadap kemampuan menulis siswa. Post-Test Only Comparison Group diaplikasikan sebagai disain penelitian. Setelah sesi perlakuan, post-test diberikan untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Data yang diperoleh melalui post-test dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, diketahui bahwa nilai rata-rata grup yang diajari teks narrative dan recount dengan menggunakan teknik Journal Writing lebih tinggi daripada grup yang diajari dengan teknik Writing Workshop. Dengan kata lain, grup yang diajari dengan teknik Journal Writing cenderung menunjukkan kompetensi yang lebih baik daripada grup yang diajari dengan menggunakan teknik Writing Workshop. Perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang diajari dengan teknik yang berbeda dianalisis menggunakan Anova dua jalur. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa yang diajar dengan menggunakan dua teknik mengajar terhadap kemampuan menulis siswa serta tidak ada interaksi antara kedua teknik mengajar dan jenis teks pada kemampuan menulis siswa.

Kata kunci: kemampuan menulis, journal writing, writing workshop, jenis teks

Downloads

Published

2015-12-31

Issue

Section

Articles