PELESTARIAN KESUSASTRAAN BALI MELALUI PERAWATAN LONTAR DI GRYA AGENG KEMENUH, DUSUN MELANTING, DESA BANJAR, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG

IB Putra Manik, I W. Gde Wisnu, I.A. Sukma Wirani, I.B. Rai, I.B.M. Ludy P.

Abstract


Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengupayakan P2M dapat terlaksana dengan baik di Grya Ageng Kemenuh, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Harapan yang ingin dicapai guna meningkatkan pelestarian lontar yang memiliki nilai-nilai religius dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Nilai sastra juga dapat ditemukan pada lontar Ni Diah Tantri dan Adi Parwa.
Perawatan lontar berjalan dengan baik terawat dan lentur dari segi pewarnaan. Tulisan jelas bisa dibaca, lontar yang patah bisa disambung dengan isolasi. Penomeran yang acak bisa disusun kembali dengan baik. Rayap kayu yang menggerogoti lontar dan takepan lontar bisa dicegah bahkan tidak berani dating karena zat kimia yang begitu keras.

Kata kunci: pelestarian, perawatan, lontar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v10i20.8918

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF file view : 1775 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v10i20.8918.g5757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:


Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan pengajarannya indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.