USING DICTOGLOSS TO FOSTER COLLEGE STUDENTS’ LISTENING ABILITY IN UNDERSTANDING BREAKING NEWS TEXTS: A CLASSROOM-BASED ACTION RESEARCH

I Putu Ngurah Wage Myartawan

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan mendengarkan mahasiswa pada mata kuliah Listening III dengan menggunakan dictogloss sebagai sebuah strategi interaktif mengajar keterampilan mendengarkan, dan (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan dictogloss. Penelitian ini melibatkan 32 mahasiswa. Didasarkan pada hasil pre-tes, terindikasi bahwa mahasiswa memiliki kemampuan mendengarkan yang rendah. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, kuesioner, diari peneliti, dan wawancara informal. Penelitian terlaksana dalam dua siklus dan hasil penelitian mengindikasikan peningkatan kemampuan mendengarkan mahasiswa. Peningkatan ini terjadi karena dinamika kelas yang mengalami perbaikan. Sifat kooperatif dan interaktif dictogloss melalui proses negosiasi makna dalam kerja berpasangan dan kelompok memungkinkan terjadinya pembelajaran teman sejawat dan pengajaran teman sejawat dalam pembelajaran mendengarkan di kelas, yang dilihat dari perspektif pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa, dapat meningkatkan jumlah input yang dapat terpahami—sebuah faktor penting dalam pembelajaran bahasa kedua. Sejalan dengan dinamika kelas ini, respon mahasiswa dilaporkan positif terhadap penerapan dictogloss.

Kata kunci: dictogloss, kemampuan mendengarkan, teks breaking news


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v9i17.8921

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF file view : 367 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/prasi.v9i17.8921.g5760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:


Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan pengajarannya indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch




Creative Commons License

Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.