ANALISIS KURIKULUM JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2012

Authors

  • Kadek Sonia Piscayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v8i15.8948

Abstract

Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (JPBI) Universitas Pendidikan Ganesha mengalami beberapa perubahan dalam kurun lima tahun terakhir yakni kurikulum 2007, 2011, dan 2012. Kurikulum 2012 adalah perbaikan dari kurikulum 2007 dan 2011. Mengingat hakikat pengembangan kurikulum adalah sebuah proses perbaikan maka, kurikulum 2012 perlu dianalisa dari berbagai kajian. Pertama, desain model pengembangan kurikulum. Kedua, struktur kurikulumnya. Ketiga, pendekatan pengembangannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang analisis kurikulum. Langkah penelitiannya adalah mengidentifikasi model kurikulum, struktur kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, melakukan wawancara dengan para pemegang kebijakan, menyebar angket tentang kurikulum, analisis data, interpretasi data dan simpulan. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis induktif dari Bogdan dan Biklen (2007 dalam Dewi, 2010) sementara analisis statistik deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil analisisnya adalah kurikulum JPBI menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang berbasis subyek akademik, dikembangkan dengan pendekatan humanistik dan sesuai dengan rekonstruksi sosial yang berbasis pemecahan masalah. Sementara itu struktur kurikulum menggunakan kompetensi umum, kompetensi utama, kompetensi keahlian dan kompetensi penunjang. Sedangkan pendekatan pengembangannya menggunakan metode grass-root approach dan desentralistik diawali dengan tracer study, temu alumni, rapat penyusun kurikulum, rapat besar dosen jurusan, penyusunan kurikulum, penetapan dan sosialisasi kurikulum baru.

Downloads

Published

2016-11-21

Issue

Section

Articles