ANALISIS KURIKULUM JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2012
DOI:
https://doi.org/10.23887/prasi.v8i15.8948Abstract
Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (JPBI) Universitas Pendidikan Ganesha mengalami beberapa perubahan dalam kurun lima tahun terakhir yakni kurikulum 2007, 2011, dan 2012. Kurikulum 2012 adalah perbaikan dari kurikulum 2007 dan 2011. Mengingat hakikat pengembangan kurikulum adalah sebuah proses perbaikan maka, kurikulum 2012 perlu dianalisa dari berbagai kajian. Pertama, desain model pengembangan kurikulum. Kedua, struktur kurikulumnya. Ketiga, pendekatan pengembangannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tentang analisis kurikulum. Langkah penelitiannya adalah mengidentifikasi model kurikulum, struktur kurikulum, pendekatan pengembangan kurikulum, melakukan wawancara dengan para pemegang kebijakan, menyebar angket tentang kurikulum, analisis data, interpretasi data dan simpulan. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis induktif dari Bogdan dan Biklen (2007 dalam Dewi, 2010) sementara analisis statistik deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil analisisnya adalah kurikulum JPBI menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang berbasis subyek akademik, dikembangkan dengan pendekatan humanistik dan sesuai dengan rekonstruksi sosial yang berbasis pemecahan masalah. Sementara itu struktur kurikulum menggunakan kompetensi umum, kompetensi utama, kompetensi keahlian dan kompetensi penunjang. Sedangkan pendekatan pengembangannya menggunakan metode grass-root approach dan desentralistik diawali dengan tracer study, temu alumni, rapat penyusun kurikulum, rapat besar dosen jurusan, penyusunan kurikulum, penetapan dan sosialisasi kurikulum baru.Downloads
Published
2016-11-21
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Prasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)