LEARNING STYLES PREFERENCES OF ESL STUDENTS AT SMA NEGERI BALI MANDARA (SAMPOERNA ACADEMY)

Authors

  • Ni Nyoman Budiasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/prasi.v8i16.8994

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa yang mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa kedua berdasarkan jenis kelamin dan prestasi bahasa inggris siswa. Terdapat 149 siswa yang diikut sertakan dalam penelitian ini berdasarkan hasil dari teknik pengambilan sampel sesus (census sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih toleran terhadap ambiguitas sedangkan siswa perempuan cenderung tidak toleran terhadap ambiguitas. Namun, siswa laki-laki dan perempuan sama-sama dominan mengunakan otak kiri, reflektif, field dependent, dan kinestetik. Berdasarkan variabel prestasi siswa, siswa yang berprestasi tinggi cenderung mempunyai gaya belajar visual dan field independent sedangkan siswa yang berprestasi rendah cenderung memilih gaya belajar kinestetik dan field dependent. Tetapi, baik siswa berprestasi tinggi maupun rendah sama-sama memiliki toleransi terhadap ambiguitas, dominan menggunakan otak kiri dan sama-sama reflektif.

Kata Kunci: Jenis kelamin, Pilihan gaya belajar, Prestasi, Siswa ESL (bahasa Inggris sebagai bahasa
kedua).

Downloads

Published

2017-07-20

Issue

Section

Articles