PENGARUH MODERASI SELF EFFICACY PADA HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Authors

  • Ni Made Srianggareni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, (2) Pengaruh self-efficacy terhadap minat berwirausaha pada kelompok mahasiswa wirausaha di Undiksha, dan (3) Pengaruh self-efficacy sebagai variabel moderasi pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang lulus dalam seleksi Program Mahasiswa Wirausaha pada tahun 2019 yang berjumlah 39 tim, sedangkan objek yang digunakan adalah pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy, dan minat berwirausaha. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi dengan variabel moderasi. Hasil penelitian (1) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan (3) self-efficacy sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha.

Kata Kunci: minat berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, self-efficacy

Author Biography

Ni Made Srianggareni, Universitas Pendidikan Ganesha

Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SD Khatolik Karya dan lulus pada tahun 2010. Kemudian penulis melanjutkan di SMP N 4 Singaraja dan lulus pada tahun 2013. Pada tahun 2016 penulis lulus dari SMK Negeri 3 Singaraja jurusan Multimedia dan melanjutkan ke Program S1 Jurusam Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha. Pada semester akhir, tahun 2020 penulis telah menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Moderasi Self Efficacy pada Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Di Universitas Pendidikan Ganeshaâ€.

Downloads

Published

2020-07-06

Issue

Section

Articles