Promosi Jabatan, Kompensasi, Dan Kinerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Buleleng

Authors

  • Kadek Restu Sidiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Trianasari Trianasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i1.29184

Keywords:

kinerja karyawan, kompensasi, promosi jabatan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh (1) promosi jabatan terhadap kinerja karyawan, (2) promosi jabatan terhadap kompensasi, (3) kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) promosi jabatan terhadap kinerja karyawan secara tidak langsung melalui kompensasi pada PT Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Buleleng. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Buleleng yang berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisismenggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari (1) promosi jabatan terhadap kinerja karyawan, (2) promosi jabatan terhadap kompensasi, (3) kompensasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) promosi jabatan terhadap kinerja karyawan secara tidak langsung melalui kompensasi pada PT Pos Indonesia (Persero) di Kabupaten Buleleng.

References

Laporan Tahunan 2018 PT Pos Indonesia (Persero), 2018. Bandung: PT Pos Indonesia (Persero)

Ardana, I Komang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ariana, I Wayan Tresna dan I Gede Riana. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Cendana Resort & Spa Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Vol. 2, No. 1.

Gorda, I Gusti Ngurah. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia. Denpasar: Widya Kriya Gematama.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Herman, Novita Yendri dan Suryalena. 2017. Pengaruh Promosi Jabatan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Giant Ekstra Nangka Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Vol 4 No 2.

Irianto, Agus. 2012. Statistika Konsep, Dasar, Aplikasinya dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Juliarti, Putu Ayu Diah., Agung, Anak Agung Putu., Sudja, I Nengah. 2018. Effect of Compensation and Work Environment on Employee Performance with Employee Job Satisfaction as an Intervening Variable. International Journal of Contemporary Research and Review. Vol 09 Issue 03.

Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Oktavianti, Ni Putu dan I Gusti Salit Ketut Netra. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Promosi Jabatan dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Grand Mega Bali Resort and Spa Kuta Bali. E-jurnal Manajemen. Vol 3 No 9.

Rahayu, Suharni. 2017. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Garuda Metalindo. Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan. Vol 5 No 1. Hal 59 – 75. Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Rivai, Veithzal dan Jauvani Ellan Segala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak, Winda Yulyarta. 2015. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Riau Media Grafika/ Tribun Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Vol 2 No 2.

Sugiyono dan Agus Susanto. 2017. Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Daya Manusia. Jakarta: Caps Publishing.

Umar, Husein. 2007. Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Gramedia Pustaka

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles