Faktor-Faktor yang Mepengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Penggunaan Digital Payment di Singaraja

Authors

  • Husniyatun Nisak Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v3i1.29839

Keywords:

perilaku konsumen, digital payment, factor analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment di Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian faktorial. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen yang menggunakan digital payment yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang kemudian diolah dengan analisis faktor melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment di Singaraja, yaitu faktor kebudayaan dengan nilai varian sebesar 70.399%, faktor sub budaya dengan nilai varian 5.815%, faktor kelas sosial dengan nilai varian 4.326%, faktor kelompok referensi dengan nilai varian 3.319%, faktor keluarga dengan nilai varian 2.798%, faktor peran dan status dengan nilai varian 2.497%, faktor  umur dan tahapan siklus hidupdengan nilai varian 2.238%, faktor  pekerjaan dengan nilai varian 1.686%, faktor  keadaan ekonomi  dengan nilai varian 1.462%, faktor gaya hidup dengan nilai varian 1.367%, faktor kepribadian dan konsep diri dengan nilai varian 1.092%, faktor motivasi dengan nilai varian 0,961%, faktor persepsi dengan nilai varian 0,843%, faktor proses belajar dengan nilai varian 0,694%, faktor kepercayaan dengan nilai varian 0,504%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment adalah faktor kebudayaan dengan nilai varian sebesar 70.399%.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Ariyani, Y. (2017). Analisis Perilaku Masyarakat Bertransaski Non Tunai (Studi Kasus Pengunjung Pusat Perbelanjaan di Kawasan Malioboro). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Asman, R. D., & Rosmayani. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mendapatkan Dana Pinjaman Modal Usaha Pada Unit Layanan Modal Mikro (Ulamm) Di Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Valuta, 3(1), 40–78.

Hapsari, P. N. (2017). Analisis pengaruh penggunaan Electronic Money dan daya substitusi transaksi Electronic Money terhadap transaksi tunai di Indonesia. Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Maghfira. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Sistem Pembayaran Go-Pay (Studi Kasus : Mahasiswa di Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.

Mody, I. (2018). Transformasi Alat Pembayaran Dan Pengaruhnya Terhadap Real Currencydi Indonesia. Universitas Lampung.

Mulyana, A., & Wijaya, H. (2018). Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android E-Payment System Design in E-Wallet Using Android-Based on QR Codes. 7(2), 63–69.

Pamungkas, G. T. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunan E-Money (Studi Kasus Minimarket Indomaret Kec. Binjai Kota, Kota Binjai ). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Puspita, Y. C. (2019). Analisis kesesuaian teknologi penggunaan digital payment pada aplikasi ovo. Manajemen informatika, 9(02), 121–128.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 291–296.

Saraswati, M. D., & Wenagama, I. W. (2019). Analisis beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 8(8), 1824–1852.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Kencana.

Srikalimah. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Handphone Android. International Journal of Social Science and Businnes, 1, 52–59.

Sujani. (2017). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Belanja Di Indomaret. Majalah Ekonomi, 22, 191–205.

Sukarnaya, I. K., Tripalupi, L. E., & Sujana, I. N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pada Distro Legend Store Di Kecamatan Nusa Penida. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1).

Suliyanto. (2011). Ekonomika Terapan, teori dan aplikasi dengan SPSS. Andi Offset.

Sunyoto, D. (2012). konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen. CAPS (Center for Academic Publishing Service ).

Sutisna. (2001). perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Transaksi Keuangan Modern. In Muslim Heritage (Vol. 3).

Utami, S. S., & Kusumawati, B. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money. Balance, XIV(2).

Widyastuti, K., Handayani, P. W., & Wilarso, I. (2017). Tantangan dan hambatan implementasi produk uang elektronik di indonesia: studi kasus pt xyz. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information Systems)., 13(1), 38–48.

Wulandari, B. I. (2019). Pengaruh Nilai Transaksi Pembayaran Non Tunai terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia periode 2014-2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles