https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/issue/feed Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2024-03-28T01:39:38+00:00 Rahutama Atidira rahutama.undiksha@gmail.com Open Journal Systems <p>Welcome to the Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis homepage.</p><p>Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to management and business science. All authors need to <a href="/index.php/Prospek/user/register" target="_blank">register</a> and follow the <span style="text-decoration: underline;"><a href="/index.php/Prospek/about/submissions#onlineSubmissions" target="_blank">guidelines</a></span> before submitting articles. Journal will be published <strong>twice</strong> a year every <strong>July</strong> and <strong>January</strong>.</p><p>If you need any further information, please contact the <span style="text-decoration: underline;"><a href="/index.php/Prospek/about/contact" target="_self">journal administrator</a></span></p> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/59685 Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelia di Panamena Coffee & Eatery 2023-03-14T09:28:20+00:00 Ni Putu Rossiana Diana Putri rossianadianaputri@gmail.com Ni Nyoman Yulianthini ninymyulianthini@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) harga terhadap keputusan pembelian, (2) lokasi terhadap keputusan pembelian, (3) harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Subjek dari penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Panamena </span><em><span style="font-weight: 400;">Coffee &amp; Eatery</span></em><span style="font-weight: 400;">. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah harga, lokasi, dan keputusan pembelian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Panamena </span><em><span style="font-weight: 400;">Coffee &amp; Eatery</span></em><span style="font-weight: 400;">, (2) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Panamena </span><em><span style="font-weight: 400;">Coffee &amp; Eatery</span></em><span style="font-weight: 400;">, (3) harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Panamena </span><em><span style="font-weight: 400;">Coffee &amp; Eatery.</span></em></p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/60373 Pengaruh Citra Merek dan Kemudahan Penggunaan yang Dirasakan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Mobile Banking BCA 2023-04-06T09:16:34+00:00 NyomanDewi Saras Ari Susila dewi.saras@undiksha.ac.id Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id Idham Khalik idham_khalik@unja.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan kemudahan penggunaan yang<br />dirasakan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna mobile banking BCA di kota Singaraja baik<br />secara simultan maupun parsial. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif<br />kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden dengan menggunakan<br />teknik non-probability sampling yairu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian<br />ini adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.<br />Hasil penelitian ini adalah: (1) Citra merek dan kemudahan penggunaan yang dirasakan berpengaruh<br />signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan sumbangan pengaruh sebesar 65,7% dan sisanya<br />dipengaruhi oleh variabel lain. (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan<br />pelanggan dengan sumbangan pengaruh sebesar 15,4%. (3) Kemudahan penggunaan yang dirasakan<br />berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan sumbangan pengaruh<br />sebesar 41,6%.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/60492 Pengaruh Current Ration dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Ritel Barang Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2023-04-10T14:08:37+00:00 Devy Arista Ciptamiari devy.arista@undiksha.ac.id Gede Putu Agus Jana Susila agus.jana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>current ratio</em> dan <em>debt to equity ratio</em> <em>terhadap return on equity</em> baik itu secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif kausal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perdagangan ritel barang primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu current ratio, debt to equity ratio, dan return on equity. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumen kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) <em>current ratio</em> dan <em>debt to equity ratio secara</em> signifikan berpengaruh terhadap <em>return on equity</em>. (2) <em>current ratio</em> tidak berpengaruh terhadap <em>return on equity</em>. (3) <em>debt to equity ratio</em> berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap <em>return on equity</em>.&nbsp;&nbsp;</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/61573 Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Toko Kosmetik Queen Beauty Singaraja 2023-06-05T14:19:29+00:00 I Gusti Agung Diah Sangita Dewi agung.diah@undiksha.ac.id Gede Putu Agus Jana Susila agus.jana@undiksha.ac.id <p><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">ini</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">bertujuan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">untuk</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">menguji</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">pengaruh</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> (1) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">citra</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">merek</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kualitas</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> (2) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">citra</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">merek</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> (3) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kualitas</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">. </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Subjek</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">dari</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">ini</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">adalah</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">konsumen</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> yang </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">pernah</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">membeli</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span> <span class="s16"><span class="bumpedFont20">Scarlett Whitening</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> di Toko </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Kosmetik</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> Queen Beauty </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Singaraja</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">dengan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">jumlah</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">sampel</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">sebesar</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> 100 orang </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">sedangkan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">objek</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">dari</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">ini</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">adalah</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">citra</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">merek</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kualitas</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">. </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Rancangan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> yang </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">digunakan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">adalah</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">kuantitatif</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">. Teknik </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">pengumpulan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> data </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">dalam</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">ini</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">yaitu</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">menggunakan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kuesioner</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">selanjutnya</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> data </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">dianalisis</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">dengan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">menggunakan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">analisis</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">regresi</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> linier </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">berganda</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">. Hasil </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">penelitian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">menunjukkan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">bahwa</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> (1) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">citra</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">merek</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kualitas</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">berpengaruh</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">positif</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">signifikan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, (2) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">citra</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">merek</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">berpengaruh</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">postif</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">signifikan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">, (3) </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">kualitas</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">berpengaruh</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">positif</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> dan </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">signifikan</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">terhadap</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">keputusan</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">pembelian</span></span> <span class="s15"><span class="bumpedFont20">produk</span></span> <span class="s16"><span class="bumpedFont20">Scarlett Whitening</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> di Toko </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Kosmetik</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20"> Queen Beauty </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">Singaraja</span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont20">.</span></span></p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/63703 Pengaruh Refocusing Anggaran dan Tata Kelola terhadap Kinerja Keuangan Kantor Kecamatan Abang 2023-06-15T13:51:21+00:00 Ni Wayan Putu Suci Juniantari suci.juniantari@undiksha.ac.id Fridayana Yudiaatmaja fridayana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh <em>refocusing </em>anggaran dan tata kelola terhadap kinerja keuangan Kantor Kecamatan Abang. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah pegawai Kantor Kecamatan Abang dan objek penelitian adalah <em>refocusing </em>anggaran, tata kelola, dan kinerja keuangan. Penelitian ini difokuskan untuk meneliti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kantor Kecamatan Abang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) <em>refocusing </em>anggaran berpengaruh terhadap kinerja keuangan Kantor Kecamatan Abang, (2) tata kelola tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Kantor Kecamatan Abang, (3) <em>refocusing </em>anggaran dan tata kelola secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan Kantor Kecamatan Abang.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/61714 Pengaruh Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio dan Earning Per Share terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2023-05-19T06:27:50+00:00 Komang Inten Tresna Dewi intentresna19@gmail.com Fridayana Yudiaatmaja fridayana@undiksha.ac.id <p>Kajian ini bertujuan guna menguji dampak<em> net profit margin, debt to equity ratio, serta earning per share</em> pada <em>return</em> saham pada emiten sub bagian otomotif serta komponen yang tercatat di BEI. Informasi yang dipakai ialah berkas pelaporan keuangan tahunan yang dipublikasikan emiten selama kurun waktu 2017-2021 di dalam BEI. Penarikan sampel pada kajian ini memakai metode <em>purposive sampling</em> serta memperolehkan 12 emiten yang sama dengan kriteria. Kajian ini memakai metode kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda memakai program Analisa Regresi<em> Smartphone</em>. Temuan pada kajian ini menunjukkam bahwasanya secara bersama NPM, DER serta EPS berperan substansial pada <em>return </em>saham. Secara individual (1) NPM berperan positif serta substansial pada <em>return </em>saham. (2) DER berperan negatif serta substansial pada <em>return </em>saham. (3) EPS berperan positif serta substansial pada <em>return </em>saham.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/65100 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap keputusan Pembelian McDonald's Singaraja 2023-07-03T05:55:28+00:00 I Nyoman Putra Karnata putra.karnata@undiksha.ac.id Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas pelayanan dan <em>brand image </em>secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik metode <em>non-probability sampling </em>yaitu <em>purposive sampling</em>. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian McDonlad’s Singaraja, (2) <em>brand image </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja, dan (3) kualitas pelayanan dan <em>brand image </em>berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian McDonald’s Singaraja.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/63714 Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja 2023-06-15T15:04:03+00:00 Ni Made Sriastiani sriastiani28@gmail.com Ni Nyoman Yulianthini nyoman.yulianthini@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari ekuitas merek dan kepuasaan konsumen baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) ekuitas merek dan kepuasaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (2) ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek (3) kepuasaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek Minyak Kutus-kutus Cabang Singaraja.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/61167 Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah di LPD Desa Ringdikit 2023-05-04T03:11:37+00:00 Putu Ayu Julia Padmi ayujulia334@gmail.com Ni Made Suci made.suci@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) promosi penjualan terhadap kepuasan nasabah, (2) kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah (3) citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah, dan (4) promosi penjualan, kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif&nbsp; kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah di LPD Desa Ringdikit dengan objek yang digunakan yaitu promosi penjualan, kualitas pelayanan dan citra perusahaan. Populasi yang digunakan sebanyak 897 nasabah dengan pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em>. Kriteria pertimbangan yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah telah menjadi nasabah minimal 6 bulan, sehingga didapatkan sampel sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) promosi penjualan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, (2) kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, (3) citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan (4) promosi penjualan, kualitas pelayanan, dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/62398 Pengaruh Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Marina Hand and Body Lotion di Kecamatan Buleleng 2023-05-31T15:42:27+00:00 Ni Komang Triandika Padmadewi padmadewikomang8@gmail.com Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id <p>Riset ini bersasaran guna menaksir imbas (1) X1 dan X2 pada Y Marina Hand and Body Lotion, (2) merek pada keputusan pembelian Marina Hand and Body Lotion, dan (3) kualitas produk pada keputusan pembelian Marina Hand and Body Lotion. Subek dari riset ini yakni customer pengguna dan pernah membeli Marina Hand and Body Lotion lantas objek dari riset ini yakni merek, kualitas produk, dan keputusan pembelian. Pada riset ini mengimplementasikan rancangan riset kuantitatif kausal. Teknik penghimpunan statistik mengimplementasikan kuesioner, dan statistik dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Impak riset mengutarakan (1) merek dan kualitas produk berimbas bermakna pada keputusan pembelian, (2) merek berimbas positif dan bermakna pada keputusan pembelian, dan (3) kualitas produk berimbas positif dan bermakna pada keputusan pembelian.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/61716 Pengaruh Influencer Marketing terhadap Niat Beli yang Dimediasi oleh Kepercayaan pada Produk Skincare Merek MS Glow di Kecamatan Buleleng 2023-05-19T06:40:09+00:00 Putu Anggi Dea Suryani anggidea703@gmail.com Ni Nyoman Yulianthini nyoman.yulianthini@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh <em>influencer marketing </em>terhadap niat beli yang dimediasi oleh kepercayaan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ingin atau sedang membeli produk <em>skincare </em>merek MS Glow di Kecamatan Buleleng dengan kisaran usia 17-45 tahun. Objek pada penelitian ini adalah <em>Influencer Marketing</em>, Niat Beli dan Kepercayaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Jumlah sampel yang digunakan adalah 80 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner dan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur <em>(path analysis)</em>. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) <em>influencer marketing </em>berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli, (2) <em>influencer marketing </em>berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan, (3) kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli dan (4) kepercayaan mampu memediasi secara parsial pengaruh <em>influencer marketing </em>terhadap niat beli pada produk <em>skincare </em>merek MS Glow di Kecamatan Buleleng.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/64323 Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pengarajin Gerabah di Desa Penakak Kabupaten Lombok Timur 2023-06-23T03:11:14+00:00 Mulia Ayu Hastuti girlmuliaayu27@gmail.com Ni Made Dwi Ariani Mayasari dwi.mayasari@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yakni menguji pengaruh dari kompensasi dan juga lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di Desa Penakak Kabupaten Lombok Timur secara simultan maupun parsial. Penelitian dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif kausal. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dengan jumlah responden 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan dari penelitian ini adalah (1) kompensasi dan lingkungan kerja&nbsp; berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak (2) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak (3)&nbsp; lingkungan kerja ikut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pengrajin gerabah di desa Penakak.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/62706 Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng 2023-06-06T04:24:24+00:00 Ni Kadek Sintya Dewi sintyadewi0146@gmail.com I Nengah Suarmanayasa nengah.suarmanayasa@undiksha.ac.id <p>Pengujian ini bermaksud untuk memahami dampak diantara literasi keuangan beserta inklusi keuangan pada kinerja UMKM, baik dengan parsial maupun simultan. Pengujian ini mempergunakan jenis pengujian kuantitatif. Adapun populasi pada pengujian ini ialah sejumlah 9.779 UMKM yang tersebar di Kecamatan Buleleng. Sistem penarikan data dilaksanakan dengan menyebarkan angket pada 85 informan yakni UMKM Kerajinan di Kecamatan Buleleng. Sistem analisa data yang dipergunakan yakni analisa regresi linear berganda. Variabel literasi keuangan beserta inklusi keuangan dengan menyeluruh memberi dampak dengan totalnya 50,6% pada kinerja UMKM, sementara sisanya totalnya 49,4% diberi dampak oleh variabel lainnya yang tidak dipergunakan pada pengujian ini. Temuan pengujian mengungkapkan bahwasanya (1) literasi keuangan beserta inklusi keuangan mempunyai peran substansial pada kinerja UMKM, (2) literasi keuangan mempunyai peran positif beserta substansial pada kinerja UMKM serta (3) inklusi keuangan mempunyai peran positif beserta substansial pada kinerja UMKM.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/58954 Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstick Maybelline 2023-02-22T05:33:06+00:00 Ni Kadek Tiwik Novitasari novitatiwik@gmail.com Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan citra produk dengan kualitas produk dalam keputusan pembelian, (2) hubungan citra produk dgn keputusan pembelian, &amp; (3) hubungan citra produk dgn keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Mahasiswa bergelar akuntansi dari Universitas Pendidikan Ganesha berpartisipasi dalam penelitian ini yang menguji kualitas produk, persepsi merek, &amp; preferensi konsumen Maybelline Lipstick. 100 responden digunakan sebagai sampel penelitian. Kuesioner yang dibagikan kepada responden digunakan untuk mengumpulkan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara kualitas produk &amp; citra merek terhadap keputusan pembelian produk Lipstik Maybelline; (2) terdapat hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian produk Maybelline Lipstick; &amp; (3) terdapat hubungan antara citra produk dengan keputusan pembelian produk Maybelline Lipstick.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/59027 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Petani Cengkeh di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng 2023-02-23T05:46:29+00:00 Ketut Dedy Pranata pranatadedy192@gmail.com Komang Krisna Heryanda krisna.heryanda@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak lingkungan kerja dan motivasi kerja pada Produktivitas dan motivasi kerja merupakan dampak lingkungan sedang Berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas petani cengkeh. Subyek penelitian ini adalah petani cengkeh di Desa Ambengan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Objek penelitian ini adalah lingkungan kerja, motivasi kerja dan produktivitas petani. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Pengumpulan data yang mendalam Penelitian ini adalah survei kuesioner dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis jalur. Hasil menunjukkan (1) lingkungan kerja Dampak positif yang signifikan terhadap produktivitas petani (2) Motivasi kerja jelas berpengaruh positif terhadap produktivitas petani (3) Lingkungan kerja dan motivasi kerja jelas Produktivitas petani dan (4) Motivasi kerja memoderasi variabel lingkungan Meningkatkan produktivitas petani</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/63716 Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Return on Equity, dan Earning Per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2023-06-15T15:23:23+00:00 Putu Jana Setiawan jana.setiawan@undiksha.ac.id Wayan Cipta wayan.cipta@undiksha.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Pengkajian ini bermaksud menelaah kembali sebagai pembuktian adanya hubungan: (1) inflasi, (2) nilai tukar rupiah, (3) </span><em><span style="font-weight: 400;">return on equity</span></em><span style="font-weight: 400;">, dan (4) </span><em><span style="font-weight: 400;">earning per share</span></em><span style="font-weight: 400;"> terhadap harga saham perusahaan kelompok LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Kuantitatif kausal dipilih sebagai desain kajian yang diterapkan. Kelompok perusahaan Likuid 45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2019 sampaipada 2021 sebanyak 45 perusahaan merupakan populasi penelitian. </span><em><span style="font-weight: 400;">Purposive sampling </span></em><span style="font-weight: 400;">sebagai teknik yang diterapkan untuk penarikan sampel, dengan total temuan sampel 30 perusahaan. Kumpulan data diperoleh melalui teknik perekaman dokumen dan ditelaah dengan regresi </span><em><span style="font-weight: 400;">linear </span></em><span style="font-weight: 400;">berganda. Luaran analisis menunjukkan (1) secara simultan inflasi, nilai tukar rupiah, </span><em><span style="font-weight: 400;">return on equity</span></em><span style="font-weight: 400;">, dan </span><em><span style="font-weight: 400;">earning per share</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh signifikan terhadap harga saham, (2) inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, (3) nilai tukar rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, (4) </span><em><span style="font-weight: 400;">return on equity</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dan (5) </span><em><span style="font-weight: 400;">earning per share</span></em><span style="font-weight: 400;"> berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. </span></p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/63646 Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian AC Merek Daikin pada CV. Budha Teknik Ubud 2023-06-15T05:17:33+00:00 Sanjita Wira Tri Utama sanjitawira2@gmail.com I Nengah Suarmanayasa nengahsuarmanayasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian AC merek Daikin pada CV. Budha Teknik Ubud baik itu secara simultan maupun secara parsial. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah konsumen CV. Budha Teknik Ubud dan objek dalam penelitian ini adalah citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian. Jumlah sampel adalah 65 responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/49899 Pengaruh Tingkat Perputaran Kas dan Perputaran Piutang serta Jumlah Nasabah Kredit Terhadap Return On Assets pada Lembaga Perkreditan Desa di Kecamatan Manggis 2022-07-11T14:40:42+00:00 Jodi Putra Wirawan jodiputra.id18@gmail.com Fridayana Yudiatmaja fridayana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat perputaran kas, perputaran piutang, dan jumlah nasabah kredit terhadap<em>&nbsp;return on assets. </em>dengan menggunakan metode kuantitatif kasual, penelitian ini melibatkan LPD Kecamatan Manggis Tahun 2019-2020 dengan jumlah populasi sebanyak 17 LPD sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen di analisis dengan analisis regresi linier berganda. Analisa penelitian mengidentifikasi bahwa (1) tingkat perputaran kas, perputaran piutang dan jumlah nasabah kredit berpengaruh signifikan terhadap <em>return on assets, </em>(2) tingkat perputaran kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>return on assets, </em>(3) perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>return on assets, </em>(4) jumlah nasabah kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>return on assets. </em></p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/49984 Pengaruh Komunikasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada LPD Banyuning, Kalibukbuk, Pengelatan, dan Pemaron) 2022-07-12T05:57:50+00:00 I Ketut Sukra Wardana ksukra06@gmail.com Komang Endrawan Sumadi Putra endrawan.sumadi@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) Komunikasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) Komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) Komunikasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada 4 LPD terbesar di kecamatan Buleleng. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan pada 4 LPD, objeknya adalah komunikasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Sampel penelitian ini berjumlah 51 karyawan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunikasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, (2) Komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan, (3) Komunikasi terhadap kinerja karyawan, dan (4) kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan 4 LPD terbesar di Buleleng</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/63724 Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) oleh Beauty Vlogger dan Citra Merek terhadap minat Beli Lipstik Maybelline di Kota Singaraja 2023-06-15T16:35:18+00:00 Kadek Natalia Megasari natalia@undiksha.ac.id Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi wayan.sayang@undiksha.ac.id <p>Riset ini bermaksud guna mengetahui imbas <em>electronic word of mouth </em>(e-WOM) dari <em>beauty vlogger</em> dan brand image pada minat beli lipstik Maybelline. Imbasnya nantinya diteliti secara parsial atau serentak di Singaraja, kota. Rancangan riset ini bersifat observasional dan kuantitatif, dengan mengaplikasikan teknik regresi linier berganda. Sampel dalam riset ini ditentukan dengan mengaplikasikan metode non-probability sampling, purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metodologi pengumpulan statistik mengaplikasikan kuesioner yang telah divalidasi reliabilitas dan validitasnya, serta mengaplikasikan beberapa studi dari literatur. Kesimpulan dari riset ini yakni: 1. e-WOM dari <em>beauty vlogger</em> berimbas positif dan bermakna pada minat beli 2. Citra merek berimbas positif dan bermakna pada niat beli konsumen 3. e-WOM dari <em>beauty blogger</em> yang juga <em>brand ambassador</em> berimbas bermakna pada niat beli konsumen.</p> 2024-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis