PENGARUH PENGETAHUAN, INDEPENDENSI, DAN SENSITIVITAS ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS HASIL PEMERIKSAAN AUDITOR (Studi Kasus pada BPK RI Perwakilan Provinsi Bali)

Authors

  • Nyoman Kiki Cempaka Dewi .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.10321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, independensi, dan sensitivitas etika profesi auditor terhadap kualitas hasil pemeriksaan auditor pada BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa kuesioner dan data sekunder yang berupa literatur-literatur yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini diajukan pada auditor di BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dan dokumentasi. Uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas .Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Untuk menguji besarnya persentase variabel independen terhadap dependen menggunakan uji koefisien deteminasi (adjusted R2) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 21,0. Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap sampel penelitian sebanyak 35 responden auditor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan auditor berpengaruh parsial terhadap kualitas hasil pemeriksaan auditor. Independensi auditor berpengaruh parsial terhadap kualitas hasil pemeriksaan auditor. Sensitivitas etika profesi berpengaruh parsial terhadap kualitas hasil pemeriksaan auditor. Pengetahuan, independensi, dan sensitivitas etika profesi berpengaruh simultan terhadap kualitas hasil pemeriksaan auditor.
Kata Kunci : pengetahuan, independensi, sensitivitas etika profesi auditor, kualitas hasil pemeriksaan auditor.

THE EFFECT OF KNOWLEDGE, INDEPENDENCE, SENSITIVITY OF PROFESSION ETHICS TOWARD QUALITY OF AUDITOR’S EXAMINATION (A Case Study on BPK RI (Audit Board of the Republic of Indonesia) Representative of Bali Province)
keyword : knowledge, independence, sensitivity of profession ethics, quality of auditor’s examination

Published

2017-06-02

Issue

Section

Articles