PENGARUH ASET TIDAK BERWUJUD DAN BIAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP NILAI PASAR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PRIODE 2011-2015

Authors

  • Putu Erika Susanti .
  • I Putu Gede Diatmika,SE,AK., M.Si. .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v7i1.10326

Abstract

Nilai pasar merupakan persepsi pasar yang berasal dari stakeholder (investor, kreditur) terhadap kondisi keuangan perusahaan yang tercermin pada nilai saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh aset tidak berwujud dan biaya penelitian dan pengembangan terhadap nilai pasar pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Buras Efek Indonesia periode 2011-2015. Penelitian ini merupakan penelitian observasi non partisipan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2015 yang diunduh dari www.idx.co.id. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling method, maka diperoleh sebanyak 35 sampel perusahaan dengan 150 pengamatan selama periode penelitian dari tahun 2011 sampai dengan 2015.. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aset tidak berwujud dan biaya penelitian dan pengembangan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.
Kata Kunci : Aset Tidak Berwujud, Biaya Penelitian dan pengembangan, dan Nilai Pasar Perusahaan

Market value is a market perception coming from the stakeholder (investor, creditor) on the financial condition of a company and usually reflected from the value of shares of a company. The study aimed at obtaining empirical evidences about the effect of intangible assets and research and development costs on the market value of the companies. This study is in the form of non-participant observation research involving secondary data obtained from manufacture companies listed in the Indonesian stock exchange during the period of 2011-2015 downloaded from www.idx.co.id. There were about 35 companies with 150 observations as the samples selected based on purposive sampling method. The analysis was conducted by using multiple regression supported by SPSS software version 19. The results indicated that the intangible assets and research and development costs had a positive and significant effect on the market value at the manufacture companies listed in the Indonesian stock exchange during the period of 2011-2015.
keyword : Intangible Asset, Penelitian dan pengembangan Cost, Market Value Company’s

Published

2017-06-05

Issue

Section

Articles