Analisis Restrukturisasi Kredit Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kredit Pada BUMDes “Gunung Sari Mas” Di Desa Dinas Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Authors

  • I Kadek Suarita Yasa .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10425

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan restrukturisasi kredit dalam upaya mengurangi kredit bermasalah dan meningkatkan kualitas kredit pada BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan dalam menerapkan restrukturisasi kredit pada BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian yaitu penelitian berkas kredit, mengirim surat teguran, melakukan negosiasi, putusan restrukturisasi, dan monitoring. Kebijakan restrukturisasi yang diterapkan pada BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian adalah sistem denda, menambah jatuh tempo atau penjadwalan kembali (rescheduling), dan penyitaan jaminan. Untuk meningkatkan kualitas kredit pada BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian sudah menerapkan analisis 5 C, dan menerapkan kebijakan restrukturisasi dengan baik yang ditandai dengan adanya peningkatan SHU setiap tahunnya.
Kata Kunci : Restrukturisasi, kredit, kredit bermasalah, kualitas kredit, BUMDes

This study aimed at finding out the implementation of debt restructuring policy to decrease bed credits and improve the credit quality at BUMDes (Village Owned Business Entity) “Gunung Sari Mas” Bulian. This is a descriptive qualitative research. The data used were primary data collected by performing interviews with the management of BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian. The results of the study showed that the procedures in implementing the debt restructuring at BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian were studying the credit file, issuing reprimand letter, conducting negotiation, deciding restructuring and monitoring. The restructuring policies implemented by BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian were penalty system, due date extend or reschedule and collateral confiscation. To improve its credit quality, BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian had implemented the 5 C’s analysis and good restructuring policy, indicated by the increase of dividend every year.
keyword : Resructuring, credit, bed credit, credit quality, BUMDes

Published

2017-06-19

Issue

Section

Articles