PENGARUH TINGKAT PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA AKUNTANSI JURUSAN PENDIDIKAN DAN NON PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN KONSEP " FRAUD TRIANGLE "

Authors

  • Ketut Novi Arista Dewi .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan, kesempatan dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa akuntansi pendidikan dan akuntansi non pendidikan fakultas ekonomii di Universitas Pendidikan Ganesha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik sampel yang digunakan yaitu incidental sampling dimana kebetulan dijumpai oleh peneliti secara proposional. Penelitian ini menggunakan 150 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data diperoleh berupa jawaban dari responden di tabulasi dan diolah dengan menggunakan software SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tekanan, kesempatan dan rasionalisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa akuntansi pendidikan dan non pendidikan fakultas ekonomi di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini juga menunjukan perbedaan perilaku kecurangan akademik antara mahasiswa akuntansi pendidikan dan akuntansi non pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha.
Kata Kunci : tekanan, kesempatan, rasionalisasi , perilaku kecurangan akademik

This study aimed at determining the effect of Pressure, Opportunity and Rationalization on academic fraud behaviors at students of Accounting Education and of Accounting Noneducation of Economics Faculty in Universitas Pendidikan Ganesha. This research type was quantitative research, by using questionairre as the research instrument. The sample technique used was incidental sampling, in which the respondents encountered by the researcher proportionally. This study employed 150 respondents. The data used in this study were the primary data. The data obtained were in the form of answers from the respondents, tabulated and processed through SPSS software version 16. The results of this study indicated that Pressure, Opportunity and Rationalization had a partial significant effect on the academic fraud behaviors of the students of Accounting Education and of Accounting Noneducation of Economicss Faculty in Universitas Pendidikan Ganesha. This study also showed differences in academic fraud behaviors among students of Accounting Education and of Accounting Noneducation of Universitas Pendidikan Ganesha.
keyword : pressure, opportunity, rationalization, academic fraud behaviors

Published

2017-06-19

Issue

Section

Articles