IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI PERHOTELAN (Studi Kasus Pada Melia Bali Hotel)

Authors

  • I Dewa Ayu Manika s .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10452

Abstract

Melia Bali Hotel adalah salah satu hotel berbintang 5 (lima) yang terletak di kawasan BTDC Nusa Dua.Hotel Melia Bali tergolong 5 hotel terbaik pada kawasan BTDC yang dilihat dari fasilitas dan keramaian pengunjung. Hotel Melia Bali merupakan satu-satunya hotel di kawasan BTDC yang mendapatkan penghargaan Tri Hita Karana Award karena telah melaksanakan program CSR dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk implementasi CSR yang diterapkan oleh Hotel Meliia Melia dan untuk mengetahui dampak dari penerapan CSR terhadap kinerja keuangan hotel. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder.Data primer berupa hasil wawancara, dan data sekunder berupalaporan keuangan hotel selama beberapa periode sebelum dan setelah melakukan CSR. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Hotel Melia Bali menerapkan beberapa bentuk CSR yaitu (1) bidang sosial, (2) bidang lingkungan. CSR memberikan dampak positif terhadap kinerja keuanga,dilihat dari peningkatan jumlah penjualan. Meningkatnya jumlah penjualan, maka akan mempengaruhi penjualan dan pendapatan yang nantinya akan mempengaruhi tingkat laba.
Kata Kunci : Bentuk-bentuk CSR, Corporate Social Responsibility (CSR), Dampak CSR

Melia Bali Hotel is one of the 5 (five) star hotels located in BTDC Nusa Dua area. Melia Bali Hotel is rated as 5 of the best hotels in the BTDC area evaluated from the facilities and number of visitors. Melia Bali Hotel is the only hotel in the BTDC area that is awarded with Tri Hita Karana Award for having implemented a good CSR program. The purpose of this research was to know the form of CSR implementation implemented by Melia Bali Hotel and to know the impact of CSR implementation on hotel financial performance. The type of data used was qualitative data, with primary and secondary data sources. The primary data were the interview results, and the secondary data were hotel financial reports for several periods before and after the implementation of CSR. The techniques of data collection were through interview method, observation, and documentation. The results of the study showed that Melia Bali Hotel implemented several forms of CSR, namely (1) social field, (2) environmental field. CSR provided a positive impact on financial performance, judging from the increase in the number of sales. Increasing the number of sales, it would affect sales and income that would affect the level of profit.
keyword : Forms of CSR, Corporate Social Responsibility (CSR), Impact of CSR

Published

2017-06-21

Issue

Section

Articles