EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA DALAM RANGKA PENCAIRAN TUNGGAKAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SINGARAJA

Authors

  • Frima Satria Anjasmara .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10547

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penagihan pajak dengan surat paksa pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja dalam kurun waktu 2011 - 2015 dilihat dari jumlah penagihan dan pencairan tunggakan pajaknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Fiskus di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja ,jurusita dan pihak – pihak terkait pada seksi penagihan serta data akurat tentang jumlah penerbitan surat paksa dan jumlah pencairan tunggakan pajak dengan surat paksa, penelitian terdahulu, studi kepustakaan serta dokumentasi penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis rasio efektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prosedur pelaksanaan penerbitan hingga penagihan surat paksa pada KPP Pratama Singaraja, telah sesuai dengan Undang-undang tentang prosedur pelaksanaan surat paksa yang dimana salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melaksanakan penagihan pajak adalah dengan menerbitkan surat paksa.. Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singaraja, efektifitas pencairan tunggakan pajak dengan surat paksanya di kategorikan kurang efektif. Karena apabila dirata - ratakan jumlah pencairan pajaknya dalam kurun waktu 5 tahun, masih berada di bawah 60%.
Kata Kunci : Efektifitas, Surat Paksa, Kantor Pelayanan Pajak,

The purpose of this study was to know the effectiveness of tax collection by a force letter at the tax service office KPP Singaraja within the period 2011 - 2015 seen from the amount of collection and disbursement of tax arrears. This research was a qualitative descriptive research. The data used were primary and secondary data obtained from the interview with the Fiskus at KPP Pratama Singaraja, the bailiffs and related parties on the collection section and accurate data about the number of force letter issuance and the amount of disbursement of tax arrears by force letter, previous research, literature study, and documentation study. Data collection method used in this study were: documentation, interview, and literature study. The data analysis techniques used in this study were comparative descriptive analysis and effectiveness ratio analysis.The results of this study showed that the procedure of implementation of the issuance up to the collection of force letter at KPP Pratama Singaraja, was in accordance with the law on the procedure of execution of a force letter, in which one way of implement tax collection was by issuing a force letter. At KPP Pratama Singaraja, the effectiveness of disbursement of tax arrear with a force letter was categorized less effective. It was caused by the average of amount of tax disbursement within 5 years still under 60%.
keyword : effectiveness, force letter, tax service office

Published

2017-07-06

Issue

Section

Articles