TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA PUNIA DI DADIA PREBALI, DESA GOBLEG, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Luh Putu Dewi Sulistiani .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.10747

Abstract

Dadia Prebali merupakan salah satu dadia yang terdapat di desa Gobleg, dadia prebali tidak membuat laporan keuangan di setiap upacara keagamaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana punia di dadia prebali, untuk mengetahui pertanggungjawaban dana punia dari warga dadia yang menyandang disabilitas dan warga dadia yang tinggal diluar bali, dan untuk mengetahui apakah sudah memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana punia di dadia prebali. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif , dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, dan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen sejarah dadia prebali , struktur organisasi dadi prebali dan pemasukan dan pengeluaran yang ada di dadia prebali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan dana punia di dadia prebali sudah dilakukan secara transparan dan akuntabel, pertanggungjawaban dana punia dari warga dadia yang menyandang disabilitas dan warga dadia yang tinggal diluar bali sudah dapat dipertanggungjawabkan dengan baik, dan dadia prebali sudah menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dengan baik pada dadianya.
Kata Kunci : Transparansi, Akuntanbilitas, Pengelolaan Dana Punia

Prebali clan is one of the clans in Gobleg village, Prebali clan does not make a financial statement at every religious ceremony. This study aimed to find out how the process of managing punia ‘donation’ funds in prebali clan, to know the accountability of donation funds from the clan residents with disabilities and residents who lived outside of Bali, and to know whether they had fulfilled the principle of transparency and accountability in the management of donation funds in Prebali clan. The type of data used was qualitative data, with primary and secondary data sources. The primary data in this research were interview results, and the secondary data in this research were historical documents of Prebali clan, organization structure of Prebali clan, and income and expenditure conducted in Prebali clan. The results of the research showed that the process of managing the donation funds in Prebali clan had been conducted transparently and accountably, the accountability of donation funds from clan residents with disabilities and residents living outside of Bali was well accounted, and Prebali clan had applied the principle of transparency and accountability sufficiently to the clan.
keyword : Transparency, Accountability, Donation Fund Management

Published

2017-07-18

Issue

Section

Articles