ANALISIS KOMPARATIF VOLUME PERDAGANGAN DAN ABNORMAL RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SETELAH PEMECAHAN SAHAM

Authors

  • Ketut Utama Yasa .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E. .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan (1) volume perdagangan saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI sebelum dan setelah pemecahan saham (2) abnormal return pada perusahaan yang terdaftar di BEI sebelum dan setelah pemecahan saham. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi peristiwa dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaaan yang melakukan peristiwa pemecahan saham (stock split) di BEI periode 2014-2016 yang berjumlah 44 perusahaan data diperoleh dari www.yahoofinance.com dan www.sahamok.com. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel berjumlah 38 perusahaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Data perbedaan volume perdagangan saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI sebelum dan setelah pemecahan saham dianalisis menggunakan analisis paired sample t-test dan data abnormal return pada perusahaan yang terdaftar di BEI sebelum dan setelah pemecahan saham dianalisis dengan analisis wilcoxon signed rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,233 yang lebih besar dari 0,05 dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima, berarti tidak ada perbedaan volume perdagangan sebelum dan sesudah pemecahan saham (stock Split). (2) Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,007. Karena nilai 0,007 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima. Artinya ada perbedaan antara abnormal return sebelum dan setelah pemecahan saham.
Kata Kunci : Pemecahan saham, Volume perdagangan saham, Abnormal return saham.

This study aims to determine whether there is a difference (1) the volume of stock trade on companies listed on BEI before and after stock split, (2) abnormal return on companies listed on BEI before and after stock split. This type of research is a event study using a causal quantitative research design. The population of this research are all companies that conduct stock split event in BEI period 2014-2016 which amounts to 44 company data obtained from www.yahoofinance.com and www.sahamok.com. The sample is taken by using purposive sampling method. The sample is 38 companies. Data are collected by using documentation method. The difference of stock trade volume on companies listed on BEI before and after stock split is analyzed by paired sample t-test analysis while abnormal return data on companies listed on BEI before and after stock split is analyzed by wilcoxon signed rank analysis. The results show that (1) the value of Sig (2-tailed) 0.233 is more than 0.05 so it can be concluded that H1 is rejected and H0 is accepted, it means there is no difference of trade volume before and after stock split. (2) Asymp.Sig information. (2-tailed) value is 0.007. since the value of 0.007 is smaller than 0.05, it can be concluded that H2 is accepted. It means that there is a difference between abnormal return before and after stock split.
keyword : Stock split, Stock trading volume, Abnormal return stock.

Published

2017-07-25

Issue

Section

Articles