PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL, KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP PERILAKU ETIS AUDITOR DI PEMERINTAHAN DAERAH (Studi Empiris Pada Inspektorat Kabupaten Buleleng, Klungkung, Bangli dan Gianyar)

Authors

  • Ketut Hary Juniawan .
  • Made Arie Wahyuni, S.E. .
  • Dr. Edy Sujana,SE,Msi,AK .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11228

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruh tingkat pendidikan formal, kecerdasan intelektual (IQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap perilaku etis auditor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner dan diukur menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pegawai negeri sipil di Inspektorat Kabupaten Buleleng yang berjumlah 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel, sehingga total sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tingkat pendidikan formal, kecerdasan intelektual (IQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis auditor.
Kata Kunci : tingkat pendidikan formal, kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spiritual (SQ), perilaku etis auditor.

This study aimed to prove empirically the influence of the level of formal education, intellectual intelligence (IQ), and spiritual intelligence (SQ) on the ethical behaviors of auditors. This research was a quantitative research using primary data obtained from questionnaire and measured through a likert scale. The population in this research was all civil servants in the Inspectorate of Buleleng Regency which amounted to 41 people. The sampling technique employed saturated samples, i.e., all members of the population were sampled, so that the total samples in this study amounted to 41 people. The data analysis techniques employed multiple linear regression analysis through SPSS 17.0 for Windows. The results showed that partially the level of formal education, intellectual intelligence (IQ), and spiritual intelligence (SQ) had a positive and significant impact on the ethical behaviors of auditors.
keyword : level of formal education, intellectual intelligence (IQ), spiritual intelligence (SQ), auditor ethical behavior.

Published

2017-07-25

Issue

Section

Articles